Menghitung Berat Badan Ideal: Tips-Tips Praktis yang Gampang Diikuti

528

Diedit:

Menghitung berat badan ideal, dengan cara ini Anda dapat mempertahankan berat badan yang memang terbaik untuk tubuh Anda. Akan terdapat banyak keuntungan yang Anda peroleh dengan memiliki berat tubuh ideal, tak terlalu gemuk dan tak terlalu kurus. Cara untuk menghitung berat badan ideal bagi wanita maupun pria sebenarnya mudah saja, karena Anda sudah bisa menggunakan rumus menghitung yang disediakan, bahkan cara menghitungnya pun juga tidaklah sulit. Anda pasti bisa melakukannya.

Mempunyai berat badan ideal itu memang adalah keinginan banyak orang, khususnya orang yang mau dirinya tampil sempurna serta sehat di lingkungan sosial mereka. Mari baca selengkapnya.

Rumus Standar Kesehatan untuk Menghitung Berat Badan Ideal

Cara untuk menghitung berapakah berat badan ideal seseorang bagi pria dan wanita dapat memakai beberapa rumus yang merupakan standar kesehatan, di mana rumus ini sudah lazim untuk dipakai. Salah satu dari rumus tersebut yaitu rumus BMI. Juga ada rumus Brocha serta rumus konvensional standar. Namun tentu saja terdapat perbedaan di antara rumus-rumus tersebut dalam metode penghitungan berat badan yang ideal. Tetapi Anda tak perlu takut dan khawatir, sebab sekarang kami akan membagikan rumus bagaimana menghitung berat badan ideal untuk wanita maupun pria dengan cara yang paling simpel dan mudah, yaitu dengan memakai rumus Brocha. Sekarang mari baca rumus Brocha ini selengkapnya, berikut dengan contoh praktek atau penerapannya, sehingga Anda tak bingung lagi.

Menghitung Berat Badan Ideal untuk Wanita

Berat badan ideal (Kg) = (Tinggi badan, Cm – 100) – (15% x (Tinggi Badan – 100))

Contoh apabila terdapat seorang wanita dengan tinggi badan 175 cm, cara menghitung berat badan ideal wanita tersebut adalah:

(175 – 100) – (15% x (175 – 100)) = 75 – (15/100 x 75) = 63.7 kg atau 64 kg

Menghitung Berat Badan Ideal untuk Pria

Berat badan ideal (Kg) = (Tinggi badan, Cm – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100))

Contoh apabila terdapat seorang pria dengan tinggi badan 185 cm, cara menghitung berat badan ideal pria tersebut adalah:

(185 – 100) – (10% x (185 – 100)) = 85 – (10% x 85) = 76.5 atau 76 kg

Kedua rumus di atas memakai rumus Brocha dalam menghitung berat badan yang ideal. Rumus tersebut sudah cukup sering digunakan pada ilmu kesehatan, dalam menghitung berapakah berat badan seseorang yang ideal, baik itu untuk wanita maupun pria. Oleh karena itu, apabila Anda belum paham berapakah berat badan ideal tubuh Anda, maka Anda dapat mencoba membuat perhitungan menggunakan rumus Brocha di atas.

Baca juga:  Terapi Pijat Refleksi, Alternatif Alami Turunkan Berat Badan

Coba hitunglah sekarang apakah memang berat tubuh Anda sudah ideal atau masih belum. Dengan begitu, Anda bisa mengantisipasi berbagai penyakit karena terlalu gemuk atau terlalu kurus kurang gizi. Juga Anda bisa memperbaiki gaya hidup yang salah mulai dari sekarang.

Berat Badan Ideal Anak di Bawah 10 Tahun

Apabila Anda memiliki seorang anak yang usianya 10 tahun atau mungkin lebih kecil dari 10 tahun, dan Anda ingin mengetahui berapakah berat tubuh idealnya, itu juga dapat dilakukan. Anda dapat menggunakan rumus di bawah ini:

(2 x umur anak) + 8

Contoh apabila anak Anda berusia 7 tahun, berat badan ideal anak Anda yaitu (2 x 7) + 8 = 22 kg.

Cara Konvensional untuk Menghitung Berat Badan Ideal

Juga ada cara konvensional yang dapat Anda gunakan dalam usaha menghitung berat badan yang ideal. Cara ini merupakan cara yang juga tak kalah banyak digunakan oleh orang-orang, sebab cara perhitungannya benar-benar simpel, sederhana dan sangat mudah sekali diterapkan. Berikut rumusnya:

Berat badan untuk usia 0 hingga 12 bulan

Berat badan ideal = (Umur (bln) / 2) + 4

Berat badan untuk usia 1 hingga 10 tahun

Berat badan ideal = (Umur (thn) x 2) + 8

Berat badan untuk dewasa dan remaja

Berat badan ideal = (Tinggi badan – 100) x 90%

Asupan Nutrisi dan Gizi

Agar Anda tak mengalami yang namanya kekurangan berat badan, maka asupan nutrisi dan gizi harus senantiasa terpenuhi, khususnya yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Juga, Anda sebaiknya memperbanyak konsumsi air putih serta harus istirahat yang cukup. Berbeda halnya apabila Anda lihat kasus kelebihan berat badan, sebab justru terdapat ragam jenis makanan yang wajib Anda hindari.

Agar lebih aman dan pasti, Anda dapat meluangkan waktu dengan pergi berkonsultasi kesehatan dengan seorang dokter, sebab dokter pasti mengerti yang terbaik untuk Anda. Sekaligus, Anda dapat memeriksakan diri apabila diri Anda terjangkit penyakit tertentu, yang menyebabkan Anda menjadi kesulitan untuk mendapatkan berat badan ideal tersebut.

Herbal untuk Membantu Memperoleh Berat Badan Ideal

Sekarang kami tidak lupa menghadirkan informasi tentang herbal yang dapat membantu menurunkan berat badan, sehingga bisa diperoleh berat badan ideal. Karena memang yang cukup sulit yang dialami banyak orang adalah terkait masalah menurunkan berat badan ini. Anda dapat menggunakan herbal jati Belanda, herbal jati Belanda juga memiliki nama lain Guazuma ulmifolia, di mana herbal ini sudah cukup terkenal menjadi salah satu tumbuhan yang umum dimanfaatkan untuk mengecilkan perut buncit dengan cara yang alami.

Baca juga:  Diet Sehat Cara Menentukan Berat Badan Ideal

Manfaatnya yang benar-benar dahsyat menjadikan banyak sekali perusahaan jamu tradisional memproduksi teh pelangsing (Slimming tea) yang menggunakan bahan dasar Jati Belanda ini. Ini menunjukkan bahwa herbal jati Belanda benar-benar terbukti efektif untuk membantu menurunkan berat tubuh, demi mengejar impian memperoleh tubuh yang ideal. Sekian artikel tentang tips menghitung berat badan ideal, semoga bermanfaat.

Advertisement
Alinesia