Ciri-Ciri Jerawat Yang Mudah Dikenali


By Fery Irawan

JerawatAcne merupakan gangguan kulit yang ditandai dengan munculnya bintik kemerahan. Namun, ciri-ciri jerawat tidak selalu ditandai dengan adanya bintik merah. Tanda-tanda jerawat bergantung pada jenis yang Anda alami. Secara umum, jerawat dikelompokan kedalam 2 jenis, yakni; jerawat yang meradang atau jerawat yang tidak meradang. Tentu saja ciri-ciri kedua jenis gangguan kulit ini tidaklah sama. Apa sajakah itu?

Dalam artikel ini Anda akan menemukan informasi seputar ciri-ciri jerawat baik yang meradang atau tidak meradang. Menurut verywell, jenis penyakit lain juga dapat menimbulkan gejala yang sama. Dengan bantuan dokter kulit, maka hal ini dapat dikenali dengan mudah.

Ciri-Ciri Jerawat Yang Tidak Meradang

Setidaknya ada 4 jenis jerawat yang tidak meradang, yaitu; Komedo Terbuka (Open Comedones), Komedo Tertutup – Lunak (Soft Closed Comedones), Komedo Tertutup – Keras (Hard Closed Comedones) dan Komedo Mikro (Microcomedones).

Ciri-ciri jerawat yang tidak meradang biasanya ditandai dengan munculnya noda pada permukaan pori-pori kulit yang tampak seperti debu. Jerawat jenis ini berbeda dengan jerawat yang meradang. Banyak orang mengenalnya dengan istilah komedo, namun tak banyak orang mengetahui bahwa komedo merupakan salah satu jenis jerawat.

Komedo Terbuka – (Open Comedones)

Komedo terbuka disebut juga ‘blackhead’. Jerawat yang tidak meradang ini mudah dikenali dengan munculnya warna coklat gelap sampai hitam pada pori-pori permukaan kulit.

Komedo Tertutup Lunak – (Soft Closed Comedones)

Komedo tertutup jenis ini ditandai dengan munculnya benjolan, namun tidak terasa sakit atau berwarna merah.

Komedo Tertutup Keras – (Hard Closed Comedones)

Komedo tertutup jenis ini sering disebut dengan istilah ‘milia’ yang ditandai dengan ‘whiteheads’ atau benjolan putih seperti mata yang bertekstur keras. Benjolan ini tidak berwarna merah dan terasa sakit. Sekalipun Anda mencoba untuk memecahkannya, ini tidak akan hilang begitu saja. Tapi, jangan coba memecahkannya ya! Infeksi bisa terjadi dan menyebabkan peradangan kulit, karena luka yang Anda buat sendiri.

Komedo Mikro – (Microcomedones)

Jerawat jenis ini sangat sulit dilihat oleh ‘mata telanjang’, karena ukurannya yang sangat kecil.

Jerawat yang tidak meradang biasanya tidak ditandai dengan kemunculan bintik merah yang disertai dengan benjolan atau lesi. Namun, saat bakteri masuk kedalamnya terjadilah jerawat yang meradang. Jerawat yang meradang butuh penanganan ekstra salah satunya ialah konsumsi obat jerawat alami, guna mengatasi komplikasi serangan kanker yang bisa saja terjadi.

Baca Juga:  7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang 100% Alami

Ciri-Ciri Jerawat Yang Meradang

Sedangkan, untuk jenis jerawat yang meradang dikelompokan kedalam 3 jenis, yaitu; nodular, cystic, dan kombinasi keduanya disebut juga nodulocystic acne.

Peradangan kulit merupakan salah satu ciri-ciri jerawat yang meradang. Hal ini terjadi karena keberadaan bakteri penyebab jerawat yang berkembang didalam pori-pori kulit. Jerawat yang meradang ditandai dengan noda yang berwarna kemerahan dan pembengkakan.

Setidaknya ada 3 jenis jerawat yang meradang, yaitu; nodular, cystic, dan nodulocystic acne. Peradangan yang ditimbulkan oleh ketiga jenis jerawat ini memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda, mulai dari ringan hingga parah. Jerawat yang meradang bisa tumbuh di sekujur tubuh Anda, bisa diwajah, punggung, dada, bahu, bahkan pantat. Jerawat ini juga tidak pandang usia baik itu bayi, remaja, hingga orang dewasa.

Nodular Acne

Jerawat ini biasanya timbul di wajah, punggung dan bagian tubuh lainnya. Ditandai dengan keberadaan jerawat berukuran besar dan terasa sakit, berbeda pada jenis jerawat yang umum. Selain itu, jenis ini cenderung berakar lebih dalam dibawah lapisan kulit terdalam dan seringkali bertekstur keras. Maka dari itu keberadaanya tak mudah hilang begitu saja, bahkan dapat menetap berbulan-bulan. Ciri-ciri jerawat nodular ini, juga dapat menimbulkan ‘whiteheads’. Peradangannya bisa menyebar ke area tubuh lainnya dan membutuhkan penangan ekstra dari dokter kulit.

Cystic Acne

Jerawat ini biasanya timbul di wajah dan area tubuh lainnya. Ditandai dengan keberadaan jerawat yang bisa bertambah besar dan lunak, hingga mencapai beberapa sentimeter. Jerawat ini merupakan jerawat yang sangat serius, mengingat didalamnya tampak seperti cairan yang menggumpal dan terasa sakit. Jenis jerawat ini juga membutuhkan penanganan dari dokter kulit.

Nodulocystic Acne

Jerawat ini merupakan gabungan dari Nodular Acne dan Cystic Acne yang biasanya muncul pada wajah, leher, punggung, dada dan bahu. Penderitanya mutlak perlu mendapatkan penanganan dari dokter kulit. Mengingat jerawat ini bisa menimbulkan luka yang lebih dalam dan terasa sangat menyakitkan.

Apa dampak serius yang bisa terjadi jika gangguan kulit ini dibiarkan begitu saja? Mengapa penting untuk melakukan pemeriksaan diri saat gejala-gejalanya muncul? Bagaimana meringankan gejala yang muncul sebelum melakukan pemeriksaan ataupun pengobatan? Cari tahu lebih banyak mengenai pengobatan jerawat dalam artikel berikutnya!

Baca Juga:  Obat Jerawat Alami Yang Mudah Ditemukan

Demikianlah beberapa informasi penting seputar ciri-ciri jerawat. Waspadalah terhadap 4 jenis jerawat yang tidak meradang, maupun 3 jenis jerawat yang meradang tersebut. Keberadaan jerawat tak bisa diabaikan begitu saja, luka yang lebih dalam akan membekas dan sulit untuk dihilangkan. Nantikan informasi penting lainnya seputar gangguan kesehatan, tips hidup sehat, maupun pengobatan alternatif alami – hanya di deherba.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}