Cara Ampuh Untuk Mengatasi Kecanduan Kopi


By Cindy Wijaya

Kafein bekerja sebagai stimulan dan tentu saja bisa bikin ketagihan. Jadi kalau Anda minum kopi atau minuman berkafein lain dalam jumlah yang berlebihan, pasti Anda akan segera kecanduan. Apa tandanya jika sudah kecanduan kopi? Misalnya Anda benar-benar tidak bisa melawan godaan untuk minum kopi setiap bangun pagi atau saat istirahat siang, itu tandanya Anda sudah kecanduan kafein dalam kopi.

Kecanduan kopi berbahaya bagi kesehatan. Meskipun kafein dalam dosis sedang bermanfaat, namun dalam jumlah besar justru kafein sanggup memicu berbagai masalah kesehatan. Kebanyakan kafein bisa memperbesar risiko hipertensi, membuat liver jadi terlalu sibuk menyaring racun-racun lain serta memicu kerusakan gigi, kelemahan tulang, gelisah, sakit kepala, gangguan tidur, dan dehidrasi.

Jika Anda ingin sama sekali menghilangkan kafein dari konsumsi harian (atau paling tidak mengurangi jumlahnya), Anda wajib mengetahui produk apa saja yang mengandung kafein serta mengantisipasi gejala-gejala penarikan (withdrawal) dari kafein.

Kafein bukan hanya ada di kopi dan teh. Kandungan stimulan ini juga ada di minuman soda, cokelat, kue-kue, permen karet, dan masih banyak lagi. Jika ingin benar-benar berhenti minum kopi, berarti Anda juga perlu bersiap-siap dengan gejala-gejala penarikan. Bergantung pada seberapa banyak kafein yang biasa dikonsumsi setiap hari, tubuh Anda mungkin akan ‘kaget’ dengan perubahan dari terbiasa mendapat kafein menjadi sama sekali tidak.

Gejala Penarikan (Withdrawal) dari Kafein

Gejala-gejala yang mungkin akan dirasakan ketika mengurangi atau menghentikan konsumsi kafein antara lain: kelelahan, mengantuk, depresi, sakit kepala, lekas marah, gangguan konsentrasi, nyeri otot, insomnia, sembelit, kecemasan, dan kegelisahan.

Meskipun Anda mungkin harus melalui masa-masa sulit menghadapi gejala-gejala yang tidak mengenakkan, tapi Anda pasti bisa melewatinya dengan sukses. Dan Anda dapat mengikuti tips-tips di bawah ini agar gejala-gejalanya tidak terlalu parah sehingga semakin gampang melepaskan diri dari kecanduan kopi.

Latihan Tarik Napas Dalam-Dalam

Anda bisa mencoba teknik pernapasan dalam untuk melawan gejala kecanduan kopi, misalnya keinginan yang sangat kuat untuk minum kopi, kecemasan, dan perasaan kurang bertenaga.

Di waktu bersamaan, pernapasan dalam punya manfaat yang bagus untuk menyingkirkan racun dari dalam tubuh. Hal ini tentu akan membantu membersihkan sisa-sisa kafein dari dalam sistem tubuh Anda.

  • Berbaring atau duduk dalam posisi yang nyaman, letakkan tangan di atas/depan perut.
  • Tarik napas dalam-dalam melalui hidung sehingga perut mengembang dan paru-paru penuh dengan udara. Hitung sampai 5 secara perlahan seraya menarik napas.
  • Tahan napas selama 3 detik, kemudian hitung secara perlahan sampai 5 sambil menghembuskan napas melalui mulut sampai udara benar-benar sudah habis.
  • Lanjutkan latihan pernapasan ini sampai 10 menit.
  • Lakukan latihan pernapasan ini kapanpun muncul keinginan yang kuat untuk minum kopi.

Karena latihan pernapasan ini bisa dilakukan dalam posisi duduk, berarti ini mudah dilakukan dimanapun Anda sedang berada.

Minum Banyak Air

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi berbagai macam kecanduan adalah dengan mencukupi kebutuhan air Anda. Kecanduan kopi juga bisa dibantu diatasi dengan minum banyak air.

Salah satu cara utama tubuh membuang kafein adalah melalui urin. Jadi kalau banyak minum air, tubuh jadi banyak memproduksi urin, dan dengan begitu mempercepat pembuangan kafein dari dalam tubuh Anda.

Asupan cairan bening akan membantu organ-organ internal tubuh untuk mendetoksifikasi serta menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Di sisi lain, dehidrasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Meskipun jumlah air yang harus diminum setiap harinya bergantung pada kondisi kesehatan, kondisi iklim, dan tingkat aktivitas fisik, namun kebanyakan orang biasanya membutuhkan 8 sampai 10 gelas air setiap hari.

Bila Anda sedang merasakan dorongan yang kuat untuk minum kopi, maka itu adalah waktu yang tepat untuk mengatasi keinginan tersebut dengan minum air yang disaring dengan filter atau diberi perasa.

Tidur yang Nyenyak

Mencukupi kebutuhan tidur dengan baik juga dapat membantu mengatasi kecanduan kopi. Kebiasaan tidur yang buruk biasanya sanggup menggagalkan upaya Anda untuk berpantangan minum kafein.

Ketahuilah bahwa minum secangkir kopi sebelum waktu tidur dapat membuat Anda merasa lebih segar karena kafein menghambat bahan kimia yang menginduksi kantuk di otak serta meningkatkan produksi hormon adrenalin.

Di sisi lain, jika Anda berupaya tidur dengan benar, itu akan membantu mengurangi ketergantungan terhadap kafein. Cara terbaik untuk melakukannya ialah dengan mengupayakan kebiasaan tidur yang baik. Misalnya dengan membiasakan pergi tidur dan bangun tidur di waktu yang sama setiap hari.

Dengan demikian Anda jadi tidak butuh minum kopi di pagi hari untuk tetap berkonsentrasi sepanjang hari. Untuk membantu Anda lebih nyenyak tidur, coba pijat-pijatlah tubuh atau mandi air hangat sebelum waktu tidur.

Beralih ke Teh Hijau

Kalau Anda sedang merasakan dorongan yang kuat untuk minum sesuatu yang hangat—dan yang berkafein—cobalah seduh teh hijau daripada kopi. Teh hijau mengandung jauh lebih sedikit kafein dibandingkan kopi atau teh hitam. Dan sebagai bonusnya, teh hijau punya manfaat antioksidan kuat. Antioksidan ini mendukung detoksifikasi untuk membuang racun berbahaya dari tubuh, termasuk kelebihan kafein.

Jika Anda rajin minum teh hijau untuk mengatasi kecanduan kopi, pada akhirnya Anda akan mengurangi asupan kafein secara besar-besaran. Mulailah dengan minum 4 sampai 5 cangkir teh hijau dalam sehari untuk menggantikan kopi. Setelah Anda merasa lebih nyaman minum teh, kurangi jumlah teh hijau yang dikonsumsi atau pilihlah produk teh yang tanpa kandungan kafein.

Mulai Berolahraga

Aktivitas olahraga memicu tubuh melepaskan sejumlah besar hormon endorfin—yang sering digunakan untuk meredam sakit kepala, salah satu gejala penarikan dari kafein.

Selain itu, kelelahan juga adalah efek samping lain yang diakibatkan oleh kecanduan kopi. Kelelahan dapat dengan mudah diatasi dengan meningkatkan aktivitas fisik harian Anda. Ini sangat membantu jika Anda selalu merasa lelah setiap bangun pagi sehingga ingin sekali minum kopi.

Cobalah berjalan kaki sekitar 30 menit di area terbuka untuk membantu tubuh serta pikiran tetap aktif guna menyingkirkan rasa kantuk.

Coba juga berjalan kaki di sore hari sekitar 10 menit jika Anda mulai merasa mengantuk. Kalau Anda tidak bisa pergi jalan kaki karena bekerja, cobalah berjalan-jalan di sekitar kantor atau berdiri dan lakukan beberapa gerakan peregangan.

Minum Suplemen Magnesium

Minum kopi dalam jumlah yang banyak dapat memicu defisiensi magnesium, sehingga mungkin Anda perlu mengonsumsi suplemen magnesium untuk menggantikan kekurangan tersebut.

Anda juga dapat mengatasi gejala penarikan dari kafein, seperti hilangnya selera makan, sakit kepala, kelemahan otot, dan gangguan tidur dengan rutin mengonsumsi suplemen magnesium. Pada saat yang sama, magnesium juga berfungsi sebagai penambah energi alami sehingga membantu mengatasi gejala kelelahan.

Sebelum mengonsumsi suplemen, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Dibutuhkan petunjuk dari dokter khususnya bagi penderita penyakit jantung atau ginjal, atau mereka yang sedang menjalani pengobatan tertentu.

Anda juga bisa mendapatkan asupan magnesium dari makanan seperti almond, alpukat, pisang, kacang-kacangan, biji labu, tahu, susu kedelai, kacang mede, kemiri, kenari, kentang dengan kulitnya, yogurt, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau.

Mengonsumsi Teh Herbal & Jus Sehat

Alternatif lain untuk mengatasi kecanduan kopi adalah teh herbal. Teh herbal biasanya berupa teh licorice, rosemary, lavender, dan chicory. Anda juga dapat memilih berbagai campuran herbal lainnya yang tersedia di toko makanan sehat.

Jika Anda tidak begitu suka dengan herbal, coba pertimbangkan untuk mengganti jatah kopi harian dengan jus buah yang sehat atau smoothie. Misalnya jus campuran bahan-bahan sehat seperti berikut: 2 cangkir bayam dan kangkung, 4 batang seledri, 1 buah apel hijau, ½ mentimun, dan ½ lemon.

Anda juga boleh mencampurkan jus dengan yogurt tanpa pemanis/perasa atau air kelapa ke dalam blender. Jus atau smoothie sehat ini bisa Anda nikmati sebagai sarapan dan manfaatnya jauh lebih banyak daripada secangkir kopi.

Demikianlah beberapa cara mengatasi kecanduan kopi yang bisa Anda coba di rumah. Jika Anda tekun berusaha mengurangi asupan kafein setiap hari, niscaya hanya butuh waktu 7 hari saja untuk mengatasi kecanduan sekaligus gejala-gejala penarikan dari kafein.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}