Dapatkan Manfaat Glutathion dengan Rutin Mengonsumsi Noni Juice!


By Cindy Wijaya

Memang tak ada habisnya bila ingin membahas soal anti oksidan glutathion yang digadang-gadang sebagai super anti oksidan, bahkan juga dijuluki sebagai ibu dari anti oksidan. Dan artikel kali ini akan membahas adanya benang merah antara asupan buah Noni dengan glutathion.

Sebenarnya penjelasan mengenai bagaimana Noni Juice berkaitan dengan produksi glutathion bisa Anda lihat dari informasi yang pernah diulas di artikel-artikel sebelumnya. Dalam satu kesempatan kami telah mengulas soal apa itu glutathion si super anti oksidan, dan selanjutnya kami membahas mengenai apa saja komponen nutrisi dari Noni menjadi artikel bagian 1 dan bagian 2.

Apa Kaitan antara Glutathion dan Noni Juice?

Anda mungkin sudah paham mengenai betapa pentingnya glutathion dalam tubuh. Perannya sangat besar untuk menjaga kesinambungan kesehatan tubuh Anda dalam jangka panjang. Pekerjaannya cukup kompleks untuk ukuran sebuah senyawa anti oksidan. Beberapa pekerjaan dari glutathion bisa sudah kami ulas antara lain:

  • Membantu kinerja tubuh menetralisir toksin. Dalam glutathion terdapat komponen senyawa yang menarik dan mengikat racun untuk dibawa keluar dari dalam tubuh melalui cairan. Kemampuannya cukup kuat bahkan terhadap unsur senyawa logam berat, unsur karsinogen berat dari jenis polutan sampai toksin-toksin.
  • Mencegah oksidasi sel dengan melindungi sel-sel sehat dari serangan unsur karsinogen yang masuk ke dalam tubuh. Dengan kata lain semakin baik kadar glutathion seseorang, semakin baik juga daya tahan sel dalam tubuhnya.
  • Meningkatkan imun dengan menstimulasi produksi sel T sekaligus memaksimalkan fungsi sel T dan sel B. Kedua sel ini adalah komponen limfosit, cairan sel darah putih yang bekerja sebagai garda depan proteksi diri terhadap kerusakan sel, penyimpangan struktur DNA, juga serangan infeksi oleh bakteri dan virus.
  • Menstimulasi proses pembentukan sel sehat baru untuk menggantikan sel mati dan rusak. Dalam glutathion seharusnya ada komponen-komponen yang penting dalam menghasilkan sel-sel sehat baru. Itu sebabnya ketika kadar glutathion dalam tubuh tinggi maka kulit akan tampak awet muda, cerah dengan tubuh lebih segar dan tidak mudah loyo. Orang tersebut juga akan memiliki risiko rendah terserang penyakit degeneratif seperti diabetes, jantung, atau liver.
  • Membantu mendorong efektivitas produksi energi sehingga menjaga metabolisme berjalan dengan baik dan berkesinambungan setiap hari. Berkat kemampuannya meningkatkan pembakaran dan menstimulasi daya serap sel terhadap glukosa.
  • Termasuk juga membantu tubuh menyerap sumber nutrisi dengan optimal dan membantunya tersalurkan dengan baik berkat fungsinya dalam membantu fungsi transportasi nutrisi. Sifat darah dalam tubuh manusia dengan glutathion tinggi akan sangat efektif, mengangkat nutrisi dengan optimal ke seluruh tubuh, dan menarik toksin serta residu dari seluruh tubuh.

Dan di sinilah yang menarik, sebenarnya tak mudah untuk memastikan kecukupan kadar glutathion dalam tubuh. Seiring dengan bertambahnya usia, seseorang mulai merasakan stres, tekanan kerja, serangan penyakit juga efek paparan toksin, senyawa logam mulia serta radikal bebas lain, maka glutathion dalam tubuh akan terus menipis.

Anda bisa saja mengonsumsi suplemen glutathion di pasaran yang terbuat dari proses sintetik glutathion di laboratorium. Namun Anda juga bisa melakukan cara alami untuk bisa menjaga kadar glutathion dalam tubuh tercukupi. Pada dasarnya tubuh secara alami menghasilkan glutathion-nya sendiri. Beberapa pakar meyakini bahwa glutathion alami dari tubuh akan lebih efektif dibandingkan yang bersumber dari suplemen.

Bagaimana Caranya Menghasilkan Glutathion secara Alami?

Kuncinya terletak pada kecukupan komponen nutrisi yang menjadi bahan baku glutathion. Serta terjaganya kesehatan liver yang menjadi salah satu kunci dalam mengatasi toksin dalam tubuh. Toksin yang terlalu banyak dalam tubuh menyebabkan tubuh kurang menyerap glutathion serta menghambat produksi glutathion. Apa saja sebenarnya komponen nutrisi yang Anda butuhkan dalam menghasilkan glutathion secara alami?

  • Cystine

    Senyawa ini adalah salah satu bentuk asam amino yang ternyata memiliki kandungan sulfur yang tinggi. Keberadaan senyawa asam amino ini bekerja ganda menjadi perekat dalam glutathion untuk menarik toksin dan kotoran dari tubuh dan menariknya menuju liver untuk dibersihkan dan dinetralkan.

    Cystine juga mengandung senyawa khusus yang bekerja dengan mendorong kepekaan sel terhadap insulin. Cystine efektif mendorong produksi energi sehingga sangat membantu tubuh agar terasa bugar. Yang jelas cystine adalah satu komponen mutlak yang perlu ada dalam glutathion.

  • Glycine

    Satu lagi komponen asam amino yang mutlak ada agar tubuh bisa menghasilkan glutathion. Glycine punya peran besar dalam membantu proses regenerasi dan pembentukan sel-sel baru. Glycine adalah komponen asam amino penting dalam pembentukan nukleus sel baru serta membentuk molekul-molekul sel baru.

  • Asam Glutamat

    Komponen ini adalah jenis asam amino non essensial yang memiliki peran sangat penting untuk menghasilkan glutathion. Dalam bentuk murninya senyawa protein ini penting untuk membantu pembentukan sel-sel baru, terutama pada fungsi jaringan saraf. Asam glutamat sangat dibutuhkan untuk membentuk sel darah dan sel-sel organ tertentu dalam tubuh.

  • Vitamin C

    Selain sebagai komponen anti oksidan, vitamin C juga menjadi salah satu komponen penting yang mendukung proses produksi glutathion. Tubuh membutuhkan vitamin C untuk bisa memproduksi cukup glutathion sekaligus memaksimalkan fungsinya. Vitamin C akan berperan dalam membantu meningkatkan kinerja imun dan melawan kerusakan sel akibat inflamasi atau infeksi.

  • Vitamin E

    Vitamin E seharusnya diubah dulu dalam tubuh menjadi sejenis senyawa bernama elastin agar bisa diolah menjadi komponen glutathion. Sifatnya menjaga elastisitas ikatan antar sel di seluruh tubuh. Dengan elastin, sel-sel baru bisa terjalin dengan keseluruhan bagian organ dan membentuk performa jaringan yang lebih kuat.

  • Vitamin B

    Vitamin ini sangat membantu proses metabolisme, membantu proses pembentukan energi, dan membantu menjaga kenormalan komposisi darah—semua ini penting untuk proses pembentukan glutathion. Vitamin B juga memberi masukan penting bagi glutathion untuk membentuk sel-sel baru pada jaringan, organ, kulit, dan otot.

  • Anti Oksidan

    Ada peran penting anti oksidan dalam proses pembentukan glutathion. Salah satu yang paling dominan adalah flavonoid dan beberapa bentuk turunannya. Flavonoid bekerja optimal pada tubuh untuk menstimulasi kesehatan liver serta menstimulasi kinerja imunitas. Juga sekaligus bekerja sebagai salah satu tameng alami melawan radikal bebas dan karsinogen.

  • Melatonin

    Senyawa ini diperlukan untuk memastikan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup. Bagi manusia melatonin akan memengaruhi rasa kantuk dan nyaman. Bagi sel, melatonin menjadi sinyal bahwa sel-sel perlu istirahat. Dengan begitu sel-sel ini kembali disegarkan saat Anda tidur.

    Tahukah Anda tidur sebenarnya memiliki manfaat kompleks? Salah satunya untuk membantu mengatasi kelelahan, sementara rasa lelah sendiri menghasilkan sejumlah senyawa yang bersifat radikal bebas. Dan melatonin yang tidak secara langsung berkaitan dengan glutathion, ternyata juga sangat membantu menjaga kadar glutathion dalam tubuh.

  • Senyawa Hepaprotektif

    Glutathion sebenarnya diproduksi di seluruh tubuh, tapi terpusat dan diproduksi lebih optimal dalam hati. Dan karenanya, penting memastikan kondisi hati Anda tetap sehat dan berfungsi optimal untuk bisa menghasilkan glutathion dalam kadar yang semestinya.

    Karenanya penting untuk meningkatkan asupan anti oksidan yang bisa kita anggap sebagai bala bantuan bagi liver melawan serangan residu, toksin, dan karsinogen. Juga mengonsumsi senyawa-senyawa dengan sifat hepaprotektif untuk membantu melindungi hati dari kerusakan.

Berdasarkan penjelasan di atas, ada 8 komponen yang perlu Anda dapatkan untuk memastikan produksi glutathion dalam tubuh berjalan optimal. Tahukah Anda kalau ternyata Noni Juice memiliki seluruh komponen dari bahan baku glutathion tersebut?

Dalam laman Cancertutor.com, Anda bisa membaca pembahasan mengenai kandungan cystine dan glycine di dalam Noni. Buah ini juga mengandung triptopan yang sanggup menjaga kadar normal melatonin dalam tubuh. Juga terdapat sejumlah kandungan asam amino dan senyawa fitonutrien yang berfungsi melindungi DNA seperti xeronin, dan berfungsi melindungi hati seperti metionina dan isoleusina.

Kandungan anti oksidan dalam Noni terbilang lengkap, misalnya flavonoid, anthraquinon, hingga quercetin. Belum lagi tersimpan kandungan soranjidiol dan pektin yang baik untuk kesehatan sistem pembuangan. Jangan lupa bahwa terkandung pula vitamin yang lengkap, termasuk vitamin C dan E.

Dalam buku bertajuk ‘Postharvest Biology and Technology of Tropical and Subtropical Fruits’ yang disunting oleh Elhadi Yahia tahun 2011, dikatakan bahwa dalam buah Noni juga mengandung asam glutamat dalam jumlah cukup besar.

Jadi kini Anda bisa menarik kesimpulan yang cukup sederhana: Berdasarkan sejumlah temuan dan pembahasan ilmiah, terbukti bahwa Noni memiliki kandungan yang cukup lengkap dan dapat diandalkan untuk membantu menghasilkan lebih banyak glutathion alami tubuh. Dengan demikian, Anda dimungkinkan untuk mendapat manfaat glutathion secara optimal jikas rutin mengonsumsi Noni Juice.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}