7 Tanda-Tanda Kanker Paru-Paru Stadium Awal


By Cindy Wijaya

Tanda-tanda kanker paru-paru harus dideteksi sejak awal! Menurut Cancer Cemoprevention Research Center, Farmasi UGM, dijelaskan bahwa kanker paru-paru adalah salah satu mesin pembunuh yang paling mematikan dalam dunia kesehatan. Menjadi penyebab kematian terbesar pria di Indonesia dan juga berada di urutan pertama dunia penyebab kematian pada kasus kanker.

Penyakit ini rata-rata disebabkan oleh efek rokok dan asap limbah yang menyebabkan tingginya kadar toksin pada paru-paru. Toksin ini menyebabkan efek korosi pada sel-sel paru-paru dan akhirnya memicu pembentukan sel abnormal kanker.

70% dari kasus kanker paru-paru terdiagnosa pada stadium lanjut. Sehingga memiliki keberhasilan pengobatan yang sangat rendah. Padahal bila kanker ditemukan pada stadium 1 dimana sel kanker masih berkembang dalam ukuran kecil dan berkisar pada area paru-paru saja, kemungkinan untuk sembuh masih bisa di atas 80%.

Tak mudah menyadari keberadaan ciri-ciri kanker paru-paru pada stadium awal karena kebanyakan dari mereka muncul cukup samar dan kerap serupa dengan keluhan pernafasan lain seperti ISPA, flu, dan asma. Tetapi beberapa gejala kanker paru-paru khas berikut ini kerap muncul seiring dengan pembentukan sel kanker.

  • Batuk Berkepanjangan

    Gejala kanker paru-paru yang paling mudah dikenali adalah batuk yang tidak kunjung sembuh. Batuk akan terdengar berat, hingga suara pasien akan terdengar lebih berat. Ada dahak kental yang seolah sulit sekali diatasi hingga membuat nafas pasien terdengar lebih pendek dan berat.

  • Sesak Nafas

    Ciri-ciri kanker paru-paru ini adalah efek dari munculnya mucus atau lendir yang sangat banyak pada area paru-paru dan tenggorokan hingga pasien sangat sulit untuk bernafas. Pasien kelihatan sulit untuk bernafas, terlihat mudah tersengal-sengal dan mudah mengalami nafas pendek. Kadang pasien juga bisa mengalami efek demam dan keringat dingin di saat sesak nafas kumat.

  • Sakit Tenggorokan

    Kanker paru-paru pada dasarnya berasal dari infeksi dan kerusakan jaringan pernafasan yang berkepanjangan. Dan karenanya biasanya seiring dengan berkembangnya kanker, pasien juga mengalami tanda-tanda kanker paru-paru berupa peradangan pada tenggorokan. Ini membuat pasien sulit menelan dan mengeluhkan sakit pada tenggorokan.

  • Sakit pada Dada

    Gejala kanker paru-paru yang juga amat sering muncul adalah efek nyeri pada dada. Efek nyeri yang muncul terasa seperti tertusuk dan tertekan. Pasien akan merasakan nyeri di kedua dada namun bisa jadi lebih kuat pada satu sisi dada, dan rasa sakit bisa menekan sampai ke sisi belakang dan tulang belikat.

  • Berat Badan Turun

    Mereka dengan masalah paru-paru biasanya memang mengalami masalah dengan berat badan yang sangat kecil. Pasien akan kehilangan selera makan dan tubuh mereka juga menjadi sangat kurus dengan cepat. pada fase berikut tubuh pasien akan terlihat cekung di sisi dada akibat seringnya pasien mengalami keluhan sesak nafas.

  • Gangguan Fungsi Kognitif

    Pasien dengan kanker paru-paru memiliki masalah kekurangan suplai oksigen. Ini memicu mereka mengalami gangguan pada kemampuan otak mereka, seperti sulit bepikir dan sulit berkonsentrasi. Otak membutuhkan suplai oksigen untuk bekerja dan ketika tubuh kekurangan oksigen, otak adalah organ pertama yang akan mengalami penurunan fungsi.

  • Sering Mengalami Pembengkakan

    Tanda-tanda kanker paru-paru lain yang lazim muncul pada pasien adalah pembengkakan pada jari-jari. Ini akibat gangguan sirkulasi darah dan kurangnya suplai oksigen menuju bagian-bagian tubuh. Pada stadium awal, pembengkakan akan terlihat samar, tetapi mudah dikenali dengan munculnya rasa tebal dan kebas pada permukaan ujung jari.

Itulah tadi sejumlah catatan mengenai ciri-ciri kanker paru-paru pada tahap awal. Akan tetapi, kanker paru-paru sebenarnya jenis kanker yang tidak mudah terjadi, kecuali terjadi kerusakan akut pada organ paru-paru akibat efek toksin rokok. Jadi, terlepas dari perlunya Anda memahami gejala kanker paru-paru, penting bagi Anda untuk menjauhi rokok mulai dari sekarang.

Apabila Anda merasa sudah mengalami tanda-tanda kanker paru-paru seperti yang dijelaskan di atas, wajar jika Anda merasa cemas. Tapi daripada terus-terusan khawatir, sebaiknya segera pastikan dengan periksa ke dokter yang handal.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}