Resep Herbal Kulit Kering: Jeruk Purut, Nanas, dan Kemuning

507
daun kemuning untuk resep herbal kulit kering
Daun Kemuning

Diedit:

Kulit kering adalah masalah umum yang dicirikan dengan pecah-pecah, sisik, dan gatal di kulit. Ada cukup banyak hal yang bisa menyebabkan kulit mengering. Atau bisa jadi Anda memang punya kulit yang cenderung kering. Apapun penyebabnya, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan resep herbal kulit kering ini.

Dalam artikel ini Anda akan belajar caranya meracik 3 ramuan herbal kulit kering dari jeruk purut, nanas, dan daun kemuning. Juga akan dijelaskan apa sebenarnya penyebab kulit kering, serta tips-tips praktis untuk mencegah dan mengatasinya.

Resep Herbal Kulit Kering – Jeruk Purut

Bahan:

Jeruk purut yang sudah tua, secukupnya.

Cara Meramu Resep:

Belah jeruk purut tua jadi dua bagian.
Jeruk purut siap digunakan sebagai obat luar.

Aturan Pakai:

Gosokkan potongan jeruk purut ke kulit yang bersisik.
Lakukan 1 kali sehari, yaitu di malam hari sebelum tidur.

Resep Herbal Kulit Kering – Nanas

Bahan:

Buah nanas yang sudah masak, ½ buah.

Cara Meramu Resep:

Kupas kulit buah nanas, lalu parut.
Kumpulkan hasil parutan untuk dijadikan obat luar.

Aturan Pakai:

Gunakan hasil parutan untuk menggosok kulit yang bersisik dan mengelupas.
Lakukan 1 kali sehari di malam hari sebelum tidur, bersihkan besok paginya.

Resep Herbal Kulit Kering – Daun Kemuning

Bahan:

Daun kemuning yang masih segar, 30 gram.

Cara Meramu Resep:

Cuci bersih daun kemuning, lalu tumbuk sampai lumat.
Tambahkan 1 gelas air bersih, aduk sampai rata.

Aturan Pakai:

Balurkan ramuan herbal kulit kering ini di kulit yang kasar.
Lakukan di malam hari sebelum tidur, bersihkan besok paginya.

ramuan herbal kulit kering
Jeruk Purut, Nanas, dan Daun Kemuning

Apa Sebenarnya Penyebab Kulit Kering?

Kondisi kulit yang kasar, bersisik, dan kering dapat terjadi di siku, lutut, tangan, dan kaki. Tapi jika itu terjadi di wajah, pastinya Anda akan merasa sangat tidak nyaman. Bahkan kondisi kulit kering juga bisa disertai kemerahan, gatal, dan rasa sakit yang semakin mengganggu Anda.

Pada sebagian besar kasus, kulit yang kasar adalah akibat kondisi kulit kering, yang juga disebut dengan xerosis. Cuaca yang kurang lembap, terik sinar matahari, sabun yang kandungannya terlalu keras, perawatan jerawat, dan faktor-faktor lainnya dapat mengikis kelembapan alami kulit, sehingga membuat kulit terkelupas, iritasi, dan pecah-pecah.

Baca juga:  Resep Herbal untuk Hancurkan Batu Empedu Tanpa Operasi

Kulit yang kasar juga bisa menjadi gejala dari penyakit kulit, baik yang kronis maupun akut. Berikut adalah beberapa penyakit kulit yang umumnya menyebabkan kulit kering dan kasar:

Eksem:

Eksem juga disebut dermatitis. Penyakit ini menyebabkan kulit gatal-gatal, kemerahan, bersisik, dan berair. Biasanya eksem muncul setelah dipicu oleh zat-zat penyebab alergi dan iritasi, seperti debu, bahan kimia, dan makanan. Untuk resep herbal kulit kering yang khusus bagi eksem, bacalah artikel ini: Resep Herbal Eksem.

Rosacea:

Penyakit kulit ini menyebabkan kemerahan, bengkak, pembuluh darah yang tampak jelas, benjolan, dan jerawat. Penyebab rosacea masih belum diketahui dengan jelas, tetapi diduga disebabkan oleh faktor genetik.

Psoriasis:

Penyakit kulit ini diakibatkan sistem kekebalan yang terlalu aktif. Psoriasis menimbulkan benjolan-benjolan merah kecil yang membentuk bercak-bercak tebal, merah, dan bersisik. Gejala ini biasanya muncul pertama kali di awal masa dewasa.

Keratosis Pilaris:

Kadang kondisi ini disebut “kulit ayam”, karena dicirikan dengan benjol-benjol kecil yang biasanya berkembang di lengan atas, paha, dan wajah. Kemungkinan keratosis pilaris disebabkan oleh kelebihan jumlah keratin, yaitu sejenis protein yang membentuk lapisan kulit terluar.

Actinic Keratosis:

Masalah kulit ini disebabkan oleh sinar matahari, dan biasanya dimulai dari area kulit yang terangkat, terasa kasar, dan tumbuh menjadi keras. Kadang-kadang juga dapat berkembang menjadi sel kanker kulit skuamosa, jadi periksakanlah ke dokter jika Anda merasa ada sesuatu yang aneh.

Apapun penyebab dari kondisi kulit yang kasar dan kering, Anda bisa mencoba mengatasinya dan bahkan mencegahnya untuk muncul kembali. Gunakanlah resep herbal kulit kering seperti di atas. Cara lainnya adalah dengan mengupayakan tips-tips praktis berikut ini.

Tips Praktis untuk Mencegah Kulit Kering

Faktor lingkungan sedikit-banyak berpengaruh pada kondisi kulit Anda. Jadi Anda perlu membuat beberapa perubahan pada gaya hidup untuk mencegah kulit kering. Berikut adalah tips-tips praktis yang bisa dicoba:

  • Sebisa mungkin hindari paparan langsung cahaya matahari, dan pakailah tabir surya (sunscreen) setiap kali harus keluar ruangan. Radiasi UV mengeringkan kulit Anda dan merusak kolagen dan elastin, yang adalah jaringan pengikat yang menjaga kulit tetap lembut dan kenyal.
  • Lakukan perawatan ekstra saat cuaca sedang dingin, ketika kelembapan udara turun dan menyebabkan kulit mengering. Jika punya, nyalakanlah alat pelembap udara (humidifier) di rumah Anda.
  • Pakai pembersih wajah (cleanser) yang ringan (mild), tidak berbusa (non-foaming), bebas sabun (soap-free), dan tidak mengandung pewangi (fragrance), alkohol, atau bahan kimia anti-bakteri seperti triklosan (triclosan). Sabun batang dan pembersih wajah yang berbahan keras dapat mengikis minyak alami pada kulit. Bahkan dapat memicu kambuhnya eksem atau rosacea pada beberapa orang.
  • Gunakan air hangat untuk mencuci muka, dan jangan mandi atau berendam dalam waktu lama. Air panas bisa memecah penahan-penahan lipid di kulit Anda.
  • Pastikan untuk mengonsumsi cukup makanan yang mengandung lemak-lemak sehat, terutama jika Anda sedang diet. Kulit membutuhkan asam lemak esensial untuk mempertahankan hidrasi, dan tubuh Anda tidak mampu memproduksinya sendiri. Sumber lemak yang sehat misalnya minyak zaitun, ikan tuna, salmon, alpukat, dan kacang-kacangan.
  • Jika Anda sedang merasa stres, cobalah rileks dengan olahraga, mendengarkan musik, atau melakukan hobi lain. Stres merupakan salah satu pemicu psoriasi, rosacea, dan eksem.
Baca juga:  Gusi Bengkak dan Berdarah? Atasi Dengan Resep Herbal Sederhana Ini

Walaupun Anda sudah mengupayakan langkah-langkah pencegahan seperti di atas, tetap saja ada kemungkinan kulit menjadi kasar, iritasi, dan pecah-pecah. Jika itu yang Anda alami, jangan khawatir, ada sejumlah cara efektif untuk mengatasinya.

Tips Praktis untuk Mengatasi Kulit Kering

Kondisi kulit kering dapat terjadi di bagian kulit manapun, tetapi biasanya di tangan dan kaki. Kunci utama untuk mengatasi kulit kering adalah pelembap dan sabun yang cocok. Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Gunakan produk pelembap beberapa kali sehari, pastikan produk tersebut mengandung ceramides, petrolatum, atau lanolin. Krim pelembap yang mengandung lactic acid dan urea, bisa dibeli dengan atau tanpa resep, bisa membantu menenangkan kulit yang sangat kering dan kondisi keratosis pilaris.
  • Hilangkan sel-sel kulit mati dengan pengelupasan kulit (exfoliating) sekali atau dua kali seminggu menggunakan scrub yang lembut, sikat exfoliating, atau handuk waslap basah. Cleanser dan losion mengandung bahan kimia exfoliant, seperti alpha hydroxy acid, juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Tanyakan pada dokter kulit Anda sebelum melakukan exfoliating jika Anda menderita masalah kulit yang kronis.
  • Periksa ke dokter kulit jika Anda mengalami kondisi kulit yang sangat kasar, terutama jika disertai gatal dan rasa nyeri. Kondisi seperti itu kemungkinan tidak bisa diatasi hanya dengan ramuan herbal kulit kering atau dengan perawatan rumahan lainnya.

Jika kulit kering hanya terjadi sesekali, Anda bisa dengan mudah mencegah dan mengatasinya hanya dengan perawatan sederhana seperti di atas. Tetapi jika kondisinya sudah menjadi parah dan kronis, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit.

Demikianlah artikel ini tentang resep herbal kulit kering. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi di sini. Temukan juga info-info herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. (2008). 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Cohen, Jennifer. How to Smooth Out Rough Skin on Your Face. Published: 2013-08-21. URL: https://health.howstuffworks.com/skin-care/moisturizing/basics/how-to-smooth-out-rough-skin-on-your-face.htm. Accessed: 2019-02-12. (Archived in WebCite®)


Advertisement
Alinesia