Bagaimana Manfaat Kopi untuk Perawatan Kulit?

428

Diedit:

Pada artikel sebelumnya sudah diulas mengenai manfaat kopi bagi kesehatan. Dalam beberapa dekade terakhir, banyak pakar kesehatan menemukan fakta bahwa kebiasaan mengonsumsi kopi memang memiliki beberapa manfaat kesehatan. Tentunya jika kopi dikonsumsi secara wajar, tidak berlebihan.

Dan kini fakta lain juga mengungkapkan bahwa kopi menyimpan beberapa manfaat perawatan kulit yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit di seluruh tubuh dan membantu Anda tampil lebih cantik dengan natural. Dan satu catatan, kopi juga termasuk herbal yang aman dan tidak memiliki efek samping terhadap kulit meski dilakukan dalam jangka waktu yang panjang.

Jadi jangan buang kopi Anda dari dapur, karena ada banyak alasan untuk tetap memasukkan kopi dalam daftar belanja Anda. Selain nikmat untuk dikonsumsi, kopi juga baik untuk membantu perawatan kulit.

Rahasia dari kopi adalah kandungan Kafein di dalamnya yang ternyata memberi banyak pengaruh untuk kondisi kulit dan wajah. Kafein akan bekerja secara langsung pada pembuluh darah yang berada di bawah kulit. Juga bekerja pada lapisan sel-sel kulit untuk membantunya lebih lembab dengan mendapatkan suplai air dari dalam tubuh dan membantunya lebih sehat dan bebas peradangan dengan cara yang aman.

Jadi berikut inilah beberapa manfaat perawatan kulit dari kafein dalam kopi dan cara tepat perawatan kulit yang bisa Anda lakukan dengan kopi.

Melakukan langkah eksfoliasi.

Eksfoliasi adalah langkah pengangkatan kotoran dan sel kulit mati dengan pembersihan mendalam. Kandungan karbon dari kopi bersama dengan kafein akan membantu mengangkat kotoran yang terperangkap dalam pori-pori kulit dan membantu mengangkat sel kulit mati yang masih melekat pada wajah. Manfaat kecantikan kopi sebagai eksfoliasi dan pencerah ini sudah dikuatkan dengan riset pada tahun 2007 oleh University of Rio de Janeiro.

Prosedur ini akan membantu mencerahkan kulit, mengatasi noda pada wajah, pigmentasi dan keluhan kulit kusam yang biasa terjadi. Dengan metode eksfoliasi, kulit yang sudah rusak akan terangkat dan kuit sehat dibawahnya akan muncul.

Cara untuk menjalankan perawatan kulit dengan kopi sangat sederhana. Anda bisa gunakan kopi sebagai masker dengan mencampur serbuk kopi hitam dengan air mineral hangat atau dengan air essensial seperti air mawar atau air jeruk nipis. Oleskan pada wajah sebagai masker dan diamkan 15 menit sebelum dibersihkan. Atau jadikan sebagai lulur dengan dipadukan bersama minyak kelapa atau minyak zaitun.

Membantu mengatasi selulit.

Banyak wanita mengeluhkan masalah selulit yang muncul pada beberapa area tubuh seperti lingkaran paha, panggul, dan perut mereka. Kadang kondisi menjadi lebih buruk setelah wanita melahirkan. Dan kabar baiknya ternyata kopi juga membantu Anda mengatasi selulit pengganggu penampilan ini.

Prosedur pengangkatan selulit ini bisa dikatakan hampir serupa dengan metode lulur kopi. Di sini Anda harus mencampur bubuk kopi dengan minyak kelapa atau dengan minyak zaitun hingga menjadi adonan kental. Lalu oleskan merata pada bagian tubuh yang memiliki selulit dan pijat lokasi tersebut dengan perlahan namun cukup kuat sampai timbul rasa hangat. Rasa hangat ini menandakan adanya reaksi kopi terhadap lapisan lemak di bawah kulit.

Kopi akan bekerja memecah lapisan lemak di bawah kulit dan membantu menarik banyak air untuk membantu meluruhkan lemak tadi dan dialirkan menuju pembuangan. Biasanya setelah terapi Anda akan lebih banyak buang air kecil dan feses Anda jadi lebih cair dari biasanya, kadang disertai dengan warna sedikit pucat.

Sedangkan minyak essensial di sini bekerja sebagai pelumas sehingga memudahkan proses pemijatan sekaligus membantu menjaga kelembaban kulit yang biasanya muncul karena efek diuretik tadi.

Dalam salah satu riset di Univesity of Sao Paolo pada tahun 2008 serta riset lain yang dikembangkan oleh University Rio de Janeiro, telah dikukuhkan fakta mengenai manfaat kopi untuk perawatan kulit berselulit.

Membantu mengatasi penuaan dini.

Menurut Dr. Whitney Bowe dari Advance Dermatology PC Research, kopi memang memiliki khasiat untuk membantu menyegarkan kembali dan memperbaiki tekstur kulit. Kafein memiliki kemampuan menyerap air menuju permukaan kulit sehingga kulit akan tampak lebih lembab. Kulit yang mendapat suplai air biasanya lebih tahan dari efek-efek yang menyebabkan penuaan dini. Apalagi dalam kopi terdapat kandungan anti radikal bebas yang baik untuk membantu mengangkat toksin penyebab penuaan.

Membantu mengatasi mata lelah.

Keluhan kecantikan lain yang juga kerap muncul adalah masalah mata membengkak dan tampak berkantung hitam. Biasanya masalah ini berkaitan dengan efek lelah, kurang tidur, atau pengaruh penggunaan komputer berlebihan.

Untuk mengatasi keluhan mata bengkak, Anda bisa manfaatkan kopi untuk membantu mengatasi pengendapan darah di bawah kulit mata dan melebarkan pembuluh darah sehingga melancarkan aliran darah dari dan menuju mata. Dengan demikian pembengkakan pada mata bisa diatasi dan mata jadi tampak lebih segar.

Cara perawatan kulit mata pada kasus ini adalah dengan mengkompres mata dengan adonan kopi yang dicampur air mawar atau air mentimun. Cara lain adalah dengan membekukan air kopi dan memanfaatkannya sebagai kompres.

Sebagai anti iritasi.

Kafein sudah sejak lama dikenal sebagai anti inflamasi. Bahkan kafein juga sudah lama diresepkan untuk membantu meningkatkan khasiat obat analgesik dan inflamasi. Dan kemampuan inflamasinya ini kemudian juga dibuktikan pada riset di Seoul National University untuk diaplikasikan pada kulit.

Terbukti kulit yang mengalami efek iritasi karena terbakar paparan sinar matahari dan kulit yang mengalami masalah peradangan karena jerawat ternyata bisa membaik setelah mendapatkan perawatan kulit dengan kopi.

Sebagaimana telah disampaikan di artikel ini, tidak ada alasan untuk Anda membuang persediaan kopi Anda bukan? Karena fakta menunjukan bahwa selama dikonsumsi dan digunakan dengan tepat, kopi justru memiliki banyak manfaat termasuk manfaat perawatan kulit.

Baca juga:  Ini Dia Bahaya Konsumsi Kopi Yang Perlu Anda Ketahui!
Advertisement
Alinesia