Stress: Bagaimana Cara Mengurangi dan Atasi Stres?

488

Diedit:

Jika Anda sedang merasa stres, karena suatu hal alangkah baiknya untuk segera mengambil tindakan yang dapat menguranginya. Namun, jika Anda sulit mengatasi stres atau tidak tahu bagaimana caranya, cobalah untuk meluangkan waktu untuk menyimak informasi berikut ini!

Cara mengatasi stres karena pekerjaan

Jika memang beberapa hal dalam lingkungan pekerjaan Anda menimbulkan stres, ada baiknya untuk mengutarakannya dengan baik-baik kepada atasan Anda. Hal ini hendaknya disampaikan dengan ketenangan dan pikiran yang terbuka, bukan sebagai sarana untuk melampiaskan emosi. Anda dapat meyakinkan atasan bahwa jika Anda bekerja tanpa stres yang tidak perlu tentu produktivitas akan meningkat.

Demikian halnya jika Anda memiliki konflik dengan rekan kerja, karena pilihan yang terbaik adalah menjaga komunikasi dan sikap Anda tetap tenang sewaktu berhadapan dengan masalah. Namun, jika upaya demikian tidaklah berhasil, tak ada salahnya untuk mencari pekerjaan yang menyenangkan bagi Anda. Tentu memiliki modal berupa pengalaman dan keterampilan sangat dibutuhkan sebelum Anda memutuskan untuk pindah kerja.

Cara mengurangi stres karena problem ekonomi

Jika kondisi ekonomi yang semakin buruk membuat Anda stres, cobalah untuk menyusun ulang anggaran keuangan yang ada, dengan demikian Anda dapat melihat kemana sebenarnya uang Anda pergi? Setelah memeriksa dengan rinci, pangkaslah pengeluaran yang tidak di butuhkan dan batasi keinginan Anda untuk membeli sesuatu yang tidak penting.

Ada baiknya tidak berhutang saat berbelanja, lebih baik Anda menabung dana-nya terlebih dahulu. Tetaplah realistis, dalam arti belilah barang kebutuhan yang memang sanggup Anda beli. Belajarlah untuk puas terhadap apa yang Anda miliki—hal ini bukanlah sikap pasrah atau tidak mau berusaha untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sebaliknya ini adalah cara cerdas dalam mengelola keuangan Anda.

Baca juga:  Stress: Apa Saja Penyebab dan Akibat Stres?

Sewaktu membuat anggaran demikian, bicarakanlah dengan seluruh anggota keluarga sehingga mereka juga dapat bekerja sama dengan Anda dalam program penghematan dana. Ingatlah stres dapat datang karena Anda menginginkn sesuatu yang lebih padahal kenyataannya Anda tak mampu memperolehnya.

Cara mengatasi stres di lingkungan keluarga

Home sweet home, demikianlah pepatah bagi rumah yang nyaman untuk di tempati, maka jangan jadikan rumah sebagai medan pertempuran guna menyalahkan satu sama lain terhadap problem yang terjadi. Sama halnya seperti di kantor, komunikasi masih menjadi sarana utama yang efektif meringankan stres.

Jika beberapa orang memilih untuk melampiaskan stres dengan melakukan kegiatan yang merusak, itu sudah ketinggalan zaman. Cara yang tepat selain komunikasi adalah mengembangkan kebiasaan berolahraga yang rutin, hal demikian akan membantu tubuh melepaskan senyawa kimiawi yang bersifat menenangkan tubuh.

Adakalanya memiliki sahabat yang pengertian dapat memberikan kelegaan bagi stres yang Anda alami. Dan, yang tak kalah penting adalah memiliki ketenangan batin—hal ini hanya dapat diperoleh jika Anda menjaga keseimbangan emosi, mental, dan pikiran melalui rutinitas yang sifatnya rohani.

Advertisement
Alinesia