Ternyata Penyakit Bisa Terlihat dari Kondisi Kaki!


By Cindy Wijaya

Ternyata kondisi kesehatan Anda bisa terlihat dari kondisi kaki. Perubahan pada kulit, kuku, dan bagaimana Anda merasakan kaki bisa menjadi tanda dari masalah kesehatan yang serius. Tidak heran apabila pengobatan alternatif pijat refleksi maupun akupuntur banyak berpusat pada kaki.

Inilah beberapa tanda gangguan kesehatan yang terlihat di kaki yang tidak seharusnya diabaikan.


  • Kaki Terasa Dingin.

    Bila jari-jari kaki selalu terasa dingin, mungkin alasannya bisa jadi adalah peredaran darah yang buruk. Masalah peredaran darah kadang-kadang terkait dengan merokok, tekanan darah tinggi, atau penyakit jantung. Kerusakan saraf akibat diabetes juga bisa mengakibatkan kaki terasa dingin. Kemungkinan lainnya ialah gangguan hipotiroidisme dan anemia.

  • Nyeri Kaki.

    Sakit di kaki yang terus-menerus terasa meski sudah mengenakan sepatu yang nyaman bisa jadi akibat keretakan tulang kaki. Ini dapat disebabkan oleh olahraga yang terlalu intens, terutama yang mengharuskan kaki menghentak kuat seperti basket dan lari jarak jauh. Tulang yang melemah akibat osteoporosis juga berpotensi meningkatkan risiko retak tulang.

  • Nyeri Tumit.

    Penyebab sakit tumit yang paling umum ialah plantar fasciitis, peradangan pada ligamen panjang yang melekat di tulang tumit. Nyeri yang paling tajam mungkin terasa saat Anda bangun tidur dan menaruh kaki di lantai. Penyebab lainnya bisa jadi artritis, olahraga berlebihan, sepatu tidak pas, serta tendonitis.

  • Kaki Bengkak.

    Ini biasanya merupakan kondisi sementara akibat berdiri atau duduk terlalu lama—terutama jika Anda sedang hamil. Namun bila kaki terus bengkak dalam waktu lama, ini bisa jadi tanda bahaya yang berhubungan dengan peredaran darah yang buruk, masalah dengan sistem limfatik, atau darah beku. Gangguan ginjal atau masalah tiroid juga dapat menyebabkan pembengkakan.

  • Sensasi Terbakar.

    Ini adalah hal yang umum dialami oleh penderita diabetes dengan kerusakan saraf perifer. Kemungkinan lainnya disebabkan oleh kekuragan vitamin B, penyakit kaki atlit, penyakit ginjal kronis, peredaran darah yang buruk, atau hipotiroidisme.

  • Luka Kaki Tak Kunjung Sembuh.

    Ini merupakan tanda bahaya utama dari diabetes. Diabetes bisa merusak peredaran darah dan proses penyembuhan luka, jadi bahkan luka lepuh kecil pun bisa sangat membahayakan. Luka yang lama sembuh juga bisa disebabkan oleh penyakit pembuluh darah arteri periferal.

  • Sakit Jempol Kaki.

    Encok adalah penyebab utama dari nyeri mendadak pada sendi jempol kaki yang disertai pembengkakan dan kemerahan. Pelaku lainnya ialah osteoartritis. Apabila sendi jempol terasa kaku, kemungkinan itu adalah hallux rigidus—komplikasi artritis akibat tumbuh tulang tambahan.

  • Kaki Gatal.

    Kulit kaki gatal dan mengelupas mungkin akibat infeksi jamur kaki atlit. Kondisi kaki gatal bisa juga akibat reaksi bahan kimia atau produk perawatan kulit yang menimbulkan gatal, kemerahan, dan sisik-sisik kering di kulit. Apabila kulit kaki menjadi tebal dan membentuk seperti jerawat, ini bisa jadi psoriasis yang merupakan penyakit sistem kekebalan tubuh.


Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melihat kondisi kesehatan, salah satunya dari kondisi kaki. Meski begitu, Anda sebaiknya tidak menebak-nebak kondisi kesehatan hanya berdasarkan pengamatan sendiri. Apabila merasa ada yang aneh dengan kondisi kaki, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter agar jelas apa penyebab sebenarnya dari keanehan tersebut.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}