Ingus Terus “Ngocor”? Hentikan dengan Resep Herbal Hidung Berlendir

388
sambiloto untuk resep herbal hidung berlendir
Sambiloto untuk Resep Herbal Hidung Berlendir (Credit: Joloei / Shutterstock)

Diedit:

Ingus mengalir sendiri dari hidung? Tentu ini bikin tidak nyaman dan membuat Anda malas melakukan apapun. Jika Anda ingin cepat kembali beraktivitas dengan nyaman, cobalah buat sendiri resep herbal hidung berlendir.

Dalam artikel ini Anda akan belajar caranya membuat ramuan herbal dari tanaman sambiloto. Juga akan dijelaskan apa sebenarnya penyebab hidung meler serta tips-tips praktis untuk melegakan hidung yang meler dan tersumbat.

Manfaat Tumbuhan Sambiloto

Hidung berlendir bisa disebabkan oleh apapun yang mengiritasi atau menyebabkan peradangan di jaringan nasal (hidung). Infeksi—misalnya karena pilek dan flu—alergi dan berbagai penyebab iritasi bisa menyebabkan gejala hidung berlendir.

Tumbuhan sambiloto (Andrographis paniculata) dilaporkan dapat membantu mengatasi infeksi pada saluran pernapasan atas yang bisa memicu gejala hidung berlendir. Seluruh bagian tumbuhan sambiloto (kecuali akarnya) telah digunakan untuk mengatasi infeksi pernapasan seperti pilek, flu disertai demam, radang tenggorokan, batuk akut dan kronis, sinusitis, bronkitis, dan faringotonsilitis.

daun sambiloto untuk ramuan herbal hidung berlendir
Tanaman Sambiloto (© Biswarup Ganguly / Wikimedia Commons / CC BY 3.0)

Beragam senyawa bioaktif telah diidentifikasi dari tanaman herbal ini, yakni diterpene lactone (lebih dari 20 andrographolide), glikosida, flavonoid (lebih dari 20 senyawa), dan polifenol. Ekstrak sambiloto dan konstituen aktifnya memiliki kemampuan sebagai: anti-inflamasi, anti-virus, dan anti-bakteri. Sambiloto juga bermanfaat untuk merangsang kekebalan alami tubuh.

Berbekal kandungan senyawa aktif dan kemampuannya yang mumpuni, sambiloto dapat dijadikan bahan untuk resep herbal hidung berlendir. Untuk membuat ramuan herbal hidung berlendir, ikutilah panduan di bawah ini.

Resep Herbal Hidung Berlendir

Bahan:

Sambiloto yang masih segar (seluruh bagian tanamannya), 9 – 15 gram.

Cara Meramu Resep:

Setelah dicuci bersih, rebus sambiloto bersama 3 gelas air.
Rebus hingga airnya tersisa kira-kira 1 gelas.
Setelah dingin, saring dan bagi air rebusannya menjadi 2 bagian sama banyak.

Aturan Minum:

Minum ramuan herbal hidung berlendir ini 2 kali sehari.

Herbal Alternatif untuk Hidung Berlendir: Noni Juice

Noni juice adalah minuman herbal yang terbuat dari sari buah Noni (Morinda citrifolia). Herbal ini sangat populer di seluruh dunia karena manfaatnya untuk membantu tubuh pulih dari berbagai infeksi, iritasi, dan penyakit.

Dalam hal membantu mengatasi masalah hidung berlendir, Noni juice dapat langsung mengatasi akar masalahnya. Misalnya jika penyebab hidung meler adalah alergi, maka kandungan-kandungan senyawa aktif di dalamya, seperti seronin, skopoletin, dan antrakuinon, akan bertindak sebagai anti-alergi.

Baca juga:  Resep Herbal Bronkitis untuk Redam Batuk, Sesak Napas, dan Gejala Lainnya

Jika penyebab hidung berlendir adalah infeksi, maka Noni akan bekerja melawan virus atau bakteri yang mengakibatkan infeksi tersebut. Di samping itu, Noni bermanfaat untuk merangsang bekerjanya sistem kekebalan tubuh Anda sehingga lebih mampu mengatasi serangan infeksi tersebut.

noni juice untuk resep herbal hidung berlendir
Noni Juice (© Wikivisual / WikiHow / CC BY-NC-SA 3.0)

Bila penyebab hidung meler adalah iritasi, maka kandungan-kandungan senyawa di dalam Noni, seperti quercetin, antrakuinon, skopoletin, dan sterol, akan bekerja sebagai anti-inflamasi untuk membantu meredakan peradangan yang diakibatkan oleh iritasi.

Cara kerja Noni juice yang langsung bertindak ke akar masalahnya inilah yang membuatnya cocok menjadi alternatif ramuan herbal hidung berlendir. Bukan hanya membantu menuntaskan masalah pernapasan, Noni juga akan membantu Anda menjadi lebih sehat dan berenergi setiap hari.

Aturan Konsumsi Noni Juice:

Berbeda dengan resep herbal hidung berlendir dengan sambiloto, Noni juice tidak perlu diolah dan bisa langsung diminum. Dosis yang dianjurkan bagi orang dewasa adalah 50 – 100 ml diminum 2 – 3 kali sehari. Sedangkan bagi anak-anak, dianjurkan minum 2 – 4 sendok makan sebanyak 2 – 3 kali sehari.

Apa Penyebab Hidung Berlendir?

Hidung berlendir (hidung meler) diakibatkan oleh kelebihan cairan yang dihasilkan oleh jaringan nasal & sekitarnya dan pembuluh darah di hidung. Cairan ini bisa berupa cairan bening hingga lendir kental. Cairan ini bisa mengalir keluar ke hidung, mengalir ke bagian belakang tenggorokan, atau dua-duanya.

Istilah “rinorea” dan “rinitis” sering digunakan untuk mengacu pada kondisi hidung berlendir. Namun sebenarnya, istilah rinorea lebih mengacu pada keluarnya cairan dari hidung yang encer dan relatif bening. Sedangkan rinitis lebih mengacu pada inflamasi (peradangan) pada jaringan nasal yang disebabkan oleh banyak hal, dan biasanya menimbulkan gejala hidung berlendir.

Hidung berlendir dapat disebabkan oleh apapun yang mengiritasi atau menimbulkan peradangan di jaringan nasal. Misalnya infeksi akibat pilek dan flu, alergi, dan berbagai penyebab iritasi lain, semuanya bisa memicu gejala hidung berlendir.

Baca juga:  Singkirkan Gatal dengan Bantuan Resep Herbal Pilihan

Ada juga beberapa orang yang mengalami hidung meler terus-menerus tanpa sebab yang jelas. Kondisi itu disebut rinitis non-alergi atau vasomotor rhinitis (VMR). Kadang-kadang, hidung meler juga bisa disebabkan oleh polip, benda asing di hidung, tumor atau sakit kepala seperti migrain.

Masalah Kesehatan Penyebab Hidung Berlendir

Sering kali hidung meler disebabkan oleh masalah infeksi, iritasi, atau peradangan di jaringan nasal, tapi kadang juga bisa dipicu oleh masalah lain. Berikut adalah sejumlah kondisi atau masalah kesehatan yang dapat menyebabkan hidung berlendir:

  • Sinusitis akut (infeksi sinus)
  • Alergi
  • Sinusitis kronis
  • Sindrom Churg-Strauss
  • Pilek
  • Terlalu sering menggunakan obat semprot hidung (nasal decongestant spray)
  • Deviasi (pembengkokan) septum nasal
  • Kecanduan obat
  • Udara kering
  • Granulomatosis Wegener
  • Perubahan hormon
  • Influenza (flu)
  • Masuknya benda asing
  • Konsumsi obat
  • Polip hidung
  • Rinitis non-alergi
  • Asma
  • Kehamilan
  • Respiratory syncytial virus (RSV)
  • Kebocoran cairan serebrospinal (otak dan sumsum tulang belakang)
  • Asap rokok

Sebaiknya periksa ke dokter jika gejala hidung berlendir terus terjadi lebih dari 10 hari, jika disertai demam, jika cairan berwarna hijau atau kuning dan disertai rasa nyeri di hidung, atau jika keluar cairan mengandung darah setelah cedera di kepala.

Tips Praktis untuk Meredakan Hidung Berlendir

Ada banyak tips yang bisa diupayakan untuk secara alami menghentikan hidung meler. Di samping mengonsumsi resep herbal hidung berlendir, cobalah lakukan hal-hal berikut ini.

Minum Banyak Air

Minum banyak air akan membantu jika Anda juga mengalami gejala hidung tersumbat. Jika tubuh mendapat cukup cairan, maka lendir di sinus bisa tetap cair sehingga mudah mengalir keluar. Tetapi jika lendirnya kental dan lengket, lendir akan membuat hidung lebih mampet. Minumlah air putih, jangan kopi atau minuman beralkohol yang bisa membuat tubuh dehidrasi.

Teh Panas

Minuman panas seperti teh dapat lebih membantu daripada minuman dingin. Ini karena suhu panas dan uapnya bisa membantu membuka dan mengurangi mampet di saluran pernapasan. Akan lebih baik lagi jika Anda minum teh yang terbuat dari herbal, misalnya jahe atau daun mint. Saat meminumnya, hiruplah uap dari teh panas.

Terapi Uap ke Wajah

Menghirup uap panas bisa membantu mengatasi hidung berlendir. Berikut cara melakukan terapi uap ini:

  • Panaskan air secukupnya sampai muncul uap, tapi jangan sampai mendidih. Tuangkan ke dalam mangkuk.
  • Posisikan wajah di atas mangkuk selama 20 – 30 menit. Hiruplah dalam-dalam uapnya dengan hidung. Jangan paksakan jika wajah Anda terasa terlalu panas. Ulangi beberapa kali.
  • Setelahnya buang ingus secara perlahan untuk mengeluarkan semua lendir dari hidung.

Anda juga bisa memasukkan beberapa helai daun mint ke dalam air untuk menambah efek melegakan saluran pernapasan dan mengencerkan lendir di hidung.

Selain mengonsumsi ramuan herbal hidung berlendir, upayakanlah tips-tips di atas untuk melegakan hidung yang meler dan tersumbat. Namun jika gejalanya tetap tidak membaik, atau malah bertambah parah, sebaiknya Anda periksa ke dokter.

Demikianlah artikel ini yang membahas mengenai resep herbal hidung berlendir. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi yang disediakan di sini. Temukan juga info-info herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

A, Panossian & G, Wikman. 2013. Efficacy of Andrographis paniculata in Upper Respiratory Tract Infectious Diseases and the Mechanism of Action. In: Wagner H., Ulrich-Merzenich G. (eds) Evidence and Rational Based Research on Chinese Drugs. Springer, Vienna

Mayo Clinic. Runny Nose. Published: 2018-01-11. URL: https://www.mayoclinic.org/symptoms/runny-nose/basics/definition/sym-20050640. Accessed: 2019-01-07. (Archived in WebCite®)

White, Adrian. How to Stop a Runny Nose at Home. Reviewed: 2017-10-26. URL: https://www.healthline.com/health/how-to-stop-a-runny-nose. Accessed: 2019-01-07. (Archived in WebCite®)


Advertisement
Alinesia