Share:

Penyebab kolesterol tinggi kemungkinan besar berasal dari kesalahan Anda sendiri. Tapi sebenarnya itu ada bagusnya, kenapa? Karena artinya Anda bisa melakukan sesuatu untuk menghilangkan penyebabnya, supaya kadar kolesterol turun.

Tubuh kita secara alami memproduksi sendiri semua kolesterol LDL (sering dianggap kolesterol ‘jahat’) sebanyak yang dibutuhkannya. Gaya hidup tidak sehat, misalnya makan makanan tidak sehat dan kurang gerak, membuat kadar kolesterol LDL melebihi daripada yang dibutuhkannya—inilah penyebab kolesterol tinggi pada banyak orang.

Selain itu, beberapa orang mewarisi gen-gen dari ibu, bapak, atau bahkan kakek-nenek mereka sehingga mereka cenderung punya terlalu banyak kolesterol dalam tubuh—kondisi ini disebut familial hiperkolesterolemia (FH). Untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu kolesterol tinggi, simaklah di bawah ini.

Penyebab 1: Gaya Hidup

Gaya hidup Anda bisa meningkatkan risko Anda untuk memiliki kadar kolesterol tinggi dalam darah. Antara lain:

  • Pola makan tak sehat—jenis-jenis makanan seperti hati, ginjal, dan telur, memang mengandung kolesterol, tapi sebenarnya hanya sedikit berpengaruh pada kolesterol darah Anda: yang jadi masalah dan harus lebih diperhatikan adalah kandungan total lemak jenuh dalam makanan Anda.
  • Kurang gerak atau olahraga—hal ini meningkatkan kadar kolesterol ‘jahat’ LDL di dalam tubuh Anda.
  • Obesitas atau kegemukan—kalau berat badan Anda berlebihan, ada kemungkinan Anda punya kadar kolesterol LDL dan trigliserida yang tinggi, dan kadar kolesterol ‘baik’ HDL yang rendah.
  • Kebanyakan minum minuman beralkohol—meminum alkohol terlalu sering atau terlalu banyak bisa menaikkan kadar kolesterol serta trigliserida Anda.
  • Merokok—senyawa kimia pada rokok bernama acrolein dapat menghentikan aliran kolesterol ‘baik’ HDL dari timbunan lemak ke hati, sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh arteri (aterosklerosis).
Baca juga  Cara Mencegah Kolesterol Tinggi

Penyebab 2: Penyakit Lain

Orang-orang yang menderita hipertensi (darah tinggi) dan diabetes sering kali juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Ada juga penyakit-penyakit lain yang juga dapat menaikkan kadar kolesterol, antara lain:

  • Penyakit ginjal
  • Penyakit hati
  • Kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme)

Jika penyakit-penyakit itu diobati, ada kemungkinan kadar kolesterol normal bisa kembali didapatkan.

Penyebab 3: Penyebab Kolesterol yang Tidak Bisa Dihindari

Ada sejumlah faktor yang dikaitkan dengan penyebab kolesterol tinggi yang tidak dapat dicegah atau dihindari. Faktor-faktor ini juga bisa membuat Anda lebih rentan mengalami serangan jantung atau stroke.

  • Riwayat keluarga penderita penyakit jantung koroner (PJK) atau stroke di usia muda—Anda lebih mungkin memiliki kolesterol tinggi jika ayah atau saudara kandung laki-laki Anda terserang PJK atau stroke sebelum usia 55 tahun, atau jika ibu atau saudara kandung perempuan Anda terserang sebelum usia 65.
  • Riwayat keluarga penderita kolesterol tinggi—misalnya mungkin orang tua, saudara kandung perempuan, atau saudara kandung laki-laki Anda juga punya kadar kolesterol tinggi.
  • Usia tua—semakin tua usia Anda, maka semakin mudah terjadi penyempitan pembuluh arteri (aterosklerosis).
  • Etnis—orang-orang keturunan India, Pakistan, Banglades, dan Sri Lanka berisiko lebih tinggi untuk mengalami serangan jantung.
  • Jenis kelamin—laki-laki lebih sering terkena serangan jantung daripada wanita.

Jika Anda memiliki faktor-faktor di atas, maka sangat dianjurkan untuk lebih keras lagi mengupayakan gaya hidup sehat sambil berupaya mengatasi penyakit apa pun yang Anda derita saat ini.

Familial Hiperkolesterolemia (FH)


Familial hiperkolesterolemia adalah istilah medis untuk kondisi kolesterol tinggi yang diturunkan dalam keluarga. Ini lebih disebabkan oleh perubahan gen yang diwarisi dari orang tua, bukan karena gaya hidup tak sehat.

Orang-orang yang memiliki kondisi ini mengalami kenaikan kadar kolesterol sejak lahir, yang bisa membuat mereka lebih rentan menderita masalah jantung di usia muda, misalnya aterosklerosis dan penyakit jantung koroner (PJK).

Seorang anak atau saudara laki-laki atau saudara perempuan dari orang yang memiliki familial hiperkolesterolemia punya kemungkinan sebesar 50 persen untuk juga mewarisi kondisi ini.

Perhatikan Juga Kadar Trigliserida Anda

Trigliserida adalah jenis zat lemak lain yang ada dalam darah. Mereka diproduksi oleh hati, dan juga terdapat pada produk susu, daging, dan minyak goreng. Kadar trigliserida yang tinggi mungkin disebabkan oleh hal-hal berikut:

  • Kegemukan
  • Sering makan yang berlemak dan manis
  • Terlalu banyak minum minuman beralkohol
  • Faktor keturunan
  • Mengidap diabetes
Baca juga  Trigliserida

Sebagian besar penyebab kolesterol tinggi yang disebutkan di artikel ini berkaitan dengan gaya hidup. Ya, memang pemicu utama dari kebanyakan kasus kolesterol tinggi pada orang-orang seringnya adalah karena mereka kurang menjaga makan dan kurang aktivitas fisik.

Oleh sebab itu, cara terbaik untuk mencegah kolesterol tinggi, atau menurunkannya bagi yang kolesterolnya sudah tinggi, adalah dengan mengupayakan pola hidup sehat. Cobalah pikirkan apa saja yang perlu diubah dari pola hidup Anda selama ini. Dan lakukan perubahan-perubahan itu, sebelum terlambat!

Cindy Wijaya

Penulis beragam artikel kesehatan berpengalaman. Senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Saat ini bekerja sebagai penulis dan editor untuk Deherba.com. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.


Artikel di-posting oleh Cindy Wijaya dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.