Obat Penurun Kolesterol dan Trigliserida Herbal Alami

661

Diedit:

Sebagian besar lemak di tubuh berupa kadar Trigliserida. Trigliserida sendiri dibagi menjadi 3 asam lemak yang terkombinasi menjadi molekul glycerol. Substansi tersebut benar-benar berbeda apabila Anda bandingkan dengan kolesterol. Namun sama seperti kolesterol, trigliserida juga termasuk komponen normal dari darah.

Jika Anda konsumsi makanan yang mengandung lemak, maka tingkat trigliserida dalam darah tubuh pun akan ikut meningkat, dan hal ini cenderung menambah kadar kolesterol juga. Terdapat beberapa jenis buah-buahan yang memiliki kandungan Trigliserida tinggi namun rendah kolesterol, contohnya durian, kelapa, juga buah alpukat. Mari baca selengkapnya.

Bahaya Kadar Trigliserida Terlalu Tinggi

Selain trigliserida, di dalam darah manusia juga ada kolesterol jahat yang disebut juga LDL, dan kolesterol baik yang disebut HDL. Trigliserida yang terkandung dalam darah tidak boleh terlalu banyak, sama halnya dengan kolesterol jahat – Jika terlalu banyak, Trigliserida bisa menumpuk di bagian tubuh, contohnya hati dan dinding pembuluh darah. Lemak tak jenuh dan lemak jenuh keduanya termasuk ke dalam kategori Trigliserida ini.

Memang zat ini penting untuk manusia, sebab tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi, namun jika berlebihan akan berbahaya dan menimbulkan berbagai penyakit. Trigliserida dihasilkan oleh tubuh melalui asupan lemak dan juga karbohidrat yang dikonsumsi seseorang dari makanan. Beberapa resiko penyakit yang bisa menyerang jika kadar Trigliserida dalam darah terlalu tinggi yaitu serangan jantung, stroke, dan angina (Angin duduk).

Bahaya Kadar Kolesterol Terlalu Tinggi

Selain kadar Trigliserida yang terlalu tinggi, kadar kolesterol yang melebihi batas juga berbahaya bagi kesehatan, bahkan dapat menyebabkan penyakit yang serius. Di dalam tubuh seseorang, kolesterol itu tersebar di beberapa bagian tubuh, mulai dari kulit otot, otak, saraf, dan organ jantung.

Baca juga:  Apakah Itu Trigliserida?

Di keadaan normal dan sehat, seseorang seharusnya memiliki kadar kolesterol antara 160 hingga 200 mg, tetapi jika sudah melebihi 240 mg – Maka kondisi tersebut sudah dinyatakan memasuki fase berbahaya. Orang yang kelebihan kolesterol bisa terkena stroke, penyakit jantung, dan penyakit jantung koroner, karena penyumbatan pembuluh darah. Jadi baik Trigliserida maupun kolesterol sama-sama berbahaya jika jumlahnya melebihi ambang batas aman yang seharusnya.

Mengapa Kadar Trigliserida Bisa Tinggi?

Diabetes dan obesitas yang tak terkendali termasuk penyebab umum dari kadar Trigliserida yang terlalu tinggi. Trigliserida yang terlalu tinggi disebabkan karena seseorang mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kadar gula dan kadar karbohidrat tinggi. Selain itu, ada beberapa faktor penyebab lainnya juga, yakni antara lain:

  • Penyakit ginjal

    Ginjal yang kehilangan fungsi untuk menyeimbangkan kandungan garam serta mineral pada darah, juga kehilangan fungsi untuk membuang cairan berlebihan dan sampah di dalam tubuh Anda, serta tak dapat mengatur tekanan darah

  • Hipotiroidisme

    Kondisi saat kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid yang terlalu sedikit

  • Sering minum minuman keras

    Penyebab ketiga yaitu jika seseorang terlalu sering minum minuman keras atau beralkohol tinggi. Selain itu, kebiasaan minum minuman keras bisa memicu peradangan di pankreas manusia

Cara alami memang merupakan alternatif yang terbaik untuk mengatasi berbagai gangguan dan penyakit, termasuk dalam hal ini. Herbal sarang semut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan Trigliserida yang terlalu tinggi, itu karena sarang semut memiliki kandungan dasar magnesium.

Magnesium bisa melebarkan arteri koroner, meningkatkan produksi kolesterol baik (LDL), dan melancarkan aliran darah yang menuju ke jantung. Sekian artikel tentang obat penurun kolesterol dan Trigliserida herbal alami, semoga bermanfaat.

Baca juga:  Atasilah Penyebab-Penyebab Trigliserida Tinggi