Terapi Ear Seeds, Bagaimana Cara Kerja dan Manfaatnya?


By Cindy Wijaya

Terapi ear seeds sebenarnya adalah terapi tradisional yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Juga disebut sebagai akupresur auricular, ini adalah terapi yang merangsang titik-titik akupresur di telinga. Mirip dengan terapi akupunktur auricular, dan juga punya lokasi titik yang sama, tapi tanpa menggunakan jarum.

Ear seeds, atau ear seeding, dilakukan dengan cara menempatkan manik-manik logam kecil—atau biji sungguhan, manik-manik keramik, atau manik-manik magnetik—yang menempel pada sepotong kecil bahan perekat, seperti pita, di titik-titik tertentu pada permukaan telinga.

Banyak orang mengatakan bahwa terapi ini bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang umum. Diantaranya dapat mengurangi rasa nyeri, meredakan stres, membantu menurunkan berat badan, mengatasi migrain, hingga membantu tidur nyenyak di malam hari.

Apakah memang benar ada manfaat terapi ear seeding seperti itu? Artikel ini akan membahas mengenai hal-hal yang harus Anda ketahui tentang ear seeding, menurut para ahli kesehatan dan penelitan ilmiah yang sudah dilakukan.

Apa Itu Terapi Ear Seeds?

Ear seeds adalah terapi tradisional yang berakar pada pengobatan tradisional Tionghoa (TCM), dan termasuk dalam auriculotherapy, jenis pengobatan komplementer dan alternatif, yang didasarkan pada keyakinan bahwa seluruh tubuh dan sistemnya dapat tercermin dalam peta telinga (disebut mikrosistem). Pada peta telinga itu terdapat berbagai titik akupresur yang berhubungan dengan berbagai organ dan sistem.

Menurut sebuah artikel penelitian yang diterbitkan di Medical Acupuncture pada Juni 2019, referensi paling awal untuk ear seeding ditemukan dalam teks-teks Tiongkok yang berasal dari sekitar 221 SM.

Ear seeding—pada dasarnya adalah teknik akupresur khusus untuk telinga—menggunakan stiker-stiker tipis kecil (seringnya lateks), masing-masing berdiameter sekitar ½ cm. Mereka umumnya berisi biji matang dari tanaman Vaccaria, atau berisi manik-manik logam atau keramik, dan ditempatkan di permukaan telinga luar.

Tidak seperti akupunkutur, terapi ear seeds tidak menggunakan jarum. Ketika ear seeds pada titik-titik akupresur itu dipijat, mereka dapat membantu mengatasi gejala fisiologis dan psikologis seperti paradangan, nyeri, stres, dan kelelahan.

Ear seeds tidak menembus kulit, tetapi merangsang titik akupunktur, membuatnya berpotensi efektif untuk banyak masalah kesehatan. Teknik akupresur auricular ini diyakini memengaruhi setiap bagian tubuh melalui titik-titik akupresur di telinga.

Bagaimana Cara Kerja Terapi Ear Seeding?

Setelah membersihkan telinga Anda dengan kapas alkohol, seorang terapis akan menempatkan biji-biji di bagian luar telinga Anda. Hal ini tidak menimbulkan rasa sakit, tapi Anda mungkin merasakan sedikit tidak nyaman atau rasa hangat.

Begitu biji-biji itu berada di tempatnya, Anda bisa memijatnya dua hingga tiga kali sehari. Untuk melakukan ini, berikan tekanan pijatan lembut pada biji-biji itu dan gerakkan dalam lingkaran kecil.

Terapi auriculotherapy ini dapat merangsang pelepasan endorfin, zat kimia alami dalam tubuh Anda yang memberikan “rasa nyaman”.  Para ahli tidak sepenuhnya memahami mengapa atau bagaimana terapi akupunktur atau akupresur dapat membantu masalah kesehatan tertentu. Tapi ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa auriculotherapy dapat meredakan gejala-gejala yang sedang dirasakan.

Dalam sebuah penelitian kecil, para peneliti mendapati bahwa terapi ear seeding membuat orang jadi lebih toleran terhadap rasa sakit. Memang masih dibutuhkan lebih banyak penelitian, tapi temuan ini menunjukkan bahwa ear seeds dapat membantu orang mengatasi rasa sakit kronisnya dengan lebih baik.

Bisakah Menempelkan Ear Seeds Sendiri?

Setelah seorang terapis menunjukkan kepada Anda dimana tepatnya titik-titik untuk menempatkan biji-biji di telinga, Anda bisa mencoba melakukannya sendiri di rumah.

Namun sebaiknya Anda meminta tolong orang lain di rumah untuk menempatkannya menggunakan pinset. Ini untuk memastikan biji-biji itu ditempelkan di tempat yang tepat dan mengurangi risiko biji terlepas dari stikernya dan jatuh ke dalam saluran telinga.

Apa Saja Manfaat Terapi Ear Seeds?

Walaupun tidak bisa menyembuhkan nyeri kronis atau masalah kesehatan lainnya, ear seeding mungkin dapat bermanfaat sebagai terapi pendamping pengobatan medis. Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat terapi ini, namun terapi ear seeding berpotensi dapat membantu untuk:

  • Penyalahgunaan zat atau obat
  • Rasa sakit, kebas, dan kesemutan akibat kemoterapi
  • Insomnia atau susah tidur
  • Penurunan berat badan
  • Kecemasan
  • Depresi
  • Trauma
  • Rasa duka
  • Gangguan stres pasca-trauma (PTSD)
  • Sakit punggung

Diyakini bahwa karena titik-titik akupresur di telinga memengaruhi setiap bagian tubuh, maka manfaat dari terapi ini pun juga bisa dirasakan hingga ke berbagai bagian tubuh lainnya.

Apakah Terapi Ear Seeding Aman Dilakukan?

Ear seeds pada umumnya aman dilakukan. Mereka tidak perlu dimasukkan ke dalam tubuh dan tidak menggunakan jarum, jadi risiko infeksi atau pendarahannya jauh lebih rendah daripada terapi akupunktur.

Namun, jika Anda memiliki kulit yang sensitif atau alergi terhadap lateks, biji-biji logam atau pita perekatnya dapat menyebabkan iritasi kulit. Jika kulit Anda gampang mengalami iritasi akibat logam, ada baiknya memilih ear seeds yang menggunakan biji keramik atau biji vaccaria.

Beberapa orang juga mengalami luka kecil di sekitar biji-biji itu ditempatkan. Ini seringnya karena terlalu sering memijat biji-biji itu atau tidak memberi waktu bagi telinga untuk beristirahat sebelum menempatkan biji-biji yang baru.

Bagi wanita hamil sebaiknya jangan melakukan terapi ear seeds, karena ada titik-titik tertentu di telinga yang dapat memicu keguguran.

Selain itu, beberapa orang mengalami efek samping saat menggunakan ear seeds, termasuk pusing, mual, dan rasa kantuk.

Walaupun efek samping ini tidak terlalu umum, sebaiknya hindari mengemudi segera setelah memijat biji-biji di telinga sampai Anda tahu bagaimana reaksi tubuh Anda terhadapnya.

Secara garis besar, jauh lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan lain sebelum mencoba metode pengobatan baru, termasuk terapi ear seeding.

Kesimpulan tentang Terapi Ear Seeds

Ear seeds adalah terapi tradisional yang masih berkaitan dengan akupunktur dan akupresur. Terapi ini kemungkinan adalah pilihan yang lebih aman bagi Anda yang tidak ingin melakukan akupunktur karena tidak menggunakan jarum.

Walaupun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut, terapi ear seeding diketahui dapat membantu mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Ear seeds kemungkinan dapat membantu mengatasi insomnia atau susah tidur, kecemasan, depresi, trauma, dan rasa sakit.

Meski pada umumnya aman dilakukan, namun terapi ini lebih baik dilakukan dengan bantuan seorang terapis yang berpengalaman. Dan ada baiknya Anda konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mencoba ear seeding.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang terapi ear seeds. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar topik kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Cleveland Clinic. Thinking About Using Ear Seeds? What You Should Know. URL: https://health.clevelandclinic.org/ear-seeds/

WebMD. Ear Seeds: What to Know. URL: https://www.webmd.com/balance/ear-seeds-what-to-know

Healthline. What Are Ear Seeds, and How Do They Work?. URL: https://www.healthline.com/health/ear-seeds

Everyday Health. Ear Seeds: How This Acupressure Therapy May Enhance Your Overall Wellness. URL: https://www.everydayhealth.com/alternative-health/ear-seeds-how-acupressure-technique-may-enhance-overall-wellness/

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}