Ragam Manfaat Kopi Hitam

403

Diedit:

Rutinitas minum kopi setiap hari bisa jadi memberikan Anda lebih dari sekadar mengusir kantuk. Manfaat kopi hitam bagi kesehatan telah lama menjadi topik penelitian dengan berbagai kontroversi seputar kandungan antioksidan kopi, kemampuannya untuk meningkatkan aktivitas otak, memicu insomnia, masalah pencernaan, dan kenaikan detak jantung serta tekanan darah.

Meskipun diiringi dengan beragam kontroversi seputar manfaatnya, namun bukti ilmiah tetap membawa kabar baik bagi para pencinta kopi. Inilah alasan-alasan mengapa rutin minum kopi bisa jadi bermanfaat bagi kesehatan Anda.

  • Kopi adalah sumber antioksidan yang berkhasiat

Faktanya, kopi memiliki lebih banyak aktivitas antioksidan daripada teh hijau maupun cokelat—dua sumber antioksidan yang populer. Para ilmuwan telah mengidentifikasi sekitar 1000 antioksidan pada biji kopi yang belum diolah, dan ratusan lainnya menampakkan diri pada proses pemanggangan.

  • Kopi meningkatkan kemampuan daya ingat jangka pendek

Ketika sekelompok relawan dalam sebuah penelitian di Australia diberikan dosis 100 miligram kafein—yang kira-kira terdapat dalam secangkir kopi hitam—mereka mengalami lonakan aktivitas otak yang diukur dengan functional Magentic Resonance Imagery (fMRI), seraya mereka melakukan tes memori. Para peneliti memperhatikan adanya peningkatan kemampuan ingatan dan respon para relawan yang mengonsumsi kafein.

  • Kopi memelihara kesehatan jantung

Sebuah penelitian di Belanda menganalisis data lebih dari 37.000 orang selama 13 tahun. Hasil penelitian menemukan bahwa peminum kopi dalam dosis sedang (antara 2-4 cangkir sehari), memiliki risiko 20 persen lebih rendah menderita penyakit jantung dibandingkan yang bukan peminum, peminum dosis ringan (kurang dari 2 cangkir), atau dosis berat (lebih dari 4 cangkir).

  • Kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2

Suatu lembaga penelitian menemukan adanya kaitan antara minum kopi dengan penurunan risiko diabetes. Hasil penelitian di tahun 2009 mengemukakan bahwa risiko diabetes menurun sampai 7 persen apabila rutin minum kopi setiap hari. Studi epidemiologi juga melaporkan bahwa orang yang rutin minum rata-rata 4 cangkir kopi sehari memiliki risiko 50 persen lebih rendah untuk terkena diabetes dibandingkan peminum dosis ringan dan yang bukan peminum kopi.

  • Kopi bisa mencegah depresi
Baca juga:  Green Coffee: Si Kopi Hijau yang Bikin Lemak Luntur

Beberapa penelitian telah menemukan adanya kaitan antara minum kopi dengan penurunan tingkat depresi pada pria maupun wanita.Data dari sejumlah penelitian menunjukkan adanya penurunan tingkat depresi hingga 20 persen pada orang yang rutin minum kopi. Ini kemungkinan berkat kemampuan kafein dalam mengaktifkan neurotransmitter yang mengendalikan mood—termasuk dopamin dan serotonin.

Para peneliti di Nurses’ Health Study menganalisa kebiasaan sehat dari hampir 90.000 perawat wanita dalam jangka waktu 26 tahun. Mereka menemukan adanya manfaat kopi hitam untuk mengurangi risiko asam urat. Wanita yang minum kopi lebih dari 4 cangkir sehari memiliki penurunan 57% risiko asam urat, sekitar 22% penurunan pada peminum 1-3 cangkir sehari, dan penurunan 23% pada peminum secangkir kopi tanpa kafein dalam sehari. Manfaat ini mungkin disebabkan oleh aktivitas antioksidan kopi yang menurunkan insulin sehingga kadar asam urat juga berkurang.

Manfaat kopi hitam memang sudah dibuktikan oleh beragam penelitian, tetapi bukan berarti Anda boleh minum kopi sepuasnya. Disarankan untuk meminum kopi hitam biasa, tanpa tambahan gula, susu, atau campuran lainnya agar mendapatkan manfaat yang sepenuhnya. Batasi juga konsumsi kopi per hari tidak lebih dari 4 cangkir.

Advertisement
Alinesia