Merasa Kurang Pintar? Inilah Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak

464

Diedit:

Merasa akhir-akhir ini jadi sembrono dan ceroboh? Mungkin itu tanda-tanda awal otak Anda mulai menumpul. Tapi tenang saja karena ada banyak solusi sederhana agar ketajaman otak Anda semakin diasah. Artikel ini akan menjelaskan tips-tips praktis sebagai cara meningkatkan kecerdasan otak.

Menjaga otak tetap aktif dan tajam bukan hanya bermanfaat dalam jangka panjang, tapi juga dalam jangka pendek. Misalnya mungkin Anda jadi lebih lancar dalam menyelesaikan suatu tugas atau menemukan solusi dari berbagai persoalan sehari-hari.

Tips untuk Jadi Lebih Pintar

  • Tidur yang cukup. Jika Anda harus menyampaikan presentasi besar esok hari, ada baiknya untuk tidur di malam hari setidaknya 6 jam supaya presentasi Anda jadi lebih baik atau bahkan memukau penonton. Tidur yang cukup membantu otak untuk menguatkan dan mengorganisasi ingatan informasi sehingga bisa dengan mudah diingat kembali ketika diperlukan.
  • Mengemil kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung magnesium yang limpah—mineral yang dikaitkan dengan peningkatan memori jangka pendek dan jangka panjang. Berdasarkan riset dari MIT dan Tsinghua University di Beijing, magnesium tampaknya dapat memperbaiki ikatan antara sel-sel otak.
  • Masak seperti orang Italia. Maksudnya bukan pizza, tetapi orang Italia menyukai ikan-ikanan, sayuran yang dituangkan minyak zaitun, dan hanya makan sedikit daging merah. Seraya usia bertambah, otak bisa jadi mulai mengalami kerusakan yang dapat menyebabkan kesulitan berpikir dan mengingat. Namun pola makan Mediterania (seperti orang Italia) sanggup menurunkan sebanyak 36 persen risiko untuk mengalami kerusakan tersebut.
  • Rutin olahraga. Olahraga mendorong otak Anda untuk bekerja pada kapasitas optimal dengan menyebabkan sel-sel saraf untuk berkembang biak, meperkuat interkoneksi diantara sel-sel serta melindunginya dari kerusakan.
  • Rileks agar tidak mudah lupa. Kehidupan yang serba sibuk dapat membuat Anda begitu cemas sehingga otak jadi kesulitan menerima informasi baru, apalagi menyimpannya—seperti yang diungkapkan suatu studi di University of Rochester. Anda bisa rileks dengan sesekali mengambil napas dalam-dalam di saat-saat yang bikin cemas. Olahraga jalan kaki juga dapat membantu menenangkan pikiran.
  • Bermain TTS. Olahraga asah otak dengan mengisi TTS mungkin bisa melindungi Anda dari kepikunan. Maka cobalah untuk mulai rutin mengisi TTS supaya ingatan Anda tetap terjaga.
  • Mendengarkan musik. Teori bahwa mendengarkan musik merupakan salah satu cara meningkatkan kecerdasan otak sudah lama diyakini banyak orang. Anda mungkin pernah dengar tentang “Mozart Effect”, yang menyarankan mendengarkan musik klasik supaya lebih pintar. Memang, mendengarkan musik dapat meningkatkan tingkat kognitif dan kemampuan verbal. Mendengarkan musik juga diyakini sanggup meningkatkan konsentrasi.
Baca juga:  12 Tips Kesehatan Aneh yang Efektif (Bagian 2)

Inilah sejumlah cara meningkatkan kecerdasan otak yang bisa Anda terapkan. Sebaiknya jagalah kesehatan mental Anda dari sedini mungkin agar tidak menyesal di kemudian hari.

Advertisement
Alinesia