Diet Sehat Faktor Penentu Berat Badan Ideal

414
Shutterstock

Diedit:

Berat badan atau massa tubuh seseorang dipengaruhi oleh 2 faktor utama yang berasal dari eksternal ataupun internal. Kedua faktor inilah yang menentukan berat badan ideal seseorang, sekaligus kebutuhan seseorang dalam menjalani diet sehat. Mari kita perhatikan bersama-sama, bagaimana pengaruh dari kedua faktor penentu berat badan ideal berikut!

Faktor Internal Penentu Berat Badan Ideal

Faktor ini mencakup warisan atau keturunan yang dalam istilah medis dikenal sebagai faktor hereditas. Faktor tersebut melibatkan kode genetika, sistem pengaturan panas (regulasi termis), dan sistem pembentukan atau penguraian zat tertentu di dalam tubuh (metabolisme) seseorang. Faktor internal sebenarnya tidak dapat dikendalikan secara sadar oleh orang yang melakukan diet sehat atau siapapun juga, mengingat ini sudah ada atau diwarisi sejak Anda dilahirkan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Medical School of Boston University memperlihatkan keberadaan gen INSIG2 yang dapat menghambat perpaduan reaksi kimia antara asam lemak dan kolesterol. Kira-kira 10% orang memiliki gen INSIG2 sehingga mereka cenderung mengalami penumpukan lemak dalam tubuh mereka dalam jumlah yang lebih banyak. INSIG2 merupakan singkatan dari insulin induced gene 2, masih bagian dari protein dan serupa dengan INSIG1.

Adapula gen FTO yang berada di kromosom 16 dan memainkan peranan dalam menentukan berat badan ideal. Orang yang memiliki gen FTO cenderung mengalami obesitas 1 ½ kali lebih besar dibandingkan dengan orang biasa, gen ini memungkinkan seseorang memiliki berat badan lebih dari 3 kg, apabila dibandingkan dengan orang biasa tanpa gen ini.

Bagaimana dengan sistem pengaturan panas yang dikenal dengan regulasi termis? Hal ini mungkin sedikit sulit untuk dipahami. Pada dasarnya manusia merupakan makhluk berdarah panas yang memerlukan energi untuk menjaga suhu tubuhnya tetap dalam keadaan normal (37°C). Energi tak hanya dibutuhkan untuk menjaga suhu tubuh, bahkan untuk menjalankan keseluruhan fungsi organ. Kondisi tersebut belum termasuk melakukan aktivitas yang tentunya butuh energi lebih banyak lagi. Kebutuhan manusia akan energi sebelum melakukan aktivitas disebut Laju Metabolisme Basal.

Baca juga:  Menghitung Berat Badan Ideal: Tips-Tips Praktis yang Gampang Diikuti

Faktor internal lainnya yang menentukan berat badan ideal dan diet sehat Anda ialah metabolisme. Ini merupakan suatu proses penguraian atau pengolahan zat-zat yang dibutuhkan tubuh untuk dapat melakukan tugasnya. Hal inilah yang menentukan diet sehat seseorang. Sebagai contoh, jika seseorang ingin meningkatkan pembakaran lemak di dalam tubuhnya, maka ia harus meningkatkan massa otot yang dilakukan dengan melakukan aktivitas fisik atau olahraga.

Faktor Eksternal Penentu Berat Badan Ideal

Saat seseorang melakukan aktivitas fisik atau olahraga, secara otomatis Laju Metabolisme Basal dan kebutuhan kalori akan ikut meningkat. Lalu, metabolisme makanan juga turut meningkat – dengan kata lain, berat badan ideal diperoleh dengan aktif setiap hari. Kebiasaan hidup dan pola makan merupakan kunci utama seseorang dalam melakukan diet sehat. Anda tak perlu mengonsumsi obat-obatan khusus yang membantu meluruhkan lemak, sebenarnya tubuh Anda dapat melakukan proses tersebut. Anda hanya perlu melatihnya, secara perlahan-lahan tubuh akan menyesuaikan diri dengan kondisi yang di hadapi. Ingat kebutuhan nutrisi juga perlu diperhatikan, namun sadarlah agar tetap terkendali!

Advertisement
Alinesia