Pilihan Tepat Menghilangkan Jerawat Dengan Madu

544
Menghilangkan Jerawat Dengan Madu

Diedit:

Timbulnya jerawat di wajah seringkali menjadi masalah sepele yang menjengkelkan. Terlebih jika kemunculannya yang tiba-tiba datang diwaktu yang tidak tepat. Lalu adakah tips menghilangkan jerawat yang dapat membantu Anda terhindar dari petaka tersebut? Apakah kombinasi menghilangkan jerawat dengan madu dapat digunakan sebagai masker jerawat?

Ada beragam cara menghilangkan jerawat yang bisa Anda coba terapkan. Misalnya dengan cara tradisional menghilangkan jerawat atau produk penghilang jerawat. Hanya saja timbul satu pertanyaan penting dari sekian banyaknya metode mengatasi jerawat, manakah cara cepat mengatasi jerawat yang tepat? Mari kita perhatikan bersama ulasan berikut ini!

Tips Menghilangkan Jerawat Dengan Madu

Ada banyak pilihan bahan alami yang bisa menjadi rekomendasi Anda. Salah satunya ialah madu asli sebagai penghilang jerawat. Mengapa madu digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan masker penghilang jerawat? Madu merupakan bahan yang tepat dalam atasi jerawat, alasannya karena madu memiliki kemampuan sebagai antibakteri dan antioksidan alami. Bagaimana mungkin?

Berawal dari lebah madu yang bekerja mengumpulkan nektar dari semak dan bunga yang digemarinya. Hingga proses penambahan enzim “hydrogen peroksida” yang dihasilkan oleh sang lebah. Zat antibakteri ini tercipta karena kombinasi keduanya, sehingga madu dapat digunakan untuk mengatasi infeksi, seperti komentar Jennifer Eddy, MD dari University of Wisconsin.

Ketahuilah bahwa timbulnya jerawat seringkali dikarenakan oleh keberadaan bakteri penyebab jerawat P. Acne yang berkembang disekitar pori-pori kulit. Kondisi lingkungan yang kotor dan kulit berminyak merupakan tempat kondusif bagi perkembangan jerawat. Maka dibutuhkan antibakteri yang dapat membasmi keberadaan jerawat yang menjengkelkan – Dalam hal ini madu sebagai antibakterial alami pengusir jerawat.

Kombinasi Penghilang Jerawat Dengan Madu

Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengoleskan madu murni langsung pada jerawat dengan bantuan kapas. Lalu diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.

Baca juga:  Pemicu Jerawat Yang Sering Menyerang Anda!

Lakukan perawatan wajah tersebut selama 3 kali – 1 minggu untuk hasil yang optimal, pemakaian dapat dilakukan berulang kali. Gunakan 2 kali sehari di pagi dan malam selama 1 bulan. Sekarang mari kita perhatikan beragam kombinasi madu dengan bahan alami lainnya yang dapat digunakan sebagai masker penghilang jerawat.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Alpukat dan Madu

  • Khasiat alpukat sebagai penghilang jerawat – Alpukat memiliki kandungan fitosterol yang berfungsi sebagai anti peradangan, sehingga baik untuk mengurangi luka karena jerawat.
  • Cara pemakaian alpukat sebagai masker jerawat – Oleskan adonan alpukat (1/2 buah dilumatkan) dengan madu (2 sendok makan). Lalu diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan 2 kali sehari di pagi dan malam, selama 1 bulan.
  • Efek samping alpukat dalam mengatasi jerawat – Alpukat dapat menimbulkan reaksi alergi bagi penderita yang sensitif terhadap lateks. Karena dalam alpukat terdapat jenis protein yang sama seperti lateks.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Apel dan Madu

  • Khasiat apel sebagai penghilang jerawat – Apel memiliki kandungan flavonoid quercetin yang membantu menangkal radikal bebas khususnya di bagian kulit buah, sehingga baik untuk kesehatan kulit.
  • Cara pemakaian apel sebagai masker jerawat – Oleskan ramuan apel (1/2 buah dilumatkan) dengan madu (2 sendok makan). Lalu diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan 2 kali sehari di pagi dan malam, selama 1 bulan.
  • Efek samping apel dalam mengatasi jerawat – Apel dapat menimbulkan reaksi alergi bagi penderita yang juga mengidap alergi buah aprikot. Karena pada kulit apel seringkali menempel protein serbuk sari yang memicu timbulnya reaksi pada orang yang sensitif terhadap hal tersebut. Sehingga Anda perlu mencuci kulit buah apel dengan sangat cermat.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Baking Soda dan Madu

  • Khasiat baking soda sebagai penghilang jerawat – Baking soda memiliki kemampuan dalam menyeimbangkan kadar asam-basa pada kulit. Kondisi asam-basa kulit yang tidak seimbang seringkali menjadi pemicu berkembangnya bakteri penyebab jerawat.
  • Cara pemakaian baking soda sebagai masker jerawat – Oleskan larutan baking soda (1 sendok teh) dengan madu (2 sendok makan) pada permukaan jerawat. Scrub atau gosok secara perlahan dengan gerakan memutar selama 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan hanya 2 kali dalam seminggu. Tidak dianjurkan untuk pemakaian rutin.
  • Efek samping baking soda dalam mengatasi jerawat – Baking soda dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan mengiritasi kulit jika digunakan dalam pemakaian rutin. Kadar pH dari baking soda ialah 9, sedangkan pH kulit ialah 5 dan kondisi pH rata-rata ialah 7. Kadar pH tinggi dapat memudahkan kulit terserang bakteri dan menimbulkan iritasi kulit.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih dan Madu

  • Khasiat bawang putih sebagai penghilang jerawat – Bawang putih mengandung Allicin yang memiliki potensi sebagai antibakteri, antijamur dan antivirus. Maka dari itu bawang putih dapat digunakan dalam mengatasi jerawat.
  • Cara pemakaian bawang putih sebagai masker jerawat – Oleskan racikan bawang putih (3 siung dilumatkan) dengan madu (2 sendok makan). Lalu diamkan hingga 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan hanya 2 kali dalam seminggu. Tidak dianjurkan untuk pemakaian rutin.
  • Efek samping bawang putih dalam mengatasi jerawat – Bawang putih dapat menimbulkan sensasi terbakar pada permukaan kulit. Penggunaan rutin dikhawatirkan dapat memicu kerusakan kulit.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Bengkuang dan Madu

  • Khasiat bengkuang sebagai penghilang jerawat – Bengkuang memiliki kandungan vitamin E dan vitamin C yang dapat membantu mengurangi peradangan kulit karena jerawat.
  • Cara pemakaian bengkuang sebagai masker jerawat – Oleskan adukan bengkuang (1 buah dihaluskan) dengan madu (2 sendok makan). Lalu diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan 2 kali sehari di pagi dan malam, selama 1 bulan.
  • Efek samping bengkuang dalam mengatasi jerawat – Belum ada keterangan efek samping terkait dengan bengkuang. Namun perlu diketahui bahwa kulit bengkuang bisa jadi beracun, hanya gunakan bagian dalam dari bengkuang.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Cuka Apel dan Madu

  • Khasiat cuka apel sebagai penghilang jerawat – Cuka Apel memiliki kandungan yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Kandungan di dalam cuka apel ialah asam asetat, sitrat, laktat serta suksinat.
  • Cara pemakaian cuka apel sebagai masker jerawat – Oleskan gabungan cuka apel (1 sendok makan yang digabungkan dengan air 3 sendok makan) serta madu (2 sendok makan). Lalu diamkan hingga 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan hanya 2 kali dalam seminggu. Tidak dianjurkan untuk pemakaian rutin.
  • Efek samping cuka apel dalam mengatasi jerawat – Kandungan asam pada cuka apel dapat mengakibatkan sensasi kulit terbakar. Terutama jika dioleskan langsung tanpa digabungkan dengan air terlebih dahulu. Penggunaan cuka apel tidak cocok bagi kulit sensitif atau luka jerawat yang terbuka.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Garam dan Madu

  • Khasiat garam sebagai penghilang jerawat – Garam memiliki kemampuan sebagai antibakteri alami yang dapat mengurangi jerawat.
  • Cara pemakaian garam sebagai masker jerawat – Oleskan campuran garam (2 sendok teh yang dicampur dengan air 3 sendok makan) serta madu (2 sendok makan). Lalu diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan 2 kali sehari di pagi dan malam, selama 1 bulan.
  • Efek samping garam dalam mengatasi jerawat – Menimbulkan sensasi terbakar pada kulit yang mengalami iritasi kulit.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Gula dan Madu

  • Khasiat gula sebagai penghilang jerawat – Gula merupakan sumber asam glikolat alami yang digunakan untuk peremajaan kulit.
  • Cara pemakaian gula sebagai masker jerawat – Oleskan kombinasi gula (2 sendok teh) dengan madu (2 sendok makan). Lalu diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan 2 kali sehari di pagi dan malam, selama 1 bulan.
  • Efek samping gula dalam mengatasi jerawat – Asam glikolat diatas 10 persen dapat menimbulkan pengelupasan kulit. Hal ini jarang terjadi pada gula, namun penggunaan asam glikolat secara khusus perlu diperhatikan.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis dan Madu

  • Khasiat jeruk nipis sebagai penghilang jerawat – Jeruk nipis merupakan sumber asam sitrat alami yang digunakan untuk mengendalikan pH kulit.
  • Cara pemakaian jeruk nipis sebagai masker jerawat – Oleskan paduan jeruk nipis (1 sendok teh) dengan madu (2 sendok makan) ). Lalu diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan 2 kali sehari di pagi dan malam, selama 1 bulan.
  • Efek samping jeruk nipis dalam mengatasi jerawat – Jika terkena mata dapat menyebabkan iritasi begitu juga penggunaan pada kulit yang sensitif.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Kayu Manis dan Madu

  • Khasiat kayu manis sebagai penghilang jerawat – Kayu manis memiliki senyawa antibakteri yang disebut dengan “eugenol” dan “cinnamaldehyde”.
  • Cara pemakaian kayu manis sebagai masker jerawat – Oleskan komposit kayu manis (1 sendok makan) dengan madu (2 sendok makan). Lalu diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan 2 kali sehari di pagi dan malam, selama 1 bulan.
  • Efek samping kayu manis dalam mengatasi jerawat – Ada kemungkinan terjadinya iritasi pada pemakaian langsung atau kemungkinan timbulnya alergi. Namun hal ini masih belum dapat dibuktikan.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Kemiri dan Madu

  • Khasiat kemiri sebagai penghilang jerawat – Dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengurangi keberadaan jerawat.
  • Cara pemakaian kemiri sebagai masker jerawat – Oleskan tumbukan kemiri (2 sendok makan) dengan madu (2 sendok makan). Lalu diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan 2 kali sehari di pagi dan malam, selama 1 bulan.
  • Efek samping kemiri dalam mengatasi jerawat – Pada beberapa orang yang sensitif kemiri dapat menimbulkan reaksi alergi. Penggunaan kemiri yang berlebihan dapat menimbulkan pertumbuhan subur rambut atau bulu disekitar wajah.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Kunyit dan Madu

  • Khasiat kunyit sebagai penghilang jerawat – Kunyit diyakini memiliki khasiat sebagai antiseptik alami yang dapat membunuh keberadaan bakteri.
  • Cara pemakaian kunyit sebagai masker jerawat – Oleskan kacukan kunyit (2 sendok makan) dengan madu (2 sendok makan). Lalu diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan hanya 2 kali dalam seminggu. Tidak dianjurkan untuk pemakaian rutin.
  • Efek samping kunyit dalam mengatasi jerawat – Pemakaian rutin dapat menyebabkan kulit berwarna kuning yang sulit dihilangkan. Warna kuning bukan karena penyakit kuning, namun karena kunyit merupakan sumber pewarna alami.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Lemon dan Madu

  • Khasiat lemon sebagai penghilang jerawat – Lemon merupakan sumber asam sitrat alami yang digunakan untuk mengendalikan pH kulit.
  • Cara pemakaian lemon sebagai masker jerawat – Oleskan paduan lemon (1 sendok teh) dengan madu (2 sendok makan) ). Lalu diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan 2 kali sehari di pagi dan malam, selama 1 bulan.
  • Efek samping lemon dalam mengatasi jerawat – Pemakaian lemon tanpa bahan paduan lainnya dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan menimbulkan iritasi kulit.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Lidah Buaya dan Madu

  • Khasiat lidah buaya sebagai penghilang jerawat – Lidah buaya memiliki kemampuan untuk melembutkan kulit dan cocok untuk kulit sensitif.
  • Cara pemakaian lidah buaya sebagai masker jerawat – Oleskan campuran lidah buaya (2 sendok makan bagian dalamnya) dengan madu (2 sendok makan). Lalu diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan 2 kali sehari di pagi dan malam, selama 1 bulan.
  • Efek samping lidah buaya dalam mengatasi jerawat – Hingga kini belum ada yang melaporkan keluhan karena pemakaian lidah buaya.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Minyak Kelapa dan Madu

  • Khasiat minyak kelapa sebagai penghilang jerawat – Minyak kelapa memiliki kemampuan untuk menyuburkan dan melembabkan kulit kering karena jerawat.
  • Cara pemakaian minyak kelapa sebagai masker jerawat – Oleskan kombinasi minyak kelapa (2 sendok makan) dengan madu (2 sendok makan). Lalu diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan 2 kali sehari di pagi dan malam, selama 1 bulan.
  • Efek samping minyak kelapa dalam mengatasi jerawat – Karena sifatnya melembabkan kulit kering, maka tidak cocok bagi jerawat yang disertai dengan kondisi kulit berminyak. Hal ini justru dapat memperparah jerawat yang dialami penderitanya.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Minyak Zaitun dan Madu

  • Khasiat minyak zaitun sebagai penghilang jerawat – Minyak zaitun dipercaya bermanfaat guna menutrisi kulit dan menghilangkan bekas jerawat.
  • Cara pemakaian minyak zaitun sebagai masker jerawat – Oleskan kombinasi minyak zaitun (2 sendok makan) dengan madu (2 sendok makan). Lalu diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan 2 kali sehari di pagi dan malam, selama 1 bulan.
  • Efek samping minyak zaitun dalam mengatasi jerawat – Belum ada keterangan efek samping sehubungan dengan penggunaan minyak zaitun. Beberapa riset menyatakan bahwa penggunaan langsung minyak zaitun dapat membantu mengurangi timbulnya reaksi alergi maupun penyakit peradangan kulit.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Oatmeal dan Madu

  • Khasiat oatmeal sebagai penghilang jerawat – Oatmeal memiliki kandungan saponin yang dipercaya mampu membersihkan kulit dalam kadar tertentu dan berfungsi sebagai antibiotik alami.
  • Cara pemakaian oatmeal sebagai masker jerawat – Oleskan gabungan oatmeal (1/2 cangkir oatmeal yang sudah dimasak) serta madu (2 sendok makan). Lalu diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan 2 kali sehari di pagi dan malam, selama 1 bulan.
  • Efek samping oatmeal dalam mengatasi jerawat – Belum ada keterangan efek samping sehubungan dengan penggunaan oatmeal bagi permukaan kulit.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Pala dan Madu

  • Khasiat pala sebagai penghilang jerawat – Pala memiliki kandungan antijamur dan antibakteri, sehingga dapat mengurangi infeksi pada pori-pori kulit.
  • Cara pemakaian pala sebagai masker jerawat – Oleskan oplosan pala (2 sendok makan) dengan madu (2 sendok makan). Lalu diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan 2 kali sehari di pagi dan malam, selama 1 bulan.
  • Efek samping pala dalam mengatasi jerawat – Belum ada keterangan efek samping sehubungan dengan penggunaan pala bagi permukaan kulit.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Pepaya dan Madu

  • Khasiat pepaya sebagai penghilang jerawat – Kandungan likopen pada pepaya membantu mengurangi jerawat dan berfungsi sebagai antioksidan alami.
  • Cara pemakaian pepaya sebagai masker jerawat – Oleskan ramuan pepaya matang (2 sendok makan dilumatkan) dengan madu (2 sendok makan). Lalu diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan 2 kali sehari di pagi dan malam, selama 1 bulan.
  • Efek samping pepaya dalam mengatasi jerawat – Penggunaan pepaya yang belum matang dapat menimbulkan reaksi alergi karena getah yang dihasilkannya.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Stroberi dan Madu

  • Khasiat stroberi sebagai penghilang jerawat – Stroberi memiliki kandungan asam salisilat yang sering digunakan untuk mengatasi gangguan kulit. Khususnya gangguan kulit yang dapat menimbulkan penebalan jaringan kulit.
  • Cara pemakaian stroberi sebagai masker jerawat – Oleskan perpaduan stroberi (3 buah yang dilumatkan) dengan madu (2 sendok makan). Lalu diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan 2 kali sehari di pagi dan malam, selama 1 bulan.
  • Efek samping stroberi dalam mengatasi jerawat – Tidak cocok bagi kulit sensitif yang alergi terhadap stroberi atau lateks.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Teh dan Madu

  • Khasiat teh sebagai penghilang jerawat – Teh dikenal memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu menolak radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit.
  • Cara pemakaian teh sebagai masker jerawat – Oleskan rebusan teh (2 sendok daun teh yang sudah hancur) dengan madu (2 sendok makan). Lalu diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan 2 kali sehari di pagi dan malam, selama 1 bulan.
  • Efek samping teh dalam mengatasi jerawat – Belum ada keterangan efek samping sehubungan dengan penggunaan teh bagi permukaan kulit.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Timun dan Madu

  • Khasiat timun sebagai penghilang jerawat – Timun memiliki kandungan vitamin E yang dapat membantu mengurangi kerusakan kulit karena jerawat.
  • Cara pemakaian timun sebagai masker jerawat – Oleskan adukan timun (1 buah dihaluskan) dengan madu (2 sendok makan). Lalu diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan 2 kali sehari di pagi dan malam, selama 1 bulan.
  • Efek samping timun dalam mengatasi jerawat – Belum ada keterangan efek samping terkait dengan timun bagi kesehatan kulit.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Tomat dan Madu

  • Khasiat tomat sebagai penghilang jerawat – Tomat juga mengandung likopen yang mampu membantu proses regenerasi kulit rusak.
  • Cara pemakaian stroberi sebagai masker jerawat – Oleskan campuran tomat (1 buah yang dihancurkan) dengan madu (2 sendok makan). Lalu diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan 2 kali sehari di pagi dan malam, selama 1 bulan.
  • Efek samping tomat dalam mengatasi jerawat – Tidak cocok bagi kulit sensitif yang alergi terhadap tomat atau lateks.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Susu dan Madu

  • Khasiat susu sebagai penghilang jerawat – Susu mengandung asam laktat, laktoferin maupun lasozyme yang dapat menghaluskan permukaan kulit.
  • Cara pemakaian susu sebagai masker jerawat – Oleskan larutan susu (2 sendok makan) dengan madu (2 sendok makan). Lalu diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan 2 kali sehari di pagi dan malam, selama 1 bulan.
  • Efek samping susu dalam mengatasi jerawat – Tidak cocok bagi kulit sensitif yang alergi terhadap susu.

Kombinasi Menghilangkan Jerawat Dengan Yogurt dan Madu

  • Khasiat yogurt sebagai penghilang jerawat – Yogurt memiliki kandungan zinc sebanyak 2 mg yang membantu atasi beragam masalah kulit termasuk mengurangi jerawat hingga 50%.
  • Cara pemakaian yogurt sebagai masker jerawat – kombinasi yogurt (2 sendok makan) dengan madu (2 sendok makan). Lalu diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan 2 kali sehari di pagi dan malam, selama 1 bulan.
  • Efek samping yogurt dalam mengatasi jerawat – Masih perlu diteliti lebih jauh, namun perlu diketahui bahwa yogurt sendiri mengandung bakteri Lactobacillus yang dipercaya bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Apakah bakteri ini membawa pengaruh langsung saat terkena jerawat, masih belum diketahui dampaknya.

Demikianlah ragam informasi menarik seputar 25 tips menghilangkan jerawat dengan madu. Beserta dengan kombinasi penghilang jerawat dengan madu dan bahan alami lainnya. Memang sekalipun bahan dasarnya bersifat alami, tidak semua jenis kulit dapat memperoleh manfaat dari masker jerawat alami ini.

Baca juga:  Cara Mengatasi Jerawat dengan Ramuan Temukunci

Beberapa cara penghilang jerawat alami ialah selalu menjaga kebersihan kulit wajah dengan membasuhnya dengan air bersih. Air hangat dapat membantu memperbesar pori-pori kulit guna mengeluarkan kotoran yang tersumbat pada permukaan kulit wajah. Sedangkan air dingin mengecilkan pori-pori dan memberikan kesegaran tersendiri bagi kulit Anda.

Tahukah Anda! Noni Juice Atasi Jerawat Secara Alami

Pengobatan jerawat tidak hanya dilakukan dari luar tubuh. Ternyata ada beragam jenis bahan alami yang mampu membantu proses pemulihan dan regenerasi sel kulit dari dalam tubuh.

Nah, salah satunya ialah Noni Juice yang terkenal dengan khasiatnya dalam merangsang tubuh untuk menghasilkan Nitrit Oksida. Komponen senyawa ini diyakini mampu membunuh infeksi bakteri. Lalu apa kaitannya dengan jerawat?

Banyak orang mengira bahwa timbulnya jerawat itu karena pengaruh hormon atau hygiene. Sebenarnya itu hanyalah faktor yang mendukung terjadinya jerawat, namun bukan penyebab utamanya. Penyebab utama jerawat ialah keberadaan bakteri P. Acne.

Ternyata, Nitrit Oksida pada Noni Juice mampu mencegah bakteri P. Acne agar tidak mengakibatkan peradangan. Hal ini dilakukan dengan membersihkan keberadaan bakteri dan menghambat proses perkembangan bakteri dari pengaruh imun bawaan.

Sumber: The National Center for Biotechnology Information – Nitric Oxide Prevent Propionibacterium Acnes

Masih ada begitu banyak informasi menarik dan informatif terkait dengan cara menghilangkan jerawat secara tradisional dengan menggunakan bahan alami lainnya. Adapula cara menghilangkan jerawat secara medis yang dilakukan dengan bantuan tenaga profesional.

Namun perlu Anda ingat, mengatasi jerawat tidak selalu cepat dan tepat. Faktor penentunya ialah kondisi kulit, jenis jerawat, lingkungan yang Anda hadapi sehari-hari dan pengobatan yang  Anda jalani.

Nantikan pembahasan lebih lanjut sehubungan dengan penyebab jerawat, ciri-ciri jerawat dan pengobatan jerawat yang mudah ditemukan dalam artikel lainnya. Simak terus artikel tepercaya, menarik dan informatif lainnya – hanya di deherba.

Advertisement
Alinesia