• Home
  • Blog
  • Berat Badan
  • Rahasia Tubuh Langsing Super Model Dunia Ini Ternyata dari Buah Asli Indonesia Loh!

Rahasia Tubuh Langsing Super Model Dunia Ini Ternyata dari Buah Asli Indonesia Loh!


By Cindy Wijaya

Miranda Kerr mem-posting foto di atas di instagram pribadinya pada Oktober 2020. Apa yang terlintas dalam pikiran saat melihatnya? Melihat sepintas pun kita setuju bahwa super model dunia ini punya tubuh yang dianggap body goal, maksudnya tubuh langsing ideal yang diidamkan orang-orang. Padahal usianya sudah mendekati kepala empat dan sudah tiga kali melahirkan.

Apa sebenarnya rahasia tubuh langsing Miranda Kerr? Banyak orang mengira bahwa seorang model sekelas dirinya pastilah menjalani perawatan pelangsing tubuh yang mahal di klinik kecantikan. Tidak mungkin bisa punya tubuh yang awet ramping kalau tidak begitu.

Tetapi menurut pengakuan wanita yang oleh People Magazine sempat dinobatkan sebagai 10 wanita tercantik di dunia ini, ternyata rahasianya sederhana saja. Ia menitikberatkan perawatan tubuhnya pada rajin olahraga dan mengonsumsi nutrisi yang tepat.

Yang menarik, satu nutrisi utama yang dikonsumsinya rupanya adalah Noni juice, yang adalah jus buah Noni atau lebih dikenal sebagai Mengkudu di Indonesia. Siapa sangka rahasia tubuh langsing ideal sang super model itu berasal dari jus buah asli Indonesia.

Jika memang benar, berarti kita semua bisa saja memiliki badan yang lebih ramping jika mengikuti rahasianya, dengan mengonsumsi jus buah itu setiap hari. Mari kita cari tahu.

Rahasia Tubuh Langsing Miranda Kerr, Minum Noni Juice Tiap Hari

Dalam beberapa kali menjadi bintang di televisi dan dalam wawancara dengan majalah wanita terkemuka, ia menyebutkan bahwa ia selalu minum Noni juice setiap hari yang membantu menjaga energy level serta bentuk badannya yang tampak sempurna.

Diakuinya bahwa jus buah inilah yang membantu berat badannya tetap konstan di samping memelihara kesehatannya secara keseluruhan.

Ia bercerita pertama kali diperkenalkan jus buah ini oleh neneknya yang sudah rutin meminumnya, dan sejak kecil ia juga mulai rutin meminumnya mengikuti sang nenek. Ia juga mengungkapkan bahwa neneknya awet terlihat sehat dan cantik di usianya yang lanjut.

“Saya minum ini [Noni juice] sejak umur 14 tahun, dan saat saya harus melalui hari yang panjang, itu salah satu yang tidak bisa saya tinggalkan.”
—Miranda Kerr, dikutip Cosmopolitan Australia.

Apa sebenarnya Noni juice itu? Mungkin masih banyak yang belum tahu apa itu Noni juice, meski tinggal di Indonesia, yang merupakan salah satu negeri asli penghasil buah Noni dan banyak produsen Noni juice di sini.

Sebagaimana diungkapkan oleh sang super model sendiri, Noni juice dibuat dari sari buah Noni yang banyak tumbuh di Tahiti. Mengenai sejarah Noni di Tahiti ini ada yang unik, di sana 1.600 tahun lalu buah ini dianggap sebagai buah suci oleh para tabib (Kahuna) di desa-desa karena sangat berkhasiat untuk kesehatan.

Dan sampai zaman sekarang pun Noni terus dikenal sebagai herbal multi-khasiat, termasuk untuk kecantikan, bukan hanya di Tahiti tapi juga di seputar dunia.

Kenapa Noni Dibilang Buah Asli Indonesia?

Kalau dilihat sejarahnya, Noni sebetulnya tumbuh lebih dulu di Indonesia sekitar 6000 tahun lalu, antara lain di kepulauan Maluku. Sepanjang tahun Noni biasa dipanen di sana untuk dikonsumsi sebagai buah yang kaya nutrisi dan baik untuk kesehatan.

Lalu 2000 – 3000 tahun lalu, ada sekelompok orang dari Maluku yang mulai pindah ke tempat lain dengan berlayar ke arah timur, ke Melanesia dan Polinesia, dengan perahu-perahu kecil sambil membawa banyak tumbuhan asli Indonesia, termasuk Noni.

Melalui cara inilah Noni bisa menyebar sampai ke pulau Tahiti, yang adalah salah satu pulau terbesar di wilayah Polinesia. Karena itu orang-orang asli Tahiti sejak ribuan tahun lalu dapat ikut menikmati manfaat Noni untuk kesehatan, sama seperti di Indonesia.

(Sumber: situs resmi Tokyo Noni Research Center).

Mengapa Noni Baik untuk Mencapai Tubuh Langsing?

Sebagaimana diungkapkan oleh Miranda Kerr, kunci lain untuk mempertahankan tubuh langsingnya adalah rajin olahraga. Olahraga inilah yang membuat tubuh menjadi langsing, bukan kurus. Memang apa bedanya kurus dan langsing?

Orang yang kurus belum tentu sehat dan segar. Sedangkan orang yang langsing seharusnya tampak segar dan bugar, karena berat badan idealnya dicapai dengan cara yang sehat. Dari pengalaman sang super model, ia mencapainya dengan mengonsumsi nutrisi yang tepat seperti Noni juice dan juga rutin olahraga.

Nah bagaimana Noni membantu kita supaya mendapatkan tubuh langsing yang segar dan bugar? Berikut adalah tiga cara utama Noni membantu kita mencapai berat badan ideal.

Memperbaiki Metabolisme Tubuh

Metabolisme dan berat badan adalah dua hal yang saling terkait erat. Metabolisme menentukan seberapa banyak makanan yang dikonsumsi akan diubah menjadi energi.

Bila metabolisme berada pada laju yang baik, maka akan efektif untuk membakar kalori sehingga tidak terjadi penimbunan kalori dalam bentuk lemak.

Minum Noni juice setiap hari akan membuat metabolisme tubuh berfungsi dengan baik setiap harinya. Sebab Noni menutrisi tubuh dengan kandungan antioksidannya yang dibutuhkan oleh metabolisme tubuh.

Mengurangi Massa Lemak dan Mempertahankan Massa Otot

Semakin banyak jaringan otot yang kita punya, maka semakin banyak energi yang kita butuhkan, dan itu membuat metabolisme tubuh kita melaju lebih cepat. Karena itu seseorang yang langsing seharusnya memiliki massa otot yang lebih banyak daripada massa lemak.

Noni juice dapat membantu menghilangkan massa lemak namun di saat bersamaan mempertahankan massa otot tubuh. Dengan begitu proses penurunan berat badan kita menjadi lebih optimal, sebab kita akan lebih banyak memiliki otot daripada lemak.

Meningkatkan Energy Level untuk Berolahraga

Olahraga penting untuk membantu metabolisme tubuh dalam memperoleh berat badan ideal. Sebab dengan rutin olahraga, berarti tubuh akan lebih banyak membakar kalori sehingga tidak terjadi penimbunan kalori menjadi lemak.

Metabolisme yang baik juga membuat tubuh tidak gampang kehabisan energi dan cenderung selalu punya stamina untuk mengerjakan aktivitas fisik.

Kemampuan inilah yang dimiliki Noni juice, yaitu untuk meningkatkan energy level agar tubuh lebih mampu berolahraga. Bahkan penelitian membuktikan bahwa Noni juice mampu meningkatkan daya tahan (endurance) para atlet olahraga berat seperti sepak bola, rugby, hoki es, dan basket.

Jadi dengan minum Noni setiap hari, kita akan selalu punya energi dan semangat yang dibutuhkan untuk berolahraga.

Semakin baik laju metabolisme tubuh, semakin baik juga tubuh dalam mencapai dan menjaga berat badan ideal. Kandungan antioksidan dalam Noni membantu memperbaiki metabolisme tubuh, dibantu juga dengan manfaat Noni untuk mengurangi massa lemak, mempertahankan massa otot, serta meningkatkan energy level.

Noni Juice sebagai Herbal untuk Tubuh Langsing Ideal
Credit Photo: Bigbubblebee99 / Shuterstock

7 Manfaat Noni Lainnya untuk Kecantikan

Kini terungkap sudah rahasia tubuh langsing super model dunia sekelas Miranda Kerr ternyata berasal dari jus buah asli Indonesia. Badan ramping yang dimilikinya seolah lengkap karena ia juga memiliki kulit yang terawat dengan indah.

Rupanya kecantikan kulitnya itu juga tidak lepas dari kebiasaannya minum Noni juice tiap hari. Dan sebetulnya sudah jadi “rahasia umum” bahwa buah Noni bermanfaat untuk kecantikan.

Kalau diperhatikan ada banyak skincare, masker, krim, salep, hingga sampo penghitam rambut yang memajang gambar buah Noni di kemasan produknya. Tujuannya untuk menonjolkan Noni sebagai bahan baku produk mereka, agar orang-orang yakin dengan manfaat produk itu bagi kecantikan.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah daftar manfaat kecantikan yang ditawarkan oleh Noni untuk menambah indah bentuk tubuh yang ramping.

Membuat Kulit Lebih Glowing

Punya badan langsing belum tentu menarik dilihat bila kondisi kulit kusam dan kendur. Tubuh ramping kita akan diperindah seraya rutin mengonsumsi Noni.

Noni dapat membantu memperbaiki garis-garis halus dan kerutan serta kekenyalan dan kekencangan kulit. Ini merupakan faktor penting untuk memperoleh kulit glowing. Kulit glowing adalah kulit yang sehat, terasa kenyal, dan tampak tidak kusam.

Kemungkinan Noni bermanfaat untuk kulit glowing karena dapat membantu meregenerasi sel-sel dalam tubuh, termasuk sel-sel kulit. Dengan begitu, sel-sel kulit yang sudah mati akan selalu diregenerasi dan diganti dengan sel-sel baru yang sehat. Dan ini yang membuat kulit selalu tampak kenyal atau glowing.

Melindungi Kulit dari Kerusakan

Selain membantu memperbaiki kondisi-kondisi yang kurang baik pada kulit, Noni juga melindungi kulit kita agar tidak terjadi kerusakan.

Noni mengandung antioksidan seperti glutathion, asam askorbat, beta-karoten, alfa-tokoferol, dan lain sebagainya, yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada kulit.

Ada juga kandungan flavonoid Noni seperti monooksigenase, lipooksigenase, glutatione-S, siklooksigenase, dan transferasexantin oksidase yang berperan melawan enzim-enzim “jahat” penyebab kulit kusam.

Membuat Kulit Mulus Bebas Jerawat

Kepercayaan diri kita biasanya akan menurun bila wajah dipenuhi jerawat. Noni dapat membantu mengatasi masalah jerawat membandel.

Ada kandungan banyak vitamin C dan E, zink, antrakuinon, flavonid, dan fenol yang saling bekerja sama untuk menghilangkan jerawat di kulit.

Vitamin C membantu memperkuat kekebalan dan mematikan bakteri penyebab jerawat. Vitamin E membantu memperbaiki keseimbangan hormon yang memicu jerawat.

Zink melancarkan sirkulasi darah sehingga membantu mendetoksifikasi toksin dalam darah yang bisa memicu jerawat. Antrakuinon ikut memperkuat daya tahan tubuh, memperbaiki keseimbangan hormon, juga membantu menyembuhkan luka jerawat.

Lalu flavonoid dan fenol berfungsi mengangkat kelebihan lemak, melancarkan sirkulasi darah, mengoptimalkan kekebalan, merangsang pembentukan kolagen, dan mendetoksifikasi toksin dari dalam tubuh.

Memperlambat Penuaan Dini

Olahraga dan kegiatan fisik di luar ruangan membuat kita lebih mudah menurunkan berat badan. Tapi sayangnya ada bahaya sinar UV bagi kulit. Noni bisa membantu melindungi dari kerusakan kulit akibat paparan sinar UV itu.

Antioksidan Noni mampu menetralkan radikal-radikal bebas yang dilepaskan oleh radiasi sinar UV. Dan dengan memberikan nutrisi penting bagi kulit, Noni bisa mencegah kondisi-kondisi pemicu penuaan dini seperti kulit kering dan menumpuknya sel-sel mati.

Selain itu Noni juga adalah mood booster dan energy booster alami, yang bikin kita lebih bersemangat dan bertenaga untuk melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik adalah cara yang sangat baik untuk memperlambat penuaan dini.

Membantu Memperkuat dan Menyehatkan Rambut

Berat badan ideal dan kulit yang indah, apa lagi yang kurang? Ya, rambut harus juga kuat dan sehat. Sayang sekali jika tubuh langsing memudahkan kita untuk bebas bergerak, tapi di saat yang sama rambut mudah kusam atau rambut rontok dimana-mana.

Noni punya manfaat kecantikan yang meluas sampai ke rambut kita. Dengan cara menutrisinya dari dalam, Noni membantu menjaga rambut tetap kuat, berkilau, dan sehat. Juga dapat merangsang pertumbuhan rambut sehingga baik untuk mengatasi rambut rontok.

Mengurangi Stres

Bagi banyak orang stres langsung berpengaruh ke berat badannya. Misalnya jika sedang stres mungkin kita jadi lebih mudah lapar dan suka cari camilan, dengan dalih untuk “menangkal stres”. Tapi faktanya kebiasaan itu justru bikin tambah stres, karena bikin berat badan gampang naik.

Minum Noni adalah cara jauh lebih baik untuk menangkal stres berlebihan. Kandungan scopoletin di dalamnya bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas kelenjar pineal dalam otak. Kelenjar ini adalah penghasil serotonin yang kemudian digunakan untuk menciptakan hormon melatonin.

Serotonin dan melatonon inilah yang membantu mengendalikan berbagai aktivitas tubuh untuk menetralisir stres. Aktivitas itu misalnya tidur yang nyenyak, pengaturan suhu badan, pengaturan suasana hati (mood), pengendalian pubertas, siklus menstruasi, rasa lapar, dan perilaku seksual.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Tahukah Anda bahwa orang yang rata-rata tidur kurang dari 7 jam per malam lebih cenderung gemuk? Jadi tidur yang cukup adalah salah satu kunci untuk mendapat dan menjaga tubuh langsing.

Noni juice bisa sangat membantu memperbaiki kualitas tidur kita, bahkan bagi kita yang sudah sampai menderita insomnia. Ini kemungkinan karena cara kerja Noni yang merangsang tubuh untuk memproduksi hormon-hormon seperti melatonin dan serotonin—dua hormon yang sangat berperan untuk memastikan tidur kita nyenyak di malam hari.

Noni juice menyempurnakan kecantikan alami tubuh kita dengan cara melindungi serta memperbarui kulit dan rambut kita dari hari ke hari, membuat kita tidak mudah stres, dan memastikan kita cukup tidur—semuanya penting untuk menunjang penampilan yang bukan hanya ramping tapi juga segar dan bugar.

Minum Noni Juice Agar Berat Badan Ideal
Credit Photo: Vogue

Minum Noni Setiap Hari Agar Tubuh Langsing, Segar, dan Bugar

Setelah membaca penjelasan di artikel ini, sekarang pertanyaannya apakah Anda ingin punya tubuh langsing yang disertai kulit kencang, glowing, dan rambut yang lebih indah? Maka ikutilah rahasia kecantikan dari sang super model, dengan rutin minum Noni juice setiap hari yang sudah dibuktikannya sendiri selama bertahun-tahun.

Kita beruntung tinggal di Indonesia, karena ada banyak toko produk kesehatan di sini offline maupun online yang menjual Noni juice dalam berbagai merek. Namun sebaiknya pilihan produk Noni juice yang murni terbuat dari 100% sari buah Noni, demi memastikan Anda mendapat manfaat sepenuhnya dari seluruh kandungan Noni.

Jika masih ragu, tenang saja, Anda bisa mencoba dulu hanya untuk 1 bulan. Bila dalam waktu 1 bulan itu tidak terjadi perubahan apa-apa, barulah Anda bisa mengatakan bahwa Noni tidak bermanfaat. Namun kemungkinan besar Anda akan merasakan efek positif dalam tubuh.

Itu sudah dibuktikan melalui pengalaman orang-orang yang sudah rutin minum Noni, rata-rata mereka bisa cepat merasakan efek seperti badan yang lebih bertenaga, tidur lebih nyenyak, dan mood lebih bersemangat—ketiga efek itu sangat membantu dalam upaya Anda untuk mendapat tubuh langsing dengan cara sehat.

Jadi nikmatilah proses penurunan berat badan Anda dengan minum Noni juice, dari hari ke hari Anda akan punya badan yang lebih kencang, bugar, dan penampilan yang menarik.

Dan saat sudah tercapai berat badan ideal, bayangkan Anda akan lebih gampang pilih baju, tidak mudah capek, dan yang terpenting punya risiko penyakit lebih sedikit!

Sumber

Sumber Referensi:

Inada AC, Figueiredo PS, Santos-Eichler RAd, Freitas KDC, Hiane PA, Castro APd, Guimarães RDCA. Morinda citrifolia Linn. (Noni) and Its Potential in Obesity-Related Metabolic Dysfunction. Nutrients. 2017; 9(6):540. URL:  https://doi.org/10.3390/nu9060540

West BJ, Deng S, Isami F, Uwaya A, Jensen CJ. The Potential Health Benefits of Noni Juice: A Review of Human Intervention Studies. Foods. 2018;7(4):58. Published 2018 Apr 11. doi:10.3390/foods7040058. URL: https://dx.doi.org/10.3390%2Ffoods7040058

Palu, Afa & Seifulla, R. & Brett, J & West, Brett. (2008). Morinda citrifolia L.(noni) improves athlete endurance: Its mechanisms of action. Journal of Medicinal Plants Research. 2. 154-158. URL: https://www.researchgate.net/publication/228639276_Morinda_citrifolia_Lnoni_improves_athlete_endurance_Its_mechanisms_of_action

Cosmopolitan.com. Miranda Kerr’s beauty secrets. URL: https://www.cosmopolitan.com/uk/beauty-hair/news/a12618/miranda-kerrs-beauty-secrets-/

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>