Last Updated on

Diabetes terkenal sebagai penyakit yang rentan membuat penderitanya mengalami komplikasi penyakit lain. Bahkan tidak sedikit pasien diabetes yang kehilangan nyawa bukan karena diabetes melainkan akibat komplikasi penyakitnya. Fakta ini tentu membuat para penderita diabetes khawatir dan berupaya sebisa mungkin untuk mencegah komplikasi diabetes.

Kabar baiknya, Anda tidak akan menderita komplikasi diabetes jika selalu menjaga kadar gula darah tetap stabil dalam batas yang dianjurkan. Berikut adalah tips-tips praktis untuk mencegah komplikasi diabetes yang bisa Anda ikuti.

Pilih Jenis Karbohidrat dengan Cermat

Menderita diabetes bukan berarti Anda tidak boleh sama sekali makan karbohidrat. Hanya saja, pilih karbohidrat yang sulit dicerna tubuh, memberikan sumber energi yang stabil. Sumber karbohidrat yang baik berasal dari biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan segar. Ya, Anda masih boleh makan buah-buahan yang rasanya manis sekalipun. Ini tentang asupan karbohidrat dalam jumlah yang tepat setiap kali Anda makan.


Turunkan Berat Badan Bila Perlu

Bila Anda kegemukan, menurunkan berat badan hanya beberapa kilogram saja bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin. Hal ini akan membantu menurunkan gula darah dan memperbaiki tekanan darah. Anda pun jadi lebih berenergi. Mulailah dengan mengurangi asupan kalori dari camilan, misalnya gorengan atau keripik.


Tidur yang Cukup

Kurang tidur atau kebanyakan tidur bsia meningkatkan nafsu makan dan hasrat terhadap makanan tinggi karbohidrat. Ini bisa bikin Anda gemuk dan meningkatkan risiko komplikasi diabetes, misalnya penyakit jantung. Biasakan diri tidur sekitar 7-8 jam per malam.


Jadilah Aktif

Pilih jenis olahraga yang Anda sukai—jalan kaki, dancing, bersepeda, atau sekadar berjalan bolak-balik ketika mengangkat telepon. Lakukan itu selama setengah jam sehari. Olahraga dapat membantu mencegah komplikasi diabetes yang berhubungan dengan kardiovaskular, kolesterol, tekanan darah, sekaligus menjaga berat badan yang ideal.


Pantau Gula Darah Setiap Hari

Mengecek kadar glukosa darah bisa membantu Anda menghindari komplikasi, seperti nyeri saraf, atau mencegahnya bertambah parah. Mengecek juga dapat membantu melihat bagaimana makanan dan aktivitas memengaruhi Anda dan pengobatan yang dijalani. Dokter bisa membantu Anda menentukan target kadar glukosa. Anda akan merasa puas jika target itu tercapai.


Mengendalikan Stres

Pada pasien diabetes, stres bisa menyebabkan kadar glukosa meningkat. Singkirkan atau kurangi aktivitas fisik maupun mental apapun yang menimbulkan stres. Artikel berikut mungkin bisa menjadi panduan untuk mengurangi stres.


Kurangi Garam

Mengurangi garam bisa menurunkan tekanan darah dan melindungi ginjal Anda. Hindari juga mengonsumsi makanan olahan maupun makanan cepat saji yang sudah pasti banyak mengandung garam. Sebisa mungkin masaklah makanan Anda sendiri dan gunakan bahan-bahan dan rempah yang segar, tidak diasinkan dengan garam. Pasien diabetes dianjurkan membatasi asupan garam sodium kurang dari 2300 mg per hari.

Ada begitu banyak ancaman komplikasi diabetes yang bisa berakibat fatal. Jadi jika Anda tidak ingin mengalaminya, maka berupayalah mencegah komplikasi diabetes dengan menerapkan saran-saran diatas serta menaati anjuran dari dokter.