Peluang Sembuh Kanker Nasofaring pada Stadium 1-4

368
bagaimana peluang sembuh kanker nasofaring?
Ilustrasi Pita Kanker Nasofaring (Credit: Chinnapong / Adobe Stock)

Diedit:

Sebagai penyakit kanker terbanyak ke-5 di Indonesia sepanjang tahun 2018, kanker nasofaring tentunya sudah memakan banyak korban. Jika Anda salah satu penderita kanker nasofaring, kemungkinan besar bertanya-tanya bagaimana peluang sembuh Anda. Banyak orang bilang kanker dari stadium awal masih bisa disembuhkan, tapi apakah penderita kanker nasofaring stadium 4 masih punya peluang sembuh?

Artikel ini akan menjelaskan tentang harapan kesembuhan pada setiap stadium kanker nasofaring, mulai dari stadium 1 hingga stadium 4. Namun agar lebih paham mengenai harapan kesembuhan dari penyakit kanker ini, ada baiknya Anda mengerti dulu apa sebenarnya yang dimaksud ketika seseorang dinyatakan sembuh dari kanker.

Peluang Sembuh Kanker Nasofaring

Sebenarnya istilah sembuh kurang tepat untuk menggambarkan kesembuhan dari penyakit kanker. Istilah yang lebih tepat adalah remisi. Remisi merupakan kondisi dimana kanker tidak lagi terdeteksi di dalam tubuh saat dilakukan pemeriksaan medis, dan pasien tidak lagi mengalami gejala-gejala. Kondisi remisi juga dapat disebut “No Evidence of Disease” (tidak ada tanda-tanda kanker) atau NED.

Kondisi remisi bisa sementara, bisa juga permanen. Jadi meski dinyatakan telah mengalami kesembuhan, seseorang tetap perlu waspada dengan kemungkinan kanker kambuh lagi. Meski kebanyakan kondis remisi sifatnya permanen, tetap dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk tahu caranya mengurangi risiko kanker kambuh lagi dan agar siap jika suatu saat kankernya kambuh.

Bagaimana peluang kanker nasofaring untuk mengalami remisi? Seorang penderita kanker nasofaring perlu menyadari bahwa peluang sembuh mereka tergantung pada beberapa faktor, yang terutama adalah stadium kankernya. Dalam hal kanker, peluang sembuh disebut sebagai “prognosis”. Prognosis kanker sering kali diukur berdasarkan “angka ketahanan hidup 5 tahun”.

Angka ketahanan hidup tersebut didapatkan dari pengukuran berapa persen orang dengan jenis dan stadium kanker yang sama yang masih hidup dalam jangka waktu 5 tahun. Angka ini dapat memberikan gambaran tentang seberapa besar peluang pengobatan kanker untuk berhasil.

Prognosis Kanker Nasofaring Berdasarkan Stadium


  • Stadium 1: Angka ketahanan hidup 5 tahun sebesar 72%
  • Stadium 2: Angka ketahanan hidup 5 tahun sebesar 64%
  • Stadium 3: Angka ketahanan hidup 5 tahun sebesar 62%
  • Stadium 4: Angka ketahanan hidup 5 tahun sebesar 38%

Faktor yang Memengaruhi Prognosis Kanker Nasofaring

Peluang sembuh dari kanker nasofaring memang paling banyak bergantung pada stadium saat pasien pertama terdiagnosis, apakah ia masih di stadium awal (1 – 3) atau sudah stadium 4. Namun bukan hanya stadium, prognosis juga dipengaruhi oleh berbagai faktor lain seperti:

  • Seberapa besar ukuran dari tumor atau kanker.
  • Apakah kanker sudah menyebar ke kelenjar-kelenjar getah bening di leher.
  • Sebanyak apa tingkat penanda (marker) antibodi EBV dan EBV-DNA dalam darah pada sebelum dan sesudah perawatan.
  • Berapa usia pasien.
  • Berapa lama jangka waktu antara biopsi dan memulai terapi radiasi.
  • Bagaimana riwayat kesehatan keluarganya.
  • Apakah pasien seorang perokok.
  • Apakah pasien sering mengonsumsi ikan asin.
Baca juga:  Pengobatan Kanker Nasofaring Tradisional Khas Indonesia

Selain memengaruhi peluang sembuh dari kanker nasofaring, sebagian faktor di atas juga perlu dipertimbangkan oleh dokter pada saat menentukan metode pengobatan bagi pasiennya. Pada umumnya dokter menggunakan terapi radiasi, kemoterapi, atau operasi untuk pengobatan kanker nasofaring.

Peluang Sembuh dari Kanker Nasofaring Stadium 1 – 3

Bila Anda terdiagnosis kanker nasofaring stadium 1 – 3, itu artinya Anda masih punya peluang cukup besar untuk bertahan hidup. Angka ketahanan hidup 5 tahun pada stadium 1 sebesar 72%; artinya 72 dari 100 pasien diperkirakan akan bertahan hidup sedikitnya 5 tahun setelah terdiagnosis.

Pada stadium 2 sebesar 64%; berarti 64 dari 100 pasien diperkirakan akan bertahan hidup sedikitnya 5 tahun setelah diagnosis. Dan pada stadium 3 sebesar 64%; jadi ada 62 dari 100 pasien yang diperkirakan bertahan sedikitnya 5 tahun ke depan pasca diagnosis.

Jika stadium kanker masih di tahap paling awal, yaitu di stadium 1, sering kali dokter menggunakan terapi radiasi untuk mencoba menghilangkan tumor atau kanker di nasofaring. Pada stadium 2, dokter mungkin akan menggabungkan perawatan antara kemoterapi dan terapi radiasi, yang kemudian dilanjutkan dengan kemoterapi.

Untuk mengobati kanker stadium 3, dokter biasanya menggunakan beberapa jenis perawatan seperti gabungan kemoterapi dan terapi radiasi, terapi radiasi saja, atau terapi radiasi yang dilanjutkan dengan operasi.

Peluang Sembuh dari Kanker Nasofaring Stadium 4

Bila Anda terdiagnosis kanker nasofaring stadium 4, itu artinya Anda sudah memasuki stadium tahap lanjut. Kanker stadium 4 memiliki tiga tahapan yakni 4A, 4B, dan 4C. Berikut penjelasan dari masing-masing tahapan:

  • Stadium 4A: Kanker sudah tumbuh di dalam tengkorak. Mungkin di saraf kranial, mata atau jaringan sekitarnya, atau di bagian bawah tenggorokan. Mungkin ada sel-sel kanker di kelenjar getah bening di salah satu atau di kedua sisi leher. Kelenjar-kelenjar ini berukuran lebih kecil dari 6 cm dan di bagian atas tulang selangka. Namun kanker masih belum menyebar ke tempat lain.
  • Stadium 4B: Kanker mungkin sudah tumbuh ke jaringan atau tulang terdekat. Kanker telah menyebar ke setidaknya satu kelenjar getah bening yang berukuran lebih besar dari 6 cm, atau ke kelenjar getah bening di daerah tulang selangka, atau ke dua-duanya. Namun kanker belum menyebar ke tempat lain.
  • Stadium 4C: Kanker telah menyebar ke tempat-tempat tubuh lainnya, misalnya ke paru-paru.
Baca juga:  Waspadai Timbulnya Kanker Nasofaring

Peluang sembuh atau prognosis dari kanker nasofaring stadium 4 diukur berdasarkan angka ketahanan hidup 5 tahun. Angka ketahanan hidup 5 tahun dari kanker nasofaring stadium 4 berada pada kisaran 38%; artinya diperkirakan 38 dari 100 pasien akan bertahan hidup sedikitnya 5 tahun setelah terdiagnosis.

Meski memiliki prognosis yang paling rendah di antara stadium lainnya, namun kanker stadium 4 tetap bisa diobati secara efektif. Untuk stadium ini dokter umumnya menggunakan lebih dari satu jenis perawatan, misalnya gabungan kemoterapi dengan terapi radiasi, terapi radiasi yang dilanjutkan dengan operasi, dan kemtoerapi untuk kanker yang telah menyebar ke bagian tubuh lain.

Kesimpulan tentang Peluang Sembuh Kanker Nasofaring

Kesembuhan dari penyakit kanker disebut dengan istilah remisi. Remisi artinya tidak ada lagi tanda-tanda kanker di dalam tubuh seseorang pada saat dilakukan pemeriksaan medis. Bagaimana dengan peluang pasien kanker nasofaring untuk mengalami kesembuhan?

Peluang sembuh dari kanker disebut sebagai prognosis dan biasanya diukur berdasarkan angka ketahanan hidup 5 tahun. Seseorang yang terdiagnosis kanker nasofaring stadium 1 – 3 punya peluang sembuh yang lebih besar daripada seseorang yang terdiagnosis stadium 4. Angka ketahanan hidup untuk kanker nasofaring stadium 1, 2, 3, dan 4 adalah sebagai berikut (secara berurutan): 72%, 64%, 62%, dan 38%.

Meski punya peluang yang paling sedikit, kanker nasofaring stadium 4 tetap bisa diobati secara efektif. Selain bergantung pada stadium kankernya, prognosis kanker nasofaring juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lain seperti: ukuran kanker, penyebaran kanker, dan tingkat antibodi EBV dan EBV-DNA pada darah.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang peluang sembuh kanker nasofaring. Semoga informasi ini dapat memotivasi Anda yang sedang berjuang menghadapi penyakit ini. Temukan ulasan-ulasan menarik lainnya seputar penyakit kanker nasofaring hanya di Deherba.com.


Referensi Peluang Sembuh Kanker Nasofaring:

Cancer.Net. Nasopharyngeal Cancer: Statistics. Published: January 2019. URL: https://www.cancer.net/cancer-types/nasopharyngeal-cancer/statistics. Accessed: 2019-07-31

NIH. Nasopharyngeal Cancer Treatment (Adult) (PDQ®)–Patient Version. Updated: 2019-07-26. URL: https://www.cancer.gov/types/head-and-neck/patient/adult/nasopharyngeal-treatment-pdq. Accessed: 2019-07-31

Cancer Research UK. Nasopharyngeal Cancer – Number Stages. Reviewed: 2018-03-05. URL: https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/nasopharyngeal-cancer/stages/number. Accessed: 2019-07-31

NHS. Nasopharyngeal Cancer. Reviewed: 2018-08-10. URL: https://www.nhs.uk/conditions/nasopharyngeal-cancer/. Accessed: 2019-07-31

Cancer.Net. Nasopharyngeal Cancer: Treatment Options. Published: July 2017. URL: https://www.cancer.net/cancer-types/nasopharyngeal-cancer/treatment-options. Accessed: 2019-07-31