Resep Herbal Keseleo untuk Mengobati Bengkak dan Nyeri Terkilir

jus nanas untuk resep herbal keseleo
Jus Nanas (Credit: Dani Vincek / Shutterstock)

Diedit:

Cedera keseleo biasanya terjadi di pergelangan kaki. Jika tidak terlalu parah, Anda bisa merawatnya sendiri di rumah dan mempercepat pemulihannya dengan resep herbal keseleo. Herbal yang tepat bisa meringankan rasa nyeri dan bengkak akibat terkilir.

Dalam artikel ini Anda akan belajar caranya membuat ramuan herbal keseleo dari dua bahan: buah nanas dan daun gandarusa. Kedua bahan itu sama-sama memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk memulihkan cedera. Artikel ini juga akan menjelaskan tips-tips praktis lain untuk mempercepat pemulihan cedera.

Resep Herbal Keseleo – Nanas

Bahan:

Buah nanas yang sudah matang, 1 buah.

Cara Meramu Resep:

Kupas buah nanas dan potong-potong seperlunya.
Buat jus nanas dengan blender.

Aturan Minum:

Minum jus nanas sekaligus habis.

Mengapa Nanas Bermanfaat untuk Ramuan Herbal Keseleo?

Nanas (Ananas comosus) memiliki beragam aktivitas biologis yang bermanfaat, seperti aktivitas antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-platelet. Nanas dianggap sebagai buah yang bergizi tinggi karena mengandung vitamin C tingkat tinggi, antioksidan alami yang dapat menghambat perkembangan penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker tertentu.

nanas untuk ramuan herbal keseleo
Nanas (Credit: Viktar Malyshchyts / Shutterstock)

Buah nanas juga mengandung senyawa fenolik dan beta-karoten, yang merupakan sumber antioksidan alami. Netralisasi yang dilakukan oleh antioksidan dan radical scavenger dapat meredam inflamasi (peradangan) yang terjadi akibat keseleo.

Aktivitas anti-inflamasi yang dimiliki oleh nanas juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit, mengembalikan keseimbangan dari sendi yang keseleo, serta memulihkan kembali fungsi penuh dari sendi tersebut.

Resep Herbal Keseleo – Daun Gandarusa

Bahan:

Daun gandarusa, 30 – 60 gram jika masih segar,
Atau 15 – 30 gram jika sudah dikeringkan.

Cara Meramu Resep:

Rebus daun gandarusa bersama dengan 3 gelas air sampai airnya tersisa kira-kira 1 gelas.
Angkat, dinginkan, dan saring air rebusannya.

Aturan Minum:

Minum ramuan herbal keseleo ini di pagi dan sore hari, masing-masing ½ gelas.

Mengapa Daun Gandarusa Bermanfaat untuk Resep Herbal Keseleo?

Gandarusa (Justicia gendarussa) secara tradisional biasa digunakan untuk mengobati beragam jenis penyakit. Daunnya digunakan untuk mengobati penyakit hati, tumor, peradangan, dan penyakit kulit. Daun gandarusa juga telah dibuktikan memiliki aktivitas anti-inflamasi dan analgesik yang dapat bermanfaat untuk mengatasi keseleo.

Baca juga:  Percepat Pemulihan Infeksi Ginjal Dengan Resep Herbal Ini
daun gandarusa untuk ramuan herbal keseleo
Daun Gandarusa (Credit: J.M.Garg / License: GFDL)

Diduga kedua aktivitas tersebut berasal dari kandungan senyawa flavonoid yang dimiliki daun gandarusa. Sebagaimana sudah disinggung di atas, aktivitas anti-inflamasi dapat membantu meringankan pembengkakan dan rasa nyeri, serta memulihkan kembali fungsi dari sendi yang terkilir.

Di samping anti-inflamasi, daun gandarusa juga memiliki aktivitas analgesik yang juga bermanfaat untuk cedera keseleo. Aktivitas analgesik akan bekerja sama dengan aktivitas anti-inflamasi untuk mengurangi rasa nyeri pada area yang terkilir.

Tips-Tips Praktis untuk Memulihkan Keseleo

Cedera keseleo sudah biasa terjadi. Anda bisa merawatnya sendiri di rumah dan mempercepat pemulihannya dengan resep herbal keseleo seperti di atas. Di samping itu, ada tips-tips praktis yang bisa diupayakan untuk lebih cepat pulih.

Seimbangkan Istirahat dan Aktivitas

Menurut Institute for Quality and Efficiency in Health Care, olahraga ringan dapat membantu mempercepat pemulihan setelah seseorang beristirahat selama 1 – 2 hari. Olahraga ringan bagus untuk kelancaran peredaran darah dan itu akan membantu mempercepat penyembuhan. Olahraga juga memperkuat otot-otot di sekitarnya sehingga menjadi lebih stabil dan seimbang, dan mencegah terjadinya keseleo lagi.

Para peneliti dari The Academic Medical Center di Amsterdam menjelaskan bahwa pergelangan kaki yang terkilir yang dipasangkan brace dan diistirahatkan selama 10 hari berkurang bengkak dan rasa sakitnya. Mereka juga mengungkapkan bahwa istirahat terlalu lama, lebih dari 4 minggu, justru memperparah gejala dan berpengaruh negatif pada pemulihan.

Jadi setelah Anda merasa sudah cukup mengistirahatkan bagian tubuh yang keseleo, cobalah mulai lakukan olahraga ringan. Tapi jangan teruskan aktivitas jika tampaknya memperparah gejala-gejala Anda. Jika perlu, tanyakan pada dokter atau terapis mengenai jenis olahraga yang cocok bagi Anda.

Kompres Dingin

Anda bisa membuat kompres dingin dengan membungkus es-es batu dengan plastik lalu membalutnya lagi dengan handuk. Tempelkan kompres dingin itu ke bagian yang terkilir selama 15 – 20 menit setiap 2 – 3 jam untuk 3 hari pertama setelah terkilir.

Tapi Anda sebaiknya tidak lakukan ini jika menderita penyakit tertentu misalnya diabetes, kerusakan pada sistem saraf perifer (neuropati perifer), atau penyakit pada pembuluh darah. Juga jangan gunakan kompres dingin lebih lama dari 20 menit sekali waktu.

Baca juga:  Tanaman Herbal untuk 5 Masalah Kesehatan Umum

Balut dengan Perban (Kompresi)

Kompresi membantu mengurangi pembengkakan dan menahan posisi pergelangan kaki. Anda disarankan untuk membalut pergelangan kaki yang terkilir dengan perban kompresi atau perban elastis segera setelah cedera terjadi. Terus balut pergelangan kaki selama 48 – 72 jam. Jangan balut terlalu erat, tetapi juga jangan longgar.

Naikkan Posisi Kaki

Naikkan posisi kaki di atas posisi pinggang atau jantung untuk mengurangi penumpukan cairan di kaki sehingga mengurangi pembengkakan. Hal ini khususnya penting dilakukan beberapa hari pertama setelah mengalami cedera.

Olahraga dan Peregangan Setelah Cedera

Olahraga tertentu dapat membantu memulihkan kembali fungsi pergelangan kaki. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba:

  • Jalan kaki, dengan kruk atau tanpa kruk (penyangga kaki).
  • Coba buat alfabet A-Z dengan jari kaki Anda. Ini supaya pergelangan kaki bergerak ke semua arah.
  • Berdiri dengan satu kaki selama 25 detik sampai 1 menit untuk meningkatkan kekuatan.
  • Duduk di kursi dengan telapak dari kaki yang cedera rata di lantai. Gerakkan lutut dari sisi ke sisi sambil menjaga telapak kaki tetap rata. Lakukan ini selama 2 – 3 menit.
  • Regangkan betis dengan meletakkan kedua tangan rata di dinding dan posisikan kaki yang terkilir di belakang. Luruskan kaki dan tahan selama 25 detik. Lakukan ini 2 – 4 kali.

Jika perlu, Anda bisa bertanya kepada dokter atau terapis mengenai jenis latihan atau olahraga yang cocok bagia Anda untuk memulihkan cedera dan mencegahnya terjadi lagi.

Di samping melakukan tips-tips di atas dan mengonsumsi ramuan herbal keseleo, Anda juga perlu lebih berhati-hati agar tidak cedera lagi. Jangan pakai sepatu atau alas kaki lain yang membuat pergelangan kaki tidak stabil, seperti high heels. Lakukan peregangan sebelum dan setelah olahraga. Dan lakukan peregangan kaki dan pergelangan kaki secara teratur.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang resep herbal keseleo. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi yang disediakan. Temukan juga info-info herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. (2008). 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Erianti, Farizka, dkk. (2015). Screening of Tropical Fruits for Anti-Inflammation Activity in Vitro in South Kalimantan Indonesia. Journal of Medical and Bioengineering. 4(5): 407 – 411

Kumar, Raju Senthil, dkk. (2010). Anti-Inflammatory and Analgesic Activities of Ethanol Extract of Aerial Parts of Justicia Gendarussa Burm. International Journal of Pharmacology. 6(3): 278 – 283

Whelan, Corey. Treatment Tips for Your Sprained Ankle. Reviewed: 2018-06-11. URL: https://www.healthline.com/health/how-to-heal-a-sprained-ankle-fast. Accessed: 2019-02-11. (Archived in WebCite®)