Noni Juice: Obat Alami Diabetes Tipe 1

85
Noni, Obat Alami Diabetes Tipe 1
Noni, Obat Alami Diabetes Tipe 1 (Credit Photo: raksina / Shutterstock)

Diedit:

5
(2)

Pengobatan tradisional apa yang dapat diandalkan untuk obat diabetes tipe 1? Salah satu contoh herbal yang paling dikenal kemampuannya sebagai obat alami untuk diabetes tipe 1 ialah Noni juice. Baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui kenapa herbal ini layak untuk diandalkan.

Dalam artikel ini akan diulas apa saja pengobatan yang umum untuk menangani diabetes tipe 1 dan bagaimana cara kerja Noni juice dalam membantu pengobatan tersebut. Semua informasi di sini dirangkum dari berbagai sumber yang dapat dipercaya, silakan lihat bagian “sumber referensi” di akhir artikel untuk melihat sumber-sumbernya.

Apa Pengobatan Standar untuk Diabetes Tipe 1?

Diabetes tipe 1 membuat tubuh seseorang tidak lagi mampu menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup untuk mengontrol kadar gula darah. Jadi pengobatan utama untuk diabetes tipe 1 adalah menggunakan terapi insulin untuk membantu tubuh pasien mengontrol kadar gula darahnya.

Jenis terapi insulin yang paling sering digunakan ialah obat insulin suntik. Ada beberapa jenis obat insulin suntik yang didasarkan atas seberapa cepat kerja insulin dan seberapa lama insulin tersebut bertahan efeknya dalam menjaga kadar gula darah. Berikut adalah beberapa jenis insulin tersebut:

  • Rapid-acting insulin: mulai bekerja sekitar 15 menit dan bertahan antara 3 – 4 jam. Biasanya jenis insulin ini digunakan sebelum makan. Contoh obat rapid-acting insulin untuk diabetes tipe 1 yaitu insulin lispro, insulin asprat, dan insulin gluisine.
  • Short-acting insulin: cenderung bekerja sekitar 30 – 60 menit setelah disuntikkan dan bertahan antara 5 – 8 jam. Harus disuntikkan sebelum makan. Contoh obat short-acting insulin untuk diabetes tipe 1 yaitu regular insulin atau novolin.
  • Intermediate-acting insulin: mulai bekerja sekitar 1 – 2 jam setelah disuntikkan dan bertahan selama 14 – 24 jam. Contoh obat intermediate-acting insulin untuk diabetes tipe 1 yaitu NPH insulin.
  • Long-acting insulin: biasanya mulai bekerja 2 jam setelah disuntikkan dan bertahan hingga 24 jam atau lebih. Contoh obat long-acting insulin untuk diabetes tipe 1 yaitu insulin glargine, insulin detemir, dan insulin degludec.

Tujuan utama terapi obat insulin suntik untuk diabetes tipe 1 adalah untuk membantu fungsi alami tubuh dalam mengendalikan kadar gula darahnya. Jenis insulin yang dibutuhkan setiap pasien bisa berbeda-beda, jadi Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jenis serta dosis insulin yang dibutuhkan.

Suntikan Insulin untuk Pengobatan Diabetes Tipe 1
Ilustrasi Obat Insulin Suntik (Credit Photo: Syda_Productions / Depositphotos)

Bagaimana Noni Membantu Pengobatan Diabetes Tipe 1?

Masalah utama dari diabetes tipe 1 ialah ketidakmampuan tubuh dalam menghasilkan insulin yang memadai. Masalah itu disebabkan oleh kerusakan pada sel-sel penghasil insulin yang ada di dalam organ pankreas (bernama sel beta). Di sini lah peran herbal Noni sebagai obat alami untuk diabetes tipe 1.

Baca juga:  Mengetahui Kondisi Fisik Penderita Diabetes Melitus

Penelitian menunjukkan bahwa di dalam Noni terkandung zat prexeronine dan proxeroninnase yang dapat membentuk zat xeronine di dalam tubuh. Zat xeronine ini berfungsi untuk meregenerasi sel-sel beta di dalam pankreas yang mengalami kerusakan. Dengan begitu, sel-sel beta dipulihkan fungsinya dan bisa kembali menghasilkan cukup insulin untuk mengontrol kadar gula darah.

Noni juga mengandung flavonoid yang dapat bertindak sebagai antioksidan di dalam tubuh. Antioksidan berguna untuk mengikat radikal bebas sehingga mengurangi stres oksidatif dalam tubuh. Jika stres oksidatif berkurang, maka itu akan membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada sel-sel beta pankreas.

Jadi bisa disimpulkan bahwa herbal Noni bekerja dalam dua cara sebagai obat alami diabetes tipe 1. Pertama, Noni memulihkan kembali fungsi sel-sel penghasil insulin yang telah rusak. Kedua, Noni mencegah kerusakan lebih lanjut pada sel-sel tersebut sehingga proses pemulihan berjalan lebih baik.

Noni Juice Obat Alami Diabetes Tipe 1 Bebas dari Efek Samping

Noni juice terbukti aman untuk dikonsumsi karena tidak menyebabkan efek-efek negatif pada tubuh. Telah dilakukan sebuah penelitian untuk menguji keamanan dari meminum Noni juice setiap hari. Sebanyak 28 orang dilibatkan dalam penelitian ini, mereka diminta meminum Noni dalam tiga dosis berbeda: 30 ml, 300 ml, dan 750 ml.

Setelah 28 hari dilakukan berbagai tes untuk meninjau apakah terjadi efek samping negatif pada tubuh mereka. Bagaimana hasilnya? Tidak terlihat terjadi perubahan negatif pada tes jantung EKG, berat badan, dan tanda-tanda vital. Juga tidak ada efek negatif yang terlihat pada hasil tes darah, uji biokimia, dan tes urin. Semua hasil itu terlihat pada semua partisipan, yang meminum 30 ml, 300 ml, ataupun 750 ml.

Apa yang dapat disimpulkan? Ini menunjukkan bahwa Noni juice bebas dari efek samping negatif dan aman untuk diminum setiap hari. Anda bisa mendapatkan manfaat herbal ini sebagai obat alami diabetes tipe 1 dengan mengonsumsi sekitar 50 ml sebanyak 2 – 3 kali sehari.

Sumber: Penelitian oleh West BJ, White LD, Jensen CJ, dan Palu AK tahun 2009 yang dipublikasikan di jurnal Pacific Health Dialog tahun 2009.

Noni Juice Obat Alami untuk Mencegah Komplikasi Akibat Diabetes Tipe 1

Mengidap diabetes tipe 1 membuat seseorang rentan mengalami komplikasi kesehatan yang serius. Beberapa komplikasi yang perlu diwaspadai misalnya penyakit jantung & pembuluh darah (contoh: jantung koroner, stroke, dan darah tinggi), kerusakan saraf (terutama di kaki), kolesterol tinggi, dan mudah mengalami infeksi di kulit dan mulut.

Baca juga:  Obati Diabetes Melitus dengan Noni Juice

Herbal Noni bukan hanya bermanfaat untuk obat tradisional diabetes tipe 1, tetapi juga mampu mencegah komplikasi-komplikasi tersebut. Berikut adalah manfaat-manfaat tambahan dari Noni:

  • Noni mencegah penyakit jantung & pembuluh darah dengan cara membersihkan, melenturkan, dan melebarkan pembuluh darah yang menyempit atau tersumbat.
  • Noni mencegah kerusakan saraf dengan cara meregenerasi saraf-saraf anggota tubuh dengan kandungan-kandungan bermanfaatnya.
  • Noni mencegah kolesterol tinggi dengan cara menurunkan kadar kolesterol “jahat”LDL, meningkatkan kadar kolesterol “baik” HDL, serta menurunkan kadar trigliserida.
  • Noni mencegah infeksi di kulit dan mulut dengan cara mempercepat penyembuhan luka yang ada serta merangsang fungsi sistem imun untuk membunuh kuman penyebab infeksi.
herbal noni juice, obat tradisional diabetes tipe 1
Noni Juice, Minuman Herbal untuk Diabetes Tipe 1 (Credit: ToddNiemann / iStock)

Mengonsumsi herbal Noni secara teratur bukan hanya membantu penderita diabetes tipe 1 untuk mengontrol kadar gula darahnya, tetapi juga membantu terhindar dari ancaman komplikasi serius.

Apakah Anda ingin mencoba sendiri manfaat Noni juice sebagai obat alami diabetes tipe 1? Jika ya, ada baiknya konsultasikan dulu dengan dokter Anda. Karena dikhawatirkan konsumsi Noni dapat memengaruhi kinerja terapi insulin. Coba tanyakan kapan waktu tepat untuk mengonsumsi Noni yang tanpa memengaruhi kinerja insulin.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang obat tradisional yang dapat diandalkan untuk diabetes tipe 1. Semoga informasi ini dapat berguna khususnya bagi Anda yang sedang mencari alternatif alami untuk menangani penyakit ini. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar diabetes melitus tipe 1 hanya di Deherba.com.


Sumber Referensi:

Hess-Fischl, Amy & Smith-Marsh, Daphne E. Type 1 Diabetes Treatments. Updated: 2019-06-05. URL: https://www.endocrineweb.com/conditions/type-1-diabetes/type-1-diabetes-treatments. Accessed: 2020-01-08

WebMD. Types of Insulin for Diabetes Treatment. URL: https://www.webmd.com/diabetes/diabetes-types-insulin. Accessed: 2020-01-08

Rasbawati & Irmayani. (2009). The effectiveness of addition of noni fruit (Morinda citrifolia L) in yoghurton blood glucose levels of male mice (Mus musculus). Earth and Environmental Science247 (2019) 012009. DOI: 10.1088/1755-1315/247/1/012009

BJ, West, dkk. (2009). A double-blind clinical safety study of noni fruit juice. Pacific Health Dialog. 15(2): 21-32


Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Rating: 5 / 5. Pemilih: 2

Ikuti media social kami untuk terus terhubung dengan deherba.com!

Maaf sekali artikel ini belum bermanfaat untuk Anda

Bantu kami untuk meningkatkan artikel ini!