Resep Herbal Limpa Bengkak dari Buah Mengkudu

485
mengkudu untuk resep herbal limpa bengkak
Buah Mengkudu (Credit: Sydeen / Shutterstock)

Diedit:

Limpa bengkak bisa disebabkan oleh masalah infeksi, penyakit hati, atau bahkan kanker. Jika Anda mengalami pembengkakan limpa dan sedang menjalani perawatan, resep herbal limpa bengkak ini dapat membantu mempercepat pemulihannya.

Dalam artikel ini Anda akan belajar caranya membuat ramuan herbal limpa dari buah mengkudu. Juga akan dijelaskan apa sebenarnya penyebab limpa bengkak dan apa perawatan medis yang biasanya disarankan oleh dokter.

Resep Herbal Limpa Bengkak

Bahan:

Buah mengkudu yang sudah matang, 2 buah.
Cuka, secukupnya.

Cara Meramu Resep:

Cuci bersih buah mengkudu, lalu parut.
Tambahkan cuka dan aduk sampai rata.
Peras menggunakan selembar kain kasa.

Aturan Pakai:

Minum ramuan herbal limpa bengkak ini sekaligus habis.
Lakukan perawatan ini setiap hari sampai pulih.

Mengapa Mengkudu Bermanfaat?

Kondisi limpa bengkak erat kaitannya dengan infeksi dan penyakit hati. Buah mengkudu bisa bermanfaat untuk membantu pemulihannya karena kemampuannya untuk mengatasi atau mencegah infeksi serta memperbaiki fungsi hati.

Mengkudu (Morinda citrifolia) dapat mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh sehingga cepat merespons ketika ada serangan virus, bakteri, dan parasit yang menginfeksi tubuh. Burns School of Medicine di University of Hawaii menjelaskan bahwa mengkudu mengandung senyawa yang kaya akan polisakarida yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh melalui peningkatan aktivitas sel-sel darah putih.

Mengkudu juga diketahui sanggup merangsang tubuh untuk memproduksi nitrit oksida yang berfungsi membunuh virus, bakteri, dan parasit penyebab infeksi. Sistem kekebalan yang kuat adalah kunci untuk melindungi tubuh dari infeksi-infeksi berbahaya yang bisa memicu atau memperparah pembengkakan limpa.

mengkudu untuk ramuan herbal limpa bengkak
Buah Mengkudu (Credit: SOMMAI / Shutterstock)

Selain membantu pemulihan limpa bengkak dengan mencegah infeksi dan mengatasi infeksi yang sudah ada, mengkudu juga memperbaiki fungsi hati. Mengkudu dapat menghambat respons inflamasi dan menekan aktivitas enzim hati yang meningkat, sehingga mencegah kerusakan membran sel di hati.

Bahkan mengkudu juga memiliki efek anti-fibrosis untuk mengatasi dampak dari fibrosis di hati, sehingga dapat membantu perawatan sirosis hati—salah satu penyakit hati yang cukup serius. Selain itu mengkudu juga bermanfaat untuk mengatasi dampak dari konsumsi alkohol berlebihan pada fungsi hati.

Karena mengkudu sanggup membantu mengatasi dan/atau mencegah infeksi serta memperbaiki fungsi hati, maka cocok bila buah ini dijadikan resep herbal limpa bengkak. Setelah kondisi limpa sudah pulih, konsumsi mengkudu juga akan membantu menghindarkan tubuh dari infeksi-infeksi berbahaya yang bisa memicu limpa bengkak lagi.

Noni Juice: Cara Praktis Mengonsumsi Mengkudu

Noni juice adalah minuman herbal yang sepenuhnya dibuat dari sari buah Mengkudu. Karena sudah dikemas dalam bentuk minuman, maka herbal ini bisa langsung diminum. Jadi Anda tidak perlu repot-repot mencari buah mengkudu dan mengolahnya, karena Noni juice mengandung manfaat lengkap dari buah mengkudu asli.

Jika Anda memilih untuk mengonsumsi Noni juice sebagai alternatif ramuan herbal limpa bengkak, maka ikutilah ketentuan dosis yang dianjurkan. Untuk orang dewasa dosis yang disarankan adalah 50 – 100 ml diminum 2 – 3 kali sehari. Untuk anak-anak dosisnya adalah 2 – 4 sendok makan diminum 3 kali sehari.

Apa Itu Pembengkakan Limpa?

Limpa adalah organ yang terletak tepat di bawah tulang rusuk kiri. Ada banyak kondisi dan masalah kesehatan—termasuk infeksi, penyakit hati, dan beberapa jenis kanker—yang dapat menyebabkan limpa bengkak. Dalam bahasa kedokteran, pembengkakan limpa disebut splenomegali.

Baca juga:  Resep Herbal Radang Lambung, Cara Alami Mengatasi Gastritis

Pembengkakan limpa biasanya tidak menimbulkan gejala-gejala fisik yang kentara. Sering kali kondisi ini baru diketahui ketika seseorang menjalankan pemeriksaan rutin ke rumah sakit. Dokter mungkin merasakan adanya pembengkakan di bagian limpa dan meminta Anda untuk menjalani tes darah dan tes-tes lain yang diperlukan untuk mengidentifikasi penyebabnya.

Secara medis, pengobatan untuk limpa bengkak difokuskan pada masalah penyebabnya. Biasanya tidak perlu sampai melakukan operasi untuk mengangkat limpa, tapi kadang prosedur ini dibutuhkan pada kasus tertentu.

Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Meski sering kali tidak menimbulkan gejala-gejala, tetapi pembengkakan limpa juga bisa menyebabkan sejumlah keluhan fisik. Waspadalah jika Anda merasa sakit di perut kiri sebelah atas, terutama jika rasa sakitnya cukup parah atau semakin bertambah ketika menghirup napas dalam-dalam.

Apa Penyebab Limpa Bengkak?

Ada beragam jenis infeksi dan penyakit yang menyebabkan pembengkakan limpa. Limpa yang bengkak kemungkinan hanya terjadi sementara, bisa juga terjadi dalam waktu lama. Berikut adalah faktor-faktor yang memicu limpa bengkak:

  • Infeksi virus, misalnya mononukleosis (demam kelenjar)
  • Infeksi bakteri, misanya sifilis atau infeksi di lapisan dalam jantung (endokarditis)
  • Infeksi parasit, seperti malaria
  • Sirosis dan penyakit lain yang berdampak ke hati
  • Beberapa jenis anemia hemolitik—kondisi yang ditandai dengan penghancuran dini sel-sel darah merah
  • Kanker yang berhubungan dengan darah, misalnya leukemia dan limfoma
  • Penyakit metabolik, seperti penyakit Gaucher dan Niemann-Pick
  • Tekanan pada pembuluh darah di limpa atau hati atau gumpalan darah di pembuluh darah itu

Siapapun bisa mengalami limpa bengkak di usia berapapun. Namun umumnya kondisi ini terjadi pada anak-anak dan orang muda yang mengalami infeksi, mereka yang menderita penyakit metabolik, dan orang yang tinggal atau bepergian ke daerah yang terjangkiti malaria.

Baca juga:  3 Resep Herbal Buang Air Besar Berdarah yang Gampang Dibuat

Perawatan Medis untuk Limpa Bengkak

Penggunaan ramuan herbal limpa bengkak hanya disarankan sebagai pendamping perawatan medis. Sebab masalah pembengkakan limpa berbeda-beda penyebabnya, dan perlu diperiksa oleh dokter agar diketahui apa penyebab pastinya.

Perawatannya pun perlu disesuaikan dengan penyebab dari limpa bengkak. Contohnya, jika penyebabnya adalah infeksi bakteri, maka perawatannya termasuk dengan konsumsi obat antibiotik. Berikut adalah metode-metode yang umumnya digunakan untuk pengobatan limpa bengkak:

Konservatif (Watchful Waiting)

Jika kondisi limpa bengkak tidak menimbulkan gejala-gejala fisik dan penyebabnya tidak diketahui, dokter mungkin menyarankan pasiennya untuk menunggu sambil memantau perkembangannya. Anda mungkin diminta periksa lagi ke dokter 6 – 12 bulan kemudian atau lebih cepat lagi jika muncul gejala-gejala.

Operasi Pengangkatan Limpa

Jika pembengkakan limpa menyebabkan komplikasi serius atau penyebabnya tidak bisa diketahui atau diatasi, maka pilihannya mungkin adalah operasi pengangkatan limpa (splenektomi). Pada kasus yang kronis atau kritis, operasi ini jadi solusi terbaik bagi pasien.

Keputusan untuk mengangkat limpa perlu dipertimbangkan baik-baik. Seseorang memang bisa tetap hidup aktif meski tanpa limpa, tetapi tubuhnya menjadi lebih rentan terhadap infeksi yang serius atau yang membahayakan nyawa. Kadang terapi radiasi bisa menjadi alternatif untuk menciutkan limpa, jadi operasi bisa dihindari.

Menghindari Infeksi Setelah Operasi

Jika pasien sudah menjalani operasi pengangkatan limpa, maka dokter mungkin akan menyarankan hal-hal berikut untuk membantu menghindari infeksi yang membahayakan nyawa, seperti:

  • Beberapa vaksinasi sebelum dan sesudah operasi. Ini termasuk vaksin untuk mencegah pneumonia, meningitis, juga infeksi pada darah, tulang, dan sendi. Dokter mungkin juga menyarankan untuk mendapat vaksin pneumonia setiap 5 tahun setelah operasi.
  • Mengonsumsi obat penisilin atau antibiotik lainnya sesudah operasi dan kapan pun ada kemungkinan terjadi infeksi pada tubuh.
  • Segera menghubungi dokter begitu mulai demam, karena ini bisa menjadi tanda-tanda adanya infeksi.
  • Tidak bepergian ke daerah-daerah yang terjangkiti penyakit tertentu, seperti malaria.

Selama menjalani perawatan, hindarilah olahraga apapun yang mengharuskan Anda bersentuhan secara fisik satu sama lain—misalnya sepak bola, futsal, dan basket—dan batasi aktivitas lain sesuai saran dokter. Sesuaikan aktivitas dengan kondisi dari limpa Anda.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang resep herbal limpa bengkak. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi di sini. Temukan juga info-info herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. (2008). 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Mayo Clinic. Enlarged Spleen (Splenomegaly). Published: 2016-08-03. URL: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/enlarged-spleen/symptoms-causes/syc-20354326. Accessed: 2019-01-21. (Archived in WebCite®)

Wang, Mian-Ying, dkk. (2008). Liver Protective Effects of Morinda Citrifolia (Noni). Plant Foods for Human Nutrition. 63(2): 59-63

Murugesh, A.J.M. Christina, N. Chidambaranathan. (2007). Anti-Fibrotic Effect of Noni (Morinda Citrifolia. L) on Carbon Tretrachloride Induced Liver Fibrosis. Noni Clinical Research. 1(1-2): 37-40

Chang, Yuan-Yen, dkk. (2013). Hepatoprotection of Noni Juice against Chronic Alcohol Consumption: Lipid Homeostasis, Antioxidation, Alcohol Clearance, and Anti-inflammation. Journal of Agricultural and Food Chemistry. 61(46): 11016-11024


Advertisement
Alinesia