Buah Penurun Darah Tinggi

496
buah penurun darah tinggi

Diedit:

Tak selamanya Anda mutlak membutuhkan obat medis untuk bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Karena faktanya secara medis diakui adanya khasiat beberapa makanan termasuk beberapa jenis buah penurun darah tinggi. Buah penurun darah tinggi ini akan efektif menurunkan tekanan darah dengan cepat karena kandungan senyawa dan nutrisi di dalamnya.

Cara menurunkan darah tinggi sebenarnya sesederhana Anda mengatur ulang kembali makanan yang Anda asup tiap harinya. Salah satunya dengan menambahkan lebih banyak buah penurun darah tinggi yang mengandung potasium (kalium) yang tinggi disertai sejumlah senyawa fitonutrien lain yang juga berperan dalam menurunkan tekanan darah.

Apa Saja Buah Penurun Darah Tinggi?

Menurut Mayoclinic, konsumsi buah dengan kandungan potasium kisaran 4100 mg perhari akan membantu menurunkan tekanan darah hingga 7,2 /2, 8 mm Hg pada tekanan sistolik / diastolik. Dan itu diperkirakan bisa Anda penuhi dengan mengonsumsi sekitar 8 cup buah perhari.

Untuk kategori ringan, diet DASH (penurun darah tinggi) cukup Anda jalankan dengan asupan potasium 800 mg perhari. Dan berikut ini adalah beberapa buah penurun darah tinggi dengan kandungan potasium tinggi.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah dengan kadar potasium tinggi mencapai angka 422 mg per buah pisang. Ini sama dengan 17% kebutuhan tubuh dengan serat sekitar 2, 83 gram. Kandungan kalori dalam pisang terbilang menengah sekitar 95 kal, sehingga dianggap cukup mampu mengenyangkan sebagai pilihan menu diet pengganti karbohidrat.

Alpukat

Untuk tiap 150 gram alpukat matang, terdapat kandungan potasium sebanyak 727 mg atau sekitar 21% kebutuhan potasium tubuh. Kandungan sodiumnya sangat rendah hanya kisaran 10 mg. Kandungan lemaknya sangat sehat, tidak mengandung kolesterol. Dan memiliki jenis lemak unik bernama avokaden yang terbukti membantu menekan tekanan darah.

Kurma

Dalam kurma ditemukan sejumlah besar potasium sebanyak 54,3 mg dalam tiap butirnya.Selain itu dalam kurma terkandung karbohidrat kompleks, rendah lemak dan sejumlah mineral penting seperti fosfor, magnesium, kalsium, zat besi, mangan dan sejumlah asam amino essensial.

Apricot

Dengan jumlah terbanyak mencapai 2202 mg per 119 gram sajian apricot atau sekitar 63 % kebutuhan tubuh, jelas apricot akan menjadi salah satu asupan penting untuk Anda yang menjalankan diet DASH. Aprikot juga rendah lemak, rendah kolesterol dan mengandung banyak vitamin C yang baik untuk membantu menjaga elastisitas pembuluh darah.

Baca juga:  Gejala Darah Tinggi

Blewah

Buah blewah selintas serupa dengan melon, tetapi dengan permukaan kulit menyerupai labu dan daging buah yang lebih jingga. Dalam buah blewah ini ditemukan potasium sebanyak 494,5 mg untuk tiap 160 gram sajiannya. Dalam buah ini juga terkandung sejumlah vitamin C, B6, mineral magnesium, fosfor, mangan dan anti oksidan beta karoten. Melon sendiri juga memiliki kandungan potasium tinggi sekitar 388 mg percupnya, namun kekayaan anti oksidannya tidak sekuat blewah.

Jeruk

Dalam buah jeruk ukuran sedang ditemukan potasium sebanyak 237 mg. Jenis lain seperti grapefruit bahkan bisa mengandung lebih banyak potasium. Juga mengandung banyak vitamin C, likopen dan banyak beta karoten yang membantu menekan pembentukan plak kolesterol dalam pembuluh darah.

Semangka

Menurut USDA, sebuah semangka ukuran sedang bisa memiliki kandungan sekitar 320 mg potasium. Dilengkapi kandungan flavonoid, beta karoten, vitamin C dan B6, serta sejumlah senyawa mineral lain. Maka buah ini juga baik untuk membantu mencegah pembentukan plak kolesterol dan menjaga kualitas detak jantung.

Pepaya

Dalam buah pepaya ukuran 1 kg diyakini terkandung setidaknya sekitar 781 mg potasium. Juga mengandung sejumlah vitamin penting seperti vitamin C, A dan B6, dan sejumlah mineral. Sudah pasti juga kandungan beta karoten dan papain yang membantu proses peluruhan lemak dan kolesterol dalam darah melalui pembuangan sehingga menekan pembentukan endapan kolesterol dalam pembuluh darah.

Berry

Beberapa jenis buah berry seperti blue berry dan raspberry mengandung sejumlah potasium dengan kadar untuk tiap 10 butirnya sekitar 150 mg. Kekuatan lain terdapat pada antosianin yang tinggi dan vitamin C yang membantu mencegah kerusakan sel akibat pembentukan endapan kolesterol pada pembuluh darah, termasuk pula mencegah pembentukan endapan kolesterol dengan mengangkatnya menuju pembuangan.

Kiwi

Buah dengan rasa asam hebat ini juga mengandung potasium sekitar 237 mg perbuahnya. Kandungan sejumlah mineral lain seperti magnesium, fosfor dan mangan juga sejumlah vitamin dan antioksidan juga membantu menekan tekanan darah dengan efektif.

Baca juga:  Cara Menurunkan Darah Tinggi

Mangga

Buah musiman satu ini rupanya juga menyimpan kekayaan potasium. Menurut USDA, dalam 1 buah mangga ukuran sedang terdapat sekitar 323 mg potasium. Kandungan beta karoten, vitamin C dan B6 juga beberapa jenis mineral membantu menekan pembentukan endapan kolesterol dan mengangkat kolesterol dari darah.

Pilihan Terbaik Buah Penurun Darah Tinggi

Terlepas dari daftar di atas mengenai jenis buah penurun darah tinggi dengan kandungan potasium tinggi, terdapat satu jenis buah dengan kandungan senyawa, fitonutrien dan mineral vitamin yang memiliki kekayaan kandungan yang baik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, menekan pembentukan plak endapan kolesterol dan menekan efek samping dari hipertensi.

Buah itu adalah buah Noni, sejenis buah dari kawasan Asia pasifik yang sudah lama dikenal sebagai herbal pengobatan tradisional. Buah ini dikenal dengan aroma tajamnya yang khas dan menyebabkan buah ini kerap tidak disukai. Padahal justru dibalik aroma ini terdapat kekuatan dalam membantu mengatasi beragam penyakit termasuk tekanan darah tinggi.

Kemampuan buah Noni kemudian dibuktikan dalam sebuah riset besar oleh pakar Universitas Johns Hopkins USA, Dr. Neil Solomon yang melibatkan pakar kesehatan sebanyak 1227 orang dan 25314 orang pasien dari total 80 negara dengan beragam latar penyakit dan kondisi. Dari jumlah tersebut terbukti Noni juice dengan kadar 98% mampu memulihkan setidaknya 84% dari total 1869 orang pasien pengidap darah tinggi.

Kandungan Bermanfaat dalam Buah Noni

Apa saja yang terkandung dalam buah Noni, atau dalam hal ini yang kita bicarakan adalah Noni juice? Dalam banyak riset disebutkan bahwa dalam Noni juice ditemukan potasium tinggi. Tetapi faktanya kandungan potasiumnya hanya sekitar 60 mg per 30 cc atau sama dengan kandungan potasium dalam buah jeruk.

Ada satu fakta yang perlu Anda ketahui dari potasium, bahwa meski mineral ini bermanfaat tinggi untuk menurunkan tekanan darah, tetapi juga bisa menyebabkan masalah pada ginjal termasuk batu ginjal. Itu sebabnya, justru lebih berbahaya mengonsumsi buah apricot berlebihan ketimbang 30 cc Noni juice tiap harinya. Lalu apa yang menjadi alasan kami merekomendasikan Noni sebagai buah penurun darah tinggi terbaik?

Potasium

Potasium dalam buah Noni berpadu apik dengan sejumlah senyawa dan fitonutrien lain dalam mengatasi tekanan darah tinggi dan kolesterol. Bahkan sebuah riset pada Science World Journal menyatakan bahwa konsumsi 9,9 mm sampai 188 mm selama 30 hari terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Scolopetin

Senyawa penting lain adalah scolopetin yang terbukti mampu membantu mengembalikan kondisi sel pembuluh darah, menekan kerusakan elastisitas pembuluh darah akibat pembentukan endapan kolesterol sehingga mencegah terjadinya kasus aeroklerosis yang memicu serangan berat tekanan darah tinggi. Senyawa ini juga memberi efek anti depresan yang membantu mengurangi kecenderungan tekanan darah tinggi.

Flavonoid

Kandungan flavonoid di dalamnya berpadu dengan fungsi xeronin dan proxeronin. Ini membantu mengatasi masalah komposisi darah dan menekan jumlah kolesterol dan lemak jenuh dalam darah untuk membantu mengembalikan kondisi tekanan darah. Di sini terdapat pula peran serta sejumlah kandungan mineral vitamin seperti potasium, selenium, vitamin C dan kalsium.

Terpenoid & Damnachantal

Satu hal lagi adalah kandungan Noni juice juga ditemukan senyawa terpenoid dan damnachantal yang akan membantu menekan efek kerusakan sel akibat kondisi tekanan darah. Tidak hanya kerusakan sel pada pembuluh darah, tetapi pada sel-sel tubuh lain karena aliran darah yang terganggu kelancarannya.

Demi mencegah efek samping dari potasium pada ginjal, memang sangat disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak air putih selama mengonsumsi Noni juice. Namun dalam ini, obat darah tinggi alami ini juga bersifat diuretik terhadap efek potasium terhadap ginjal. Juga kandungan asperolusid yang membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan meningkatkan fungsi pembuangan air kencing dan BAB.

Jadi bila mencari buah penurun darah tinggi dengan khasiat anti hipertensi namun juga aman untuk ginjal, maka Noni juice jelas pilihan terbaik. Herbal ini mengandung potasium dalam kadar aman, memiliki beberapa senyawa yang menekan efek samping potassium, serta sejumlah senyawa penting lain untuk membantu mengatasi hipertensi secara tuntas.

Advertisement
Alinesia