Resep Herbal Bronkitis untuk Redam Batuk, Sesak Napas, dan Gejala Lainnya

309
daun sendok untuk resep herbal bronkitis
Daun Sendok (© Cristobal Alvarado Minic / Getty Images)

Diedit:

Ketika mengalami bronkitis, gejala batuk akan terus-menerus mengganggu. Wajar jika Anda mencari apapun untuk bisa menghentikan, atau setidaknya mengurangi batuk-batuk itu. Agar lebih aman dan natural, ada baiknya Anda mencoba resep herbal bronkitis yang terbuat dari bahan-bahan sederhana berikut ini.

Dalam artikel ini Anda akan belajar caranya membuat ramuan herbal bronkitis dari dua bahan utama: daun sendok dan daun sirih. Kedua bahan ini telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk penyakit pernapasan, termasuk untuk bronkitis.

Daun Sendok

Tanaman daun sendok (Plantago major) memiliki efek ekspektoran (melancarkan dahak), antiflogistik (mengurangi peradangan), dan penghilang rasa sakit. Uji percobaan juga telah dilakukan untuk memastikan efek tanaman herbal ini pada otot halus bronkus.

daun sendok untuk ramuan herbal bronkitis
Tanaman Daun Sendok (© Saxifraga)

Pada artikel ilmiah “Clinical trial of a Plantago major preparation in the treatment of chronic bronchitis” diulas salah satu hasil percobaan yang membuktikan manfaat daun sendok bagi bronkitis. Dijelaskan bahwa 25 pasien penderita bronkitis diberi pengobatan dengan daun sendok selama 25 – 30 hari.

Hasilnya didapati efek cepat pada keluhan-keluhan pasien. Dan pengobatan dengan daun sendok juga terbukti tanpa efek toksik pada saluran pencernaan, hati, ginjal, maupun  hemopoesis (proses pembuatan sel darah).

Resep Herbal Bronkitis – Daun Sendok

Bahan:

Herbal daun sendok (seluruh bagian tanaman) yang masih segar, 30 gram.

Cara Meramu Resep:

Cuci bersih herbal daun sendok, lalu rebus bersama 3 gelas air.
Rebus hingga airnya tersisa 1 gelas.
Tunggu hingga dingin, lalu saring air rebusannya.

Aturan Minum:

Minum ramuan herbal bronkitis ini 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.
Terus lakukan pengobatan ini selama 1 – 2 minggu.

Daun Sirih

Tanaman daun sirih (Piper betle) telah dipercaya sejak zaman dahulu berkhasiat untuk pengobatan beragam jenis penyakit. Mulai dari penyakit yang ringan hingga yang berat sekalipun. Salah satu kegunaan daun sirih adalah untuk obat alami bronkitis.

daun sirih untuk resep herbal bronkitis
Daun Sirih (© Ohmega1982 / Shutterstock)

Karena sifatnya sebagai anti-inflamasi (anti-peradangan), daun sirih dapat mengurangi peradangan di sepanjang bronkial dan paru-paru yang diakibatkan oleh bronkitis. Hal ini akan membuat dahak lebih encer dan lebih mudah dikeluarkan. Oleh karena itu, gejala sesak di dada bisa berkurang sehingga pernapasan jadi lebih baik.

Resep Herbal Bronkitis – Daun Sirih

Bahan:

Daun sirih, 7 lembar.
Gula batu, seukuran telur puyuh.

Cara Meramu Resep:

Cuci bersih daun sirih, dan rebus bersama 2 gelas air dan gula batu dalam wadah tertutup.
Rebus hingga airnya tersisa satu gelas.
Tunggu sampai dingin, saring airnya dan bagi menjadi 3 bagian sama banyak.

Aturan Minum:

Minum ramuan herbal bronkitis ini 3 kali sehari, masing-masing 1/3 gelas.
Terus lakukan pengobatan ini selama 1 – 2 minggu.

Alternatif Ramuan Herbal Herbal Bronkitis – Noni Juice

Noni juice adalah minuman herbal yang terbuat dari sari buah Noni (Morinda citrifolia). Noni secara tradisional telah digunakan untuk mengobati bronkitis, asma, pruritus, dan penyakit-penyakit lainnya yang disebabkan oleh reaksi iritasi atau alergi. Noni juga sudah sejak lama dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit akibat infeksi.

Baca juga:  4 Resep Herbal untuk Bersihkan Lendir di Tenggorokan

Noni memiliki kandungan-kandungan bermanfaat, seperti scopoletin, quercetin, dan ursolic acid, yang dapat membantu mengatasi inflamasi (peradangan) pada dinding bronkus akibat infeksi atau iritasi.

noni juice alternatif ramuan herbal bronkitis
Buah Noni, Bahan Baku Noni Juice (© Oriolus84 / Flickr)

Di samping itu, Noni juga mempunyai kemampuan sebagai anti-virus, anti-bakteri, dan anti-jamur. Dengan begitu Anda bisa mengonsumsi herbal ini untuk membantu menumpaskan virus, bakteri, dan jamur yang menjadi penyebab infeksi di tabung bronkus.

Berkat kemampuan-kemampuannya itu, Noni juice dapat dikonsumsi untuk meredam gejala-gejala bronkitis, sekaligus untuk membantu menumpaskan infeksi atau iritasi penyebab bronkitis.

Aturan Minum Noni Juice:

Noni juice tidak perlu diolah lagi, karena sudah dikemas dalam bentuk minuman herbal siap minum. Untuk membantu pengobatan bronkitis, Anda dianjurkan meminumnya dalam dosis 50 – 100 ml, sebanyak 2 kali sehari. Untuk anak-anak dosisnya adalah 2 – 4 sendok makan, 3 kali sehari.

Apa Sebenarnya Penyebab Bronkitis?

Bronkitis adalah penyakit peradangan pada tabung (bronkus) yang mengantarkan udara dari dan ke paru-paru. Ada dua tipe penyakit ini, yakni bronkitis akut dan bronkitis kronis. Untuk lebih memahami penyakit ini, mari perhatikan penjelasan penyebab dari masing-masing tipe tersebut.

Penyebab Bronkitis Akut:

Bronkitis akut terutama disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang dinding dari tabung bronkus sehingga menimbulkan peradangan di situ. Virus yang menyerang adalah dari jenis virus yang sama yang menyebabkan pilek. Virus itu dapat masuk ke dalam tubuh melalui udara atau melalui sentuhan kulit.

Selain virus, bronkitis akut juga bisa disebabkan oleh bakteri atau jamur. Juga dapat diakibatkan oleh iritasi akibat debu, asap, atau polusi udara lainnya.

Penyebab Bronkitis Kronis:

Bronkitis dikatakan kronis apabila penyakit ini berlangsung dalam waktu yang lama, hingga berbulan-bulan. Penyakit ini terutama disebabkan oleh asap rokok.

Sewaktu asap rokok terhirup ke dalam paru-paru, akan terjadi iritasi pada saluran udara, lalu merangsang produksi lendir (mukus) di situ. Selain asap rokok, bronkitis kronis juga dapat diakibatkan oleh polusi udara dari pabrik atau asap knalpot yang sudah sering terhirup dalam waktu lama.

Kapan Harus Minta Bantuan Dokter?

Segera minta bantuan dokter jika gejala batuk Anda:

  • Mengeluarkan dahak (mukus) berwarna hijau atau kuning
  • Membuat Anda tidak bisa tidur malam
  • Berlangsung lebih dari 3 minggu
  • Mengandung darah

Anda juga sebaiknya minta bantuan dokter jika mengalami gejala batuk yang disertai:

  • Cairan berasa tak enak di mulut—ini bisa jadi cairan refluks asam lambung
  • Demam lebih dari 38 derajat C
  • Bengek atau sesak napas

Jika Anda mengidap bronkitis kronis, gejala batuk kemungkinan akan tetap ada hingga berbulan-bulan. Jadi ada baiknya secara teratur periksa ke dokter.

Adakalanya gejala-gejala bronkitis juga akan memburuk. Dan ada kemungkinan Anda bisa mengalami bronkitis akut dan kronis di saat bersamaan. Jika itu yang terjadi, Anda juga perlu minta bantuan dokter.

Tips Praktis Perawatan Bronkitis di Rumah

Memang gejala-gejala bronkitis, khususnya bronkitis akut, biasanya akan membaik dalam waktu 7 – 10 hari. Tetapi Anda tidak perlu menunggu selama itu untuk merasa lebih baik. Ada sejumlah tips praktis yang bisa diupayakan untuk membantu mengurangi keluhan-keluhan Anda.

Baca juga:  Resep Herbal untuk Mematangkan Bisul dengan Cepat

Hindari Apapun yang Mengiritasi Paru-Paru

Jauhi zat-zat seperti asap rokok, asap pembakaran, asap pabrik, debu, dan polusi udara lainnya untuk mencegah dan membantu mengatasi bronkitis. Jika Anda merokok dan kesulitan untuk menghentikan kebiasaan itu, konsultasikanlah dengan dokter. Jika Anda terpaksa harus bekerja dekat dengan dengan zat-zat tersebut, pakailah masker dan buka jendela jika mungkin.

Istirahat yang Banyak

Infeksi dan batuk akibat bronkitis dapat membuat Anda merasa sangat lelah. Dengarkanlah tubuh Anda dan istirahatlah sebanyak yang Anda bisa, terutama di beberapa hari pertama. Jika batuk mengganggu tidur Anda, letakkanlah bantal tambahan untuk meninggikan posisi kepala dan mencegah lendir (mukus) mengalir ke tenggorokan.

Minum Banyak Air

Jika Anda sedang mengidap bronkitis, sangat penting untuk mengencerkan lendir di dada agar bisa mengeluarkannya lewat batuk sehingga pernapasan lebih baik. Cara terbaik untuk mengencerkan lendir adalah dengan minum banyak air dan cairan lain, seperti ramuan herbal bronkitis, jus buah asli yang encer, dan sup bening. Pastikan Anda minum air 8 – 12 gelas sehari. Tapi jangan minum alkohol dan kafein.

Menghirup Uap Panas

Selain menggunakan ramuan herbal bronkitis, cara lain untuk mengencerkan lendir adalah dengan menghirup uap panas. Siapkan satu mangkuk tahan panas yang agak besar lalu isi air panas di dalamnya, tapi jangan terlalu panas karena justru bisa mengiritasi dinding saluran udara Anda.

Taruh handuk di atas kepala dan dekatkan kepala ke atas mangkuk, sehingga handuk menjadi semacam tenda untuk menjaga uap dari air panas. Hiruplah uap tersebut selama 10 menit. Anda juga dapat mandi atau berendam air panas untuk mendapatkan efek serupa.

Berkumur Air Garam

Cara ini dapat membantu menghilangkan sebagian lendir yang menempel dan mengiritasi tenggorokan. Larutkan 1 sendok teh garam dengan 1 gelas air hangat. Berkumurlah dengan air garam ini, lalu muntahkan. Lakukan ini beberapa kali dalam sehari untuk melegakan tenggorokan.

Mengonsumsi Madu

Madu telah digunakan sejak zaman dahulu untuk meredam gejala batuk. Anda bisa langsung menelannya atau mencampurkannya ke dalam teh herbal, tujuannya untuk membantu mengurangi batuk sekaligus melegakan tenggorokan. Tapi jangan berikan madu pada anak kecil di bawah 1 tahun karena dapat menyebabkan botulisme, yang adalah penyakit yang sangat serius akibat keracunan.

Penyakit bronkitis ada dua tipe, yaitu bronkitis akut dan kronis. Bronkitis akut ditandai dengan gejala-gejala yang dialami dalam waktu relatif singkat, umumnya 1 – 3 minggu, lalu membaik sendiri. Sedangkan bronkitis kronis memiliki gejala-gejala yang dialami dalam waktu lama, bisa sampai berbulan-bulan.

Penyebab bronkitis ada beberapa macam. Pada bronkitis akut, penyebab utamanya adalah infeksi virus, tetapi bisa juga disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, atau akibat iritasi debu, asap, dan polusi udara lainnya. Pada bronkitis kronis, penyebab utamanya adalah iritasi asap rokok, selain itu juga dapat disebabkan oleh polusi udara dari pabrik atau asap buangan kendaraan.

Untuk membantu meredakan gejala-gejala bronkitis, Anda bisa menggunakan ramuan herbal bronkitis yang terbuat dari daun sendok atau daun sirih. Pilihlah mana yang cocok atau paling mudah untuk Anda buat. Namun jika gejala-gejalanya tidak kunjung membaik setelah 3 minggu, sebaiknya minta bantuan dokter.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang resep herbal bronkitis. Temukan juga info-info herbal khas nusantara lainnya hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

M, Matev & I, Angelova & A, Koĭchev & M, Leseva & G, Stefanov. 1982. Clinical trial of a Plantago major preparation in the treatment of chronic bronchitis. Vutreshni Bolesti. 21(2): 133-7

Yu, Haiqing & Li, Shiming & Huang, Mou-Tuan & Ho, Chi-Tang. 2008. Antiinflammatory Constituents in Noni (Morinda citrifolia) Fruits. ACS Symposium Series. 987: 179-190

W, Mian-Ying & W, Brett & J, Claude & N, Diane & S, Chen & P, Afa & A, Gary. 2002. Morinda citrifolia (Noni): a literature review and recent advances in Noni research. Acta pharmacologica Sinica. 23 (12): 1127-41

WebMD. Home Remedies for Bronchitis. Reviewed: 2018-09-26. URL: https://www.webmd.com/lung/home-remedies-bronchitis. Accessed: 2018-12-11. (Archived by WebCite®)


Advertisement
Alinesia