Obat Penurun Kolesterol Tinggi yang Terbukti Ampuh


By Cindy Wijaya

Bahaya kolesterol tinggi harus Anda kenal, apa dampak buruknya bagi kesehatan Anda, dan penyakit apa saja yang dapat ditimbulkan jika tubuh Anda menumpuk banyak kolesterol jahat? Dengan mengetahui semua itu, maka Anda akan lebih bijak dalam memilih makanan dan mengatur gaya hidup keseharian Anda. Artikel ini akan membahas tentang obat herbal penurun kolesterol tinggi yang memang terbukti ampuh dan aman untuk digunakan.

Apalagi di jaman sekarang ini, makanan banyak yang memiliki kolesterol tinggi, belum lagi trend makanan Barat yang masuk ke negara Indonesia. Di balik rasanya yang lezat, ternyata bahaya kolesterol menanti. Mari baca selengkapnya.

Bahaya Kolesterol Tinggi pada Diri Anda

Kembali ke topik sebelumnya terkait bahaya kolesterol tinggi. Di sini, kolesterol tinggi itu berarti kolesterol yang tipe LDL, sebab kolesterol HDL adalah kolesterol baik. Apabila jumlah kolesterol jahat atau LDL di tubuh seseorang melebihi batas normal pada darah, maka kolesterol tersebut akan diendapkan di dinding pembuluh darah. Selanjutnya akan membentuk bekuan yang bisa menyumbat pembuluh darah Anda.

Sementara kolesterol HDL merupakan kebalikan dari kolesterol LDL, di mana fungsi dari HDL adalah membersihkan pembuluh darah, khususnya dari kolesterol LDL. Sehingga pembuluh darah akan lancar selalu.

Risiko Penyumbatan Pembuluh Darah

Apabila terjadi penyumbatan pembuluh darah karena kolesterol HDL (Seperti yang dijelaskan di atas), maka bisa mengakibatkan penyakit jantung koroner. Sebagai catatan, penyakit jantung koroner adalah penyakit yang bisa mengambil nyawa Anda sewaktu-waktu. Tak hanya itu, bahkan penyumbatan pembuluh darah ini juga dapat menyebabkan serangan penyakit stroke, jika pembuluh darah yang tersumbat adalah pembuluh darah otak.

Makanan Alami untuk Menurunkan Kolesterol

Tidak semua makanan itu meningkatkan kolesterol LDL yang bersifat jahat, namun beberapa jenis makanan alami justru bisa membantu menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh, adapun contoh-contoh makanan tersebut yaitu:

Kacang-kacangan

Mulai dari kacang mede, kacang almond, dan kacang tanah sama-sama merupakan bahan makanan yang bisa membantu tubuh mendapatkan lemak sehat. Lemak dari berbagai kacang alami ini yang tidak diproses dengan bahan kimia bisa membuat jantung Anda lebih sehat.

Lemak Ikan dan Salmon

Yang kedua adalah lemak ikan dan juga salmon. Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak dengan omega 3. Asam lemak omega 3 ini bisa membantu menjaga kesehatan jantung – Dari risiko serangan penyakit jantung, stroke, dan juga kolesterol tinggi. Sarden, ikan herring, dan ikan salmon bisa membantu menambah kadar kolesterol HDL yang merupakan kolesterol baik hingga 4%.

Dark Chocolate

Coklat yang berlabel “Dark chocolate” mempunyai kandungan antioksidan tinggi. Dengan mengkonsumsi dark chocolate, Anda bisa mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, ternyata masih banyak manfaat lain dari dark chocolate untuk kesehatan Anda.

Herbal Sarang Semut untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Selain bahan-bahan makanan alami di atas, ada beberapa herbal lainnya yang juga memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang tinggi di tubuh. Herbal tersebut tak lain adalah sarang semut. Sarang semut dengan kandungan magnesium bisa meningkatkan jumlah kolesterol HDL (Kolesterol baik).

Dengan jumlah kolesterol HDL yang meningkat, maka penyumbatan pada pembuluh darah oleh kolesterol LDL pun akan semakin turun risikonya. Dari sini, Anda sudah mengenal tentang bagaimana mengatasi kolesterol tinggi dengan makanan dan herbal alami. Tetapi Anda juga jangan lupa jauhi kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan mengandung kolesterol LDL tinggi. Sekian artikel tentang obat penurun kolesterol tinggi yang terbukti ampuh, semoga bermanfaat.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}