Pengobatan Jerawat Yang Tersedia

925
Pengobatan jerawat
Pengobatan jerawat

Jerawat – gangguan kulit yang satu ini benar-benar musuh setiap orang. Jerawat yang membandel sering menyebabkan depresi hingga hilangnya kepercayaan diri. Belum lagi tuntutan perusahaan yang mengharuskan Anda untuk tampil tanpa jerawat. Tahukah Anda bahwa keberadaan jerawat tidak ada kaitannya dengan kebersihan pribadi yang Anda alami? Baik mereka yang menjaga kebersihan wajah dan yang tidak, sama-sama memiliki potensi serangan jerawat yang menjengkelkan. Dan perlu Anda sadari bahwa jerawat tidak bisa disembuhkan sama sekali. Tindakan pengobatan jerawat yang dilakukan hanyalah sebatas mengurangi perkembangan dan penyakit kulit lainnya.

Penggunaan obat jerawat bisa jadi membantu Anda untuk memperoleh perbaikan bahkan mencegah komplikasi lanjutan yang bisa terjadi. Namun ini hanyalah sebagai alternatif pengobatan saja dan tak bisa menggantikan pengobatan yang dilakukan oleh dokter spesialis kulit. Dalam artikel ini Anda akan melihat pengobatan jerawat yang dilakukan secara medis, melalui; obat topikal, obat-obatan yang dijual bebas, obat sistemik (obat yang dikonsumsi dengan petunjuk dokter) dan perawatan yang biasa dilakukan salon atau dermatologi. Mari kita perhatikan dalam artikel berikut ini.

Pengobatan Jerawat Yang Tersedia

Menurut verywell, pengobatan jerawat hendaknya dilakukan berdasarkan jenis jerawat yang timbul pada permukaan wajah. Tentu saja ciri-ciri jerawat dan penyebab jerawat yang dialami setiap orang tidaklah sama. Maka Anda perlu mengamati kondisi jerawat yang sedang dialami dengan demikian pengobatan yang dilakukan juga akan semakin efektif. Sekalipun tidak menghilangkan jerawat seutuhnya, tindakan berikut akan mengembalikan kepercayaan diri Anda.

Obat Dijual Bebas (Over-the-Counter)

Pengobatan dengan obat topikal ini merupakan produk yang bisa Anda dapatkan di toko obat, toko bahan makanan, tempat spa untuk perawatan kulit, atau toko kosmetik. Kebanyakan produsen obat OTC mengatakan bahwa produk tersebut bagus untuk kulit yang berjerawat. Sebenarnya ada cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menemukan produk jerawat OTC yang benar-benar berkhasiat, yaitu dengan melihat komposisi bahan aktifnya. Produk perawatan jerawat OTC yang paling efektif mengandung setidaknya satu dari bahan berikut ini:

  • Asam Salisilat
  • Benzoil Peroksida
  • Sulfur
  • Asam Glikolat

Tidak masalah jenis produk apa yang Anda gunakan, apakah itu pembersih, toners, pad pembersih, atau lotion, asalkan mengandung ramuan untuk pengobatan jerawat yang terbukti berkhasiat, maka ini akan sangat membantu. Anda juga dapat memilih beberapa produk OTC lalu digabungkan sebagai perawatan kulit pribadi secara rutin. Apakah perawatan jerawat over-the-counter cocok untuk Anda? Perawatan ini merupakan pilihan yang baik untuk jerawat yang ringan dan komedo. Tapi tidak selalu efektif pada jerawat yang lebih parah.

Resep Obat Topikal

Adakalanya jerawat tak dapat hilang hanya dengan produk yang dijual bebas. Saat hal ini terjadi, maka tak ada salahnya untuk untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh resep obat topikal yang sesuai dengan kondisi tersebut. Obat tropikal digunakan untuk mengobati jerawat ringan hingga jerawat berat. Perawatan ini dapat dilakukan dengan beragam bentuk, bisa berupa gel dengan sedikit kandungan air hingga krim yang dapat larut seperto toner atau pad pengobatan. Resep perawatan topikal yang tersedia dengan resep berikut:

  • Asam Azelaic
  • Benzoyl Peroxide (Harus dengan rekomendasi dokter)
  • Retinoid Topikal
  • Antibiotik Topikal
  • Kombinasi Obat Jerawat

Kapan obat resep diperlukan? Jika Anda telah menggunakan produk OTC (over-the-counter) lebih dari tiga bulan dan masih berjerawat, sekarang saatnya untuk beralih ke obat resep yang lebih kuat. Tentu saja hal ini harus dilakukan sesuai dengan rekomendasi dokter.

Obat Yang Dikonsumsi Lewat Mulut (Oral)

Obat jerawat yang dikonsumsi biasanya bekerja dari dalam tubuh Anda. Obat ini diperuntukan untuk jerawat yang parah atau jerawat kista (Cystic Acne). Obat-obatan ini juga digunakan untuk jenis jerawat yang tidak terlalu parah, misalnya saat perawatan topikal tidak memberikan hasil yang cukup baik. Perawatan jerawat ini hanya tersedia dengan resep dokter yang mencakup:

  • Antibiotik Oral (Bersamaan obat topikal)
  • Perawatan Hormonal – Pil KB, Spironolakton (Bersamaan obat topikal)
  • Isotretinoin

Waspadalah bahwa obat yang dikonsumsi melalui mulut cenderung memiliki reaksi yang lebih kuat, sehingga Anda tak bisa mengonsumsinya secara bebas dan memerlukan rekomendasi dokter guna mencegah terjadinya komplikasi yang tidak diinginkan. Ingatlah agar selalu menanyakan efek samping dari pengobatan yang Anda jalani, karena itu adalah hak setiap pasien.

Prosedur Profesional

Perawatan prosedural merupakan terapi yang dilakukan oleh dokter kulit, praktisi kesehatan, atau ahli kecantikan atau salon. Mereka bisa mengobati jerawat ringan sampai parah, tergantung prosedurnya. Beberapa prosedur perawatan profesional yang mungkin ingin Anda coba:

  • Ekstraksi Komedo
  • Perawatan Jerawat (facial)
  • Pengelupasan Kimiawi
  • Mikrodermabrasi
  • Fototerapi
  • Suntikan Kortikosteroid
  • Operasi Jerawat

Terapi prosedural tersebut, bukanlah satu-satunya perawatan jerawat. Masih banyak perawatan medis yang tersedia bahkan alternatif yang dapat membantu mengurangi jerawat. Namun yang membedakan hanyalah hasil dari perawatan itu, mengingat tidak semua pengobatan memberikan hasil yang sama.

Dermatologist – Dokter Ahli Kulit

Seorang dermatologis adalah seorang dokter medis yang mengkhususkan dirinya pada ilmu yang mempelajari tentang kulit, perawatan dan penyakitnya. Maka jika Anda mengalami masalah dalam membersihkan kulit Anda sendiri, inilah saatnya untuk menemui dokter kulit. Jangan mengabaikan anjuran untuk menemui dokter kulit!

Mendapatkan bantuan profesional merupakan aset besar dalam memerangi jerawat. Dokter kulit Anda dapat menawarkan banyak pilihan perawatan jerawat, serta saran dan dukungan. Untuk menemukan dermatologis yang tepat dalam merawat jerawat Anda, sebaiknya tanyakan kepada dokter umum yang merawat Anda. Pada pertemuan pertama dengan dermatologi, Anda harus membahas semua masalah perawatan kulit Anda dengan dokter. Kemudian rencana untuk membersihkan jerawat Anda dapat dilakukan.

Esthetician – Terapis Ahli Kecantikan

Seorang ahli kecantikan atau terapis perawatan kulit, mengkhususkan diri dalam perawatan dan kecantikan kulit. Estheticians bukanlah dokter medis; Sebaliknya mereka melakukan perawatan kosmetik pada kulit, seperti facial dan waxing. Jika Anda memiliki jerawat dengan tahap ringan, Anda mungkin ingin mengunjungi seorang ahli kecantikan. Mereka dapat merekomendasikan produk perawatan kulit berjerawat dan memberikan saran tentang perawatan kulit harian. Estheticians juga bisa melakukan perawatan pembersihan untuk menangkal komedo.

Estheticians bekerja di spa, namun tak aneh jika dokter kulit juga mempekerjakan estheticians untuk menawarkan terapi pendukung di bawah pengawasan dokter. Mengunjungi seorang ahli kecantikan bukanlah keharusan (tidak sama dengan mengunjungi dokter kulit). Jadi jangan merasa bahwa Anda harus melakukannya, sehingga menyebabkan stress yang memicu jerawat.

Tetapi jika Anda merasa perlu sedikit mencoba produk perawatan kulit, karena komedo yang sulit dihilangkan, maka ahli kecantikan mungkin adalah profesional perawatan kulit yang tepat bagi Anda. Ingat saja ada hal-hal yang tidak dapat dilakukan oleh seorang esthetician, seperti memberi resep obat jerawat atau mengobati jerawat yang parah.

Dalam artikel ini Anda telah melihat bagaimana pengobatan jerawat yang dilakukan secara medis, melalui; obat topikal, obat-obatan yang dijual bebas, obat sistemik (obat yang dikonsumsi dengan petunjuk dokter) dan perawatan yang biasa dilakukan salon atau dermatologi dapat membantu atasi jerawat. Setiap pengobatan jerawat yang dilakukan hendaknya selalu berada dalam pengawasan dokter.

Demikianlah informasi yang bisa Aanda dapatkan seputar pengobatan jerawat, temukan informasi selengkapnya sehubungan dengan proses terjadinya jerawat dan gejala yang ditimbulkannya. Nantikan informasi penting lainnya seputar gangguan kesehatan, tips hidup sehat, maupun pengobatan alternatif alami – hanya di deherba.