12 Tips Kesehatan Aneh yang Efektif (Bagian 1)

620

Beberapa tips kesehatan yang bermunculan kerap kali terdengar aneh bagi kita yang awam. Ini membuat kita kemudian berpikir bisa jadi ini hanya beberapa tips kesehatan hoax atau sekedar saran yang bersifat mitos.

Padahal beberapa tips kesehatan justru terbukti ampuh dan efektif membantu kesehatan Anda dan memberi manfaat untuk Anda dalam jangka panjang. Untuk itu kami akan menghimpun setidaknya 12 tips kesehatan yang terdengar aneh dan tidak masuk akal namun rupanya justru terbukti ampuh membantu kesehatan Anda.

  • Minum kopi untuk tidur yang lebih sehat

    Sementara kita semua tau pasti di dalam kopi terkandung kafein yang menyebabkan detak jantung menjadi lebih kuat dan memberi stimulasi aliran darah yang lebih lancar hingga menyebabkan Anda kehilangan kantuk, sebuah riset di Jepang membuktikan bagaimana kopi juga bisa membantu Anda tidur dengan lebih baik, nyenyak dan bangun dengan lebih segar.

    Hasil dari riset ini membuktikan dengan mengkonsumsi satu cup kopi dengan komposisi 200 miligram kafein tepat sebelum Anda tidur dan langsung berbaring setidaknya 20 menit sampai 1 jam, Anda akan merasakan kondisi tubuh yang lebih segar jauh lebih maksimal dari sekedar tidur biasa. Mereka yang menjalankan ritual ini terbukti bisa mengalami peningkatan konsentrasi 2 kali lebih baik.

    Kafein membutuhkan waktu setidaknya 20 menit untuk bisa menunjukan tendangannya. Dan beristirahat selama 20 menit tak hanya memberi waktu kafein untuk bekerja tetapi juga memaksimalkan manfaat kafein, karena tidur akan menghilangkan senyawa adenosin yang merupakan produk residu dari kelelahan. Otak yang bersih dari molekul adenosin ditambah efek kafein terhadap aliran darah menuju otak akan memaksimalkan fungsi otak lebih baik.

  • Jangan sikat gigi setelah makan

    Jangan menggosok gigi seketika setelah Anda makan untuk membantu menjaga kesehatan gigi Anda. Meski terdengar aneh, rupanya justru ini adalah salah satu saran penting yang perlu Anda ikuti.

    Beberapa jenis makanan terutama yang mengandung asam akan bekerja negatif terhadap gigi dengan melembutkan enamel atau lapisan terluar gigi. Menyikat gigi tepat setelah terjadinya kontak antara gigi dengan zat asam akan membuat enamel justru tergerus oleh proses penyikatan dan merusak lapisan terluar gigi. Menurut saran Academy of Dental Dentistry USA, sebaiknya menyikat gigi 60 menit setelah makan.

  • Diet terbaik justru dengan menaikan berat badan

    Ketika sebagian dari kita selalu berpikir bahwa diet yang sukses adalah dengan menurunkan berat badan, kadang tak selamanya ini benar-benar sebuah saran yang tepat. Faktanya mereka yang mengalami penurunan berat badan justru mengalami tubuh yang kendur dan tampak longgar yang sama sekali tidak sehat dan tidak menarik dilihat.

    Justru pastikan tubuh Anda menambah lebih banyak massa otot, ketimbang sekedar kehilangan berat badan. Mereka yang mengalami peningkatan massa otot bisa jadi akan bertambah berat setidaknya 1 -2 kilogram namun otot yang bebas lemak karena efek pembakaran yang efektif akan membuat tubuh lebih sehat dan tentu saja terkesan lebih langsing dengan bentuk tubuh lebih kencang dan padat.

  • Diet terbaik adalah dengan tetap makan dalam jumlah besar

    Bila Anda masih berpikir dengan cara kuno dengan mengurangi asupan makan Anda selama menjalankan diet, bisa jadi Anda akan mengecil namun tidak sehat, kekurangan nutrisi dan bukan mustahil justru memicu beberapa gangguan kesehatan seperti serangan gastritis dan keluhan pada pembuangan. Bahkan banyak pelaku diet macam ini menjadi gemuk kembali dalam tempo singkat.

    Menurut pakar diet Texas Health Ben Hogan Sports Medicine, Amy Godson RD, dikatakan untuk tetap makan dalam porsi wajar selama diet. Hanya kendalikan porsi karbohidrat Anda dengan jenis asupan lain.

    Pastikan kebutuhan kalori Anda tetap terpenuhi. Makan sedikit akan membuat Anda cenderung lebih lapar karena hormon lapar Anda belum hilang juga membuat tubuh kadar gula dalam darah meningkat karena hormon lapar akan menekan produksi insulin.

  • Minuman energi bukan solusi kelelahan Anda

    Selama ini Anda mungkin familier dengan propaganda yang kerap muncul dalam media iklan bagaimana vitalitas dan stamina Anda akan tetap terjaga berkat minuman energi. Kandungan taurin, kafein dan sejumlah booster energi lain dalam minuman energi memang efektif membuat Anda merasa lebih bertenaga dan bersemangat.

    Hanya saja, kadar kafein yang mencapai 5 kali lipat secangkir kopi, stimulasi berlebihan dari taurin dan kadar gula berlebihan dalam minuman berenergi akan mendorong tubuh memproduksi energi berlebihan hingga tubuh akan menjadi ekstra lemas setelahnya.

    Taurin sendiri biasanya akan bekerja dengan menarik sebanyak mungkin cadangan lemak dan gula dalam hati untuk diolah menjadi energi. Ini akan menyebabkan beban berat bagi hati dan bisa memicu masalah penurunan fungsi hati di kemudian hari.

  • Minum air saat Anda merasa kembung

    Mendengar ide untuk meminum lebih banyak air di saat perut Anda terasa kembung dan begah terdengar cukup buruk bukan? Anda akan berpikir saran ini justru akan memperburuk situasi perut Anda.

    Namun pakar gastroentologist, James Lee, MD dari St Joseph Hospital Orange, Calif justru menyarankan ini untuk membantu meringankan gejala perut begah, terutama untuk keluhan yang terjadi karena Anda tengah melakukan diet tinggi serat.

    Diet ini memberi beban lebih pada pencernaan dan karenanya dibutuhkan lebih banyak air untuk membantu meringankan beban sistem pencernaan. Untuk membantu melancarkan proses pembuangan yang pada akhirnya akan membantu membuang gas yang terjebak di dalam pencernaan, serat juga membutuhkan air. Air akan diserap oleh feses untuk membuatnya menjadi lebih lunak.

Itu tadi bagian pertama dari 12 tips kesehatan yang terkesan aneh namun ternyata terbukti memberi manfaat untuk kesehatan. Anda akan menemukan 6 tips kesehatan unik lain yang berhasil kami himpun dalam pembahasan kami selanjutnya pada bagian kedua.