Penanganan Alternatif dengan Obat Tradisional Darah Tinggi

528

Diedit:

Tak selamanya masalah tekanan darah tinggi harus diatasi dengan pengobatan medis. Karena terbukti bahwa masih banyak obat tradisional darah tinggi yang sebenarnya bisa Anda manfaatkan sebagai pengobatan alternatif untuk mengatasi keluhan hipertensi.

Hipertensi secara umum disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti tingginya kadar sodium dalam darah sehingga memberi efek negatif terhadap keseimbangan elektrolit dalam darah, kondisi ini ditambah kondisi tingginya kadar kolesterol dalam darah bisa membuat darah mengalami peningkatan volume dan mengental. Ini menyebabkan terjadinya tekanan dalam aliran darah terhadap pembuluh darah, mendesak pembuluh darah hingga menjadi lebih tegang.

Kondisi ini diperparah ketika terjadi areoklerosis dimana muncul plak pengendapan kolesterol yang menjadi penyebab penyempitan pembuluh darah, kerusakan elastisitas dinding pembuluh darah dan pada kondisi yang berat menyebabkan dinding pembuluh darah menjadi kaku dan akhirny rapuh.

Itu sebabnya dalam mengatasi hipertensi biasanya secara medis pasien akan menjalani terapi ganda. Yakni terapi untuk membantu meredakan tekanan darah dan membantu menjaga kondisi pembuluh darah demi mencegah terjadinya kondisi penyempitan yang kronis dan bisa memicu terjadinya stroke.

Penanganan dengan Obat Tradisional Darah Tinggi

Bila demikian faktanya, untuk menangani hipertensi Anda memerlukan obat herbal dengan kemampuan kerja atau khasiat ganda, yakni sebagai penurun tekanan darah dan membantu mengatasi pelarutan kolesterol dan sodium dalam darah, mengatasi dan mencegah pembentukan plak endapan kolesterol dalam pembuluh darah dan membantu mengatasi kerusakan sel yang timbul karena efek pembentukan plak kolesterol tadi.

Dengan demikian, maka berikut ini beberapa pilihan obat tradisional darah tinggi yang mampu bekerja secara tuntas dalam mengatasi keluhan hipertensi.

  • Akar pule pandak

    Konsumsi air rebusan 50 gram akar pule pandak setidaknya 2 kali 100 cc tiap harinya. Konsumsi setidaknya 3 hari untuk hasil optimal dan lanjutkan sebesar ½ takaran untuk membantu meluruhkan kolesterol dalam darah. Akar pule pandak mengandung sejumlah senyawa baik untuk hipertensi seperti quertery, serpentin, sarpagin dan samantin. Senyawa ini baik untuk membantu mengembalikan kondisi tekanan darah dan membantu mengangkat endapan kolesterol dalam darah dan pembuluh darah.

  • Daun meniran

    Untuk mengkonsumsi herbal daun meniran, cukup dengan menghaluskan daun seprempat genggam daun meniran lalu aduk dengan air panas. Setelahnya peras dan minum segera. Ulangi setidaknya 3 kali sehari ketika kondisi tekanan darah tengah tinggi dan lanjutkan dengan terapi sebanyak 2 kali sehari setelahnya untuk membantu mencegah kondisi berulang. Rahasia dari meniran ternyata terletak pada kandungan flavonoidnya yang hadir dalam setidaknya 20 formula yang dianggap baik mengatasi tekanan darah tinggi dan pengendapan kolesterol dalam darah.

  • Asam trengguli

    Asam trengguli akan lebih berkhasiat ketika Anda konsumsi tanpa dimasak, jadi sebaiknya untuk obat tradisional darah tinggi dengan asam trengguli, cukup dengan memarut 3 jari asam trengguli, kemudian diperas dan dicampurkan dengan madu. Lakukan berulang sampai 3 kali bila memang diperlukan. Kandungan saponin, flavonoid, tannin dan pectin merupakan rahasia dari khasiat asam trengguli ini.

  • Daun pegagan

    Minum air rebusan 20 lembar daun pegagan. Gunakan air banyak 3 gelasdan masak sampai tersisa separuh untuk Anda bagi dalam 3 porsi minum. Lakukan berulang beberapa hari untuk hasil optimal. Daun pegagan memiliki kemampuan membantu mengembalikan kadar elektrolit darah dan membantu mengatasi endapan kolesterol karena pengaruh potasium serangkaian jenis antioksidan dan beberapa senyawa asam yang membantu meredakan kadar kolesterol dalam darah

Baca juga:  Pantangan bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

Pilihan Terbaik Obat Tradisional Darah Tinggi

Dari sekian banyak pilihan untuk obat tradisional darah tinggi, terdapat satu herbal yang belakangan mendapat perhatian dunia sebagai salah satu pilihan terbaik untuk pengobatan alternatif untuk tekanan darah tinggi.

Adalah Noni Juice, juice yang berasal dari buah noni, sejenis buah khas dari kawasan Asia dan Pasifik yang lebih dikenal dengan aroma khasnya yang tajam dan kurang enak. Meski beraroma tak sedap, buah ini tetap menjadi favorit karena rasa segarnya dan khasiatnya yang beragam, termasuk untuk membantu mengatasi keluhan hipertensi.

Buah noni sudah lama dikenal di Indonesia dan di berbagai negara di kawasan Pasifik sebagai obat tradisional untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Dan fakta ini kemudian menjadi dasar bagi seorang pakar medis dari University Johns Hopkins untuk mengembangkan sebuah penelitan terbesar terhadap buah noni.

Penelitian ini menggunakan setidaknya 25.314 asien dengan beragam kasus penyakit dan beragam latar belakang dari setidaknya 80 negara. Penelitian ini juga melibatkan 1.227 pakar kesehatan dari seluruh dunia. Khusus untuk kasus tekanan darah tinggi, setidaknya 1.869 pasien ambil bagian dan menghasilkan temuan bahwa setidaknya 84% dari total pasien hipertensi bisa terbantu untuk sembuh berkat asupan Noni Juice 98% selama 1 bulan dengan asupan 30 cc perhari.

Rahasia utama dari Noni Juice sebagai obat tradisional darah tinggi terbaik terletak pada perpaduan apik antara mineral penurun tekanan darah seperti potasium, selenium dan magnesium, dengan beberapa jenis vitamin dan senyawa antioksidan penting seperti flavonoid, proxeronin, scolopetin, terpenoid, soranjidiol, saponin alkaloid dan damnachantal yang membantu mengatasi keluhan hipertensi dengan tepat sasaran.

Meski diakui potasium memiliki efek samping terhadap ginjal, tetapi dengan konsumsi yang bijak sebenarnya Noni Juice cenderung aman untu dikonsumsi rutin. Potasium dalam noni relatif medium sehingga tidak terlalu membebani ginjal tetapi cukup efektif memperbaiki kondisi elektrolit darah.

Baca juga:  Konsumsilah Minuman-Minuman Penurun Tekanan Darah!

Selain itu, dalam Noni Juice juga terdapat kandungan scolopetin yang baik untuk membantu melebarkan kembali pembuluh darah. Fungsi ini tidak hanya baik untuk penderita tekanan darah tinggi, karena dengan pembuluh darah yang melebar aliran darah akan lebih lancar dan ini jelas berefek positif baik pada pengidap hipertensi maupun non-hipertensi.

Scolopetin juga bisa menekan kerusakan sel pada pembuluh darah. Pembuluh darah kembali elastis dan membantu mengatasi penyempitan dengan meregangkan jaringan pembuluh darah.Scolopetin juga baik untuk membantu meregangkan sel saraf sehingga dapat mengatasi keluhan depresi dan stres yang berimbas pada kondisi tekanan darah. Berpadu dengan nitrit oksida yang efektif membantu melemaskan pembuluh darah yang tegang, maka hasilnya akan lebih efektif.

Kandungan terpenoid dan damnachantalnya akan membantu memperbaiki kerusakan sel. Masalah kerusakan sel cukup rentan terjadi pada kasus tekanan darah tinggi baik itu kerusakan pada sel-sel pembuluh darah maupun pada sel-sel tubuh lain yang tidak mendapatkan cukup asupan darah akibat aliran darah yang tidak lancar. Peran terpenoid dan damnachantal di sini membantu menekan efek kerusakan dan meremajakan sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan dan penurunan kondisi.

Jangan lupa kehadiran senyawa flavonoid dan senyawa xeronin dan proxeronin yang membantu Anda memaksimalkan pembuangan, membersihkan darah dari endapan kolesterol yang tidak berguna dan membantu memperbaiki metabolisme. Metabolisme berperan besar untuk membantu membersihkan darah dari endapan kolesterol. Tambahkan pula peran serat dan senyawa moridon yang akan mengalirkan endapan lemak dan kolesterol ini melalui pembuangan.

Dan terakhir adalah kandungan senyawa soranjidiol. Meski dalam porsi kecil perannya cukup besar untuk membantu mendorong pembuangan toksin, mencairkan darah dan membantu melancarkan buang air kecil. Ini akan sangat membantu menekan efek samping dari potasium terhadap ginjal. Selama Anda imbangi dengan minum air putih yang cukup banyak potasium pada Noni Juice cenderung aman untuk Anda konsumsi rutin.

Dari gambaran di atas Anda bisa melihat sendiri, bagaimana Noni Juice adalah pilihan terbaik obat tradisional darah tinggi. Noni Juice memiliki kemampuan membantu mengatasi hipertensi dengan tuntas, baik kondisi komposisi darah, kondisi pembuluh darah juga mengatasi sel-sel yang menurun fungsi karena efek hipertensi. Termasuk pula kemampuan Noni Juice untuk menekan efek samping dari pengobatan rutin terhadap herbal ini. Masih mau cari obat tradisional darah tinggi lain?