Apakah Diabetes Bisa Sembuh Total & Berhenti Minum Obat?


By Cindy Wijaya

Jika Anda menderita diabetes atau kenal seseorang yang menderita diabetes, Anda tahu bahwa mengobatinya bisa cukup melelahkan. Mengobatinya sering kali berarti harus minum obat setiap hari sepanjang hidup. Karena itu banyak orang bertanya-tanya, “Apakah diabetes bisa sembuh total?” dan “Apakah bisa berhenti minum obat?”

Kabar baiknya: karena banyaknya penelitian tentang diabetes, kini ada banyak pengobatan baru sedang dikembangkan, yang diharapkan dapat lebih baik lagi dalam mengobati diabetes. Dan bagi sejumlah penderita diabetes, ada kemungkinan mereka mengalami remisi.

Remisi adalah kondisi dimana gula darah mereka sudah kembali normal dan tanpa minum obat, sehingga terhindar dari berbagai komplikasi terkait. Tapi apakah remisi sama dengan sembuh? Dan bagaimana agar bisa mencapai kondisi remisi tersebut? Simaklah penjelasannya berikut ini.

Apakah Diabetes Bisa Sembuh Total?

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) berlebihan, akibat dari ketidakmampuan tubuh dalam menyeimbangkan energi yang diperolehnya dengan energi yang dibutuhkannya. Akar masalahnya adalah insulin, hormon yang dibuat di organ pankreas.

Biasanya, insulin membantu tubuh memindahkan glukosa dari aliran darah ke dalam sel-sel, untuk digunakan sebagai energi. Namun pada diabetes, tubuh tidak menghasilkan cukup insulin, atau tubuh tidak menggunakannya dengan baik.

Akibatnya jadi ada terlalu banyak glukosa yang tertinggal dalam aliran darah dan tidak cukup glukosa yang masuk ke dalam sel, jaringan, dan organ. Seiring waktu, kondisi gula darah tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lain.

Setidaknya ada dua jenis utama diabetes, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 adalah jenis penyakit autoimun, dimana tubuh secara keliru menyerang sel-sel penghasil insulinnya. Sedangkan diabetes tipe 2 adalah kondisi dimana tubuh tidak mampu menggunakan insulin dengan baik atau tubuh tidak menghasilkan cukup insulin.

Apakah Diabetes Tipe 1 Bisa Sembuh?

Sayangnya belum ditemukan cara menyembuhkan diabetes tipe 1. Kenapa diabetes tidak bisa sembuh? Karena diabetes tipe 1 terjadi akibat kondisi autoimun, dimana tubuh menghancurkan sel-sel sehat di pankreas yang menghasilkan insulin.

Ini artinya apakah diabetes tipe 1 bisa sembuh bergantung pada dua syarat utama berikut: (1) Harus bisa menghentikan sistem imun dalam menghancurkan sel-sel di pankreas; (2) Harus bisa mengganti sel-sel pankreas yang telah dihancurkan. (Sumber: Can You Cure or Reverse Diabetes? – GoodRx Health)

Meski penelitian tentang pengobatan diabetes sudah terus dilakukan, namun belum ada yang mampu memenuhi dua syarat utama di atas. Itulah kenapa diabetes tidak bisa sembuh pada tipe 1.

Untuk saat ini, pengobatan dan teknologi baru hanya bisa membuat diabetes tipe 1 lebih mudah ditangani dibandingkan sebelumnya. Obat-obatan dan perangkat diabetes (glukometer, monitor glukosa berkelanjutan, dan pompa insulin) dapat membantu memperbaiki kadar glukosa serta mempermudah mengendalikannya.

Apakah Diabetes Tipe 2 Bisa Sembuh?

Karena tidak seperti tipe 1 yang penyakit autoimun, apakah diabetes tipe 2 bisa sembuh? Sayangnya tidak. Meski bukan penyakit autoimun, diabetes tipe 2 tetaplah penyakit kronis yang berlangsung seumur hidup.

Tapi sebagian penderita diabetes tipe 2 bisa mencapai kondisi mendekati sembuh yang disebut remisi. Kondisi remisi berarti gula darah sudah berada dalam kisaran normal, meskipun secara teknis pasien masih menderita diabetes.

Ilustrasi Kondisi Remisi Diabetes
Photo by jarun011 from Getty Images via Canva

Pasien dianggap memasuki remisi jika HbA1c—ukuran kadar glukosa darah jangka panjang—tetap di bawah 48 mmol/mol atau 6,5% selama setidaknya 3 bulan, tanpa menggunakan obat diabetes.Lembaga Diabetes UK

Untuk mencapai kondisi remisi pasien harus terus mengupayakan gaya hidup sehat, terutama menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal.

Simaklah halaman selanjutnya untuk mengetahui alasan kenapa diabetes tipe 2 tidak bisa sembuh dan bagaimana cara mencapai kondisi remisi.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}