6 Manfaat Terbaik Terapi Es Batu pada Wajah

457

Diedit:

Pernahkah terpikir kalau sebenarnya Anda bisa mendapatkan wajah yang menawan dengan kulit yang sehat hanya dengan sebuah perawatan yang sangat sederhana? Cara sederhana dan murah meriah ini adalah terapi es batu, bahkan bisa dibilang hampir tanpa biaya.

Siapa yang menyangka bahwa es batu bisa membantu Anda merawat kulit dengan lebih baik. Memiliki efektivitas yang cukup tinggi tapi juga tidak menguras isi kantung Anda. Terdengar menarik, kan?

Pandangan soal penggunaan terapi es batu untuk kesehatan kulit wajah sebenarnya bukan berita baru. Metode ini sudah lama dipercaya oleh banyak pakar kesehatan juga digunakan oleh banyak budaya perawatan kecantikan tradisional di beberapa daerah. Lalu apa saja manfaat dari terapi es batu untuk wajah Anda? Beberapa manfaat yang diungkapkan oleh Healthyfoodhouse.com berikut bisa Anda jadikan referensi.

1. Membantu Mengecilkan Ukuran Pori-Pori

Salah satu keluhan paling klasik dalam urusan kecantikan adalah masalah pori-pori yang besar. Dan masalahnya soal keluhan pori-pori besar ini memang bisa terjadi pada berbagai jenis kulit. Jadi siapa saja dari kondisi kulit apa saja bisa mengalami masalah pori-pori besar pada wajah mereka.

Mereka yang kulitnya berminyak akan mengeluhkan permukaan seperti kulit jeruk pada wajahnya karena efek produksi minyak berlebihan pada wajahnya mendorong pori-pori membuka lebih lebar. Sedangkan kulit kering juga akan mengeluhkan hal sama akibat penuaan dini. Kulit sensitif juga mungkin mengeluhkan pori-pori mereka yang membesar akibat iritasi yang terlalu sering pada wajah mereka.

Dan kabar baiknya, aplikasi es batu di pagi hari pada wajah yang bersih akan sangat membantu mengecilkan pori-pori wajah. Efek suhu ekstra rendah akan menciutkan lubang yang terbentuk pada pori-pori dengan mengeratkan kembali ikatan antar sel pada wajah.

2. Membantu Menghaluskan Permukaan Kulit

Sebagaimana dijelaskan di atas, es batu akan membantu mengecilkan kembali ukuran pori-pori wajah. Namun lebih dari itu, terapi es batu juga akan menarik kerutan-kerutan kecil dan bentukan berintik pada wajah yang lazim terjadi akibat faktor usia, iritasi, atau pengaruh penggunaan kosmetik.

Hasilnya dengan terapi es batu beberapa pekan setiap pagi, wajah yang tadinya memiliki permukaan kasar akan tampak lebih halus. Bahkan bila Anda melihatnya dari jarak cukup dekat. Dengan permukaan kulit yang lebih halus, maka Anda juga akan mendapatkan manfaat lebih sewaktu mengaplikasikan make up pada wajah.

Permukaan yang lebih rata dan halus memudahkan alas bedak dan bedak melekat sempurna pada wajah dengan olesan yang tipis saja. Anda tak lagi harus repot menyamakan dan meratakan permukaan kulit dengan lapisan yang tebal. Hasilnya, make up akan bertahan lebih lama dan terkesan natural.

Baca juga:  Terapi Oksigen Hiperbarik, Bisa untuk Terapi Stroke?

3. Baik Untuk Sirkulasi Darah

Tahukah Anda bahwa salah satu penyebab kulit tampak kusam terletak pada aliran darah menuju kulit yang tidak lancar. Sebagai salah satu bagian tubuh yang paling pinggir, kadang aliran darah menuju kulit tidak mencukupi kebutuhannya akibat situasi sirkulasi darah Anda yang tidak optimal.

Sengatan dingin pada permukaan darah akan menarik darah dari pembuluh darah untuk bergerak menuju kulit. Ini adalah mekanisme alami tubuh, karena fungsi aliran darah ini untuk kembali menghangatkan permukaan kulit.

Dengan aliran darah yang lancar menuju kulit, maka kulit akan mendapatkan suplai nutrisi dan oksigen yang mencukupi. Kulit akan terasa lebih segar dengan oksigen yang cukup dan nutrisi yang memadai.

Bukan hanya segar, kulit akan lebih cepat melakukan pembaharuan sehingga mencegah terjadinya kerutan serta efek kulit kusam. Sirkulasi darah ini juga baik untuk menghantarkan aliran imun menuju wajah sehingga kulit lebih bebas dari iritasi dan infeksi, termasuk jerawat.

4. Mengatasi Kulit Lelah

Ada saat dimana kulit Anda menjadi kehilangan kesegarannnya akibat efek lelah. Bahkan biasanya di saat seperti ini wajah Anda tampak sembab dengan mata yang berkantung. Ternyata bantuan terapi es batu sanggup dengan efektif mengatasi keluhan ini bahkan secara instan.

Salah satu penyebab kulit yang tampak lelah dan wajah yang sembab sebenarnya juga pengaruh sirkulasi darah. Tubuh yang lelah biasanya membuat sirkulasi darah terganggu, sementara suplai oksigen menjadi tipis. Terjadi penumpukan cairan pada wajah dan rendahnya kadar oksigen pada area wajah.

Ketika sirkulasi darah menjadi baik, cairan yang terendap pada wajah akan terbawa darah dan suplai oksigen pada wajah akan terpenuhi. Ini sebabnya dengan terapi es batu pada wajah, masalah sembab serta mata berkantung Anda bisa segera teratasi.

5. Mengatasi Penuaan Dini

Sebenarnya sekilas sudah dijelaskan bahwa terapi es batu bermanfaat membantu mengatasi kulit yang berkerut dan tampak kusam. Aplikasi dingin pada wajah menarik jalinan antar sel pada wajah dan membuat kerutan akan berkurang.

Sedangkan es batu akan membantu mengembalikan suplai darah, nutrisi, dan oksigen menuju kulit sehingga wajah tampak berseri, segar, dan membantu mempercepat pembaruan sel kulit, yang tentu saja secara bertahap akan membantu Anda melenyapkan kulit kusam pada wajah.

Sebuah tayangan Dr. Oz dalam satu kesempatan mengulas mengenai 4 orang wanita dengan usia dan tampilan wajah yang berbeda. Salah satu wanita berusia menjelang 60 tahun namun memiliki permukaan wajah tak ubahnya berusia 40 tahunan.

Baca juga:  Tahukah Anda, Apa Itu Terapi Kelasi?

Menurut wanita itu, rahasianya adalah merendamkan permukaan wajahnya pada satu baskom air es dengan banyak es batu di dalamnya selama 15 detik. Terapi ini sudah dijalankannya sejak berusia 30-an.

6. Membantu Mengatasi Sebum dan Jerawat

Terapi es batu ternyata bukan hanya baik untuk membantu mengatasi kerutan dan menghaluskan permukaan kulit. Tetapi juga bisa membantu mengatasi jerawat juga sebum dan blackhead atau komedo.

Pada dasarnya terapi es batu membantu mengendalikan produksi minyak berlebih pada wajah dengan menekan fungsi kelenjar minyak. Namun bila kadar minyak pada wajah sudah normal, terapi ini tak lantas membuat kulit menjadi kering, sifatnya hanyalah menormalkan bukan mengurangi.

Karena produksi minyak terkendali, maka produksi sebum, jerawat, dan komedo pada wajah juga bisa terkendali. Selain itu, efek terapi yang mengecilkan pori-pori makin mengurangi risiko terjebaknya kotoran dan lemak pada pori-pori wajah yang menjadi penyebab terjadinya komedo dan jerawat.

Pada kasus jerawat dimana artinya pada pori-pori sudah terbentuk infeksi kecil, terapi es batu akan lebih membantu lagi. Terapi dingin dapat membantu meredakan efek kemerahan, mengatasi iritasi, dan mempercepat keringnya luka. Hasilnya jerawat akan lebih cepat sembuh.

Memang ada banyak sekali manfaat dengan hanya rutin melakukan terapi es batu pada wajah. Namun tentu saja ada cara-cara yang perlu Anda perhatikan untuk menjalankan terapi ini. Salah-salah melakukannya justru bisa melukai wajah Anda.

Yang paling penting untuk diperhatikan, Anda hanya disarankan untuk melakukannya saat kulit sudah bersih. Jika kulit masih memakai make up atau belum dibersihkan, bisa jadi pada pori-pori kulit ada kotoran yang terjebak di dalamnya sehingga semakin sulit untuk diangkat.

Selain itu, terapi hanya disarankan untuk dilakukan selama 10 menit dengan mengoleskan sebongkah es batu pada wajah. Lakukan dengan dioles memutar pada wajah, jangan diamkan pada satu area dalam waktu lebih dari 15 detik.

Bila dirasa terlalu dingin, Anda bisa lapiskan dengan kain tipis untuk meredam iritasi. Efek dingin bisa menyebabkan rusaknya pembuluh darah halus pada wajah dan menyebabkan efek perih pada wajah.

Setelah terapi, oleskan dengan toner dan pelembab untuk membantu mengurangi risiko iritasi kulit. Pelembab juga membantu menjaga kulit tetap kenyal dan tidak terlalu terasa ketat pasca terapi. Alternatif lain adalah dengan membekukan air essensial green tea, lemon atau rose, dan jadikan sebagai terapi es batu pada wajah.

Advertisement
Alinesia