5 Minuman Herbal Penurun Berat Badan yang Memantapkan Diet Anda


By Cindy Wijaya

Bila dikonsumsi selagi dalam program diet, ada jenis minuman herbal yang efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Minuman-minuman herbal tersebut dibuktikan mampu meningkatkan laju metabolisme, memperkuat rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar, yang tentunya bagus untuk kita yang sedang diet. Apa saja minuman herbal penurun berat badan tersebut?

Dalam artikel ini akan dikupas pilihan minuman herbal yang cocok untuk menjadi pendamping program olahraga rutin serta pengendalian pola makan kita. Di samping herbal, akan dikupas juga sejumlah minuman sehat lain yang bagus untuk mendukung pelangsingan tubuh.

Minuman Herbal Penurun Berat Badan 1: Teh Hijau

Teh hijau punya antioksidan dan zat gizi bermanfaat lain, juga merupakan salah satu minuman terbaik untuk diet. Meminum teh hijau secara teratur diperlihatkan mampu mengurangi bobot tubuh sekaligus lemak tubuh.

Manfaatnya ini terkait dengan kandungan katekin kadar tinggi di dalamnya, yang adalah antioksidan untuk meningkatkan pembakaran lemak dan peningkatan laju metabolisme.

Salah satu jenis teh hijau yang mengandung katekin kadar lebih tinggi ialah matcha. Sebuah penelitian mendapati bahwa wanita yang mengonsumsi 3 gram matcha per hari mengalami pembakaran lemak lebih besar selama olahraga.

Selain itu teh hjau juga membantu menurunkan berat badan dengan cara menaikkan tingkat energi serta meningkatkan performa saat berolahraga.

Minuman Herbal Penurun Berat Badan 2: Minuman Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam asetat, senyawa yang merangsang penurunan berat badan dengan cara mengurangi kadar insulin, memperbaiki metabolisme, menekan nafsu makan, dan membakar lemak.

Penelitian pada hewan percobaan memperlihatkan bahwa asam asetat mampu mencegah kenaikan berat badan serta mengurangi tumpukan lemak di perut dan hati.

Penelitian pada manusia, meski masih terbatas, juga menunjukkan bahwa mengonsumsi tiap hari minuman mengandung 2 sendok makan cuka apel menghasilkan penurunan berat badan, lingkar pinggang, serta lemak perut yang signifikan.

Cuka apel juga memperlambat pengosongan perut, yang membantu kita tetap merasa kenyang dalam waktu lama sehingga mencegah kelebihan makan.

Namun perlu diperhatikan bahwa minuman mengandung cuka apel dapat mengikis gigi, jadi sebaiknya dikonsumsi sesekali saja dan selalu diikuti dengan berkumur dengan air.

Minuman Herbal Penurun Berat Badan 3: Noni Juice

Noni juice adalah minuman herbal yang dibuat dari sari buah Noni, atau yang dikenal juga sebagai Mengkudu. Noni juice punya tiga cara utama dalam membantu kita mencapai berat badan yang diidamkan.

Pertama, Noni memperbaiki metabolisme tubuh kita. Ini penting karena metabolisme menentukan seberapa banyak makanan yang kita konsumsi akan diubah menjadi energi, agar tidak terjadi penimbunan kalori dalam bentuk lemak.

Kedua, Noni mengurangi massa lemak dan mempertahankan massa otot. Jika tubuh punya lebih banyak otot daripada lemak, maka semakin banyak energi yang kita butuhkan, dan itu membuat laju metabolisme bertambah cepat.

Ketiga, Noni meningkatkan energy level untuk berolahraga. Olahraga adalah kunci penting untuk mencapai berat badan ideal, jadi dengan energy level (tingkat energi) yang baik kita akan selalu punya tenaga dan semangat yang dibutuhkan untuk olahraga.

Minuman Herbal Penurun Berat Badan 4: Teh Jahe

Jahe telah diteliti secara ilmiah, baik melalui percobaan pada hewan maupun pada manusia, tentang manfaatnya untuk mengurangi bobot badan.

Sebuah penelitian mendapati bahwa tikus yang diberi suplemen 5% bubuk jahe selama 4 minggu mengalami penurunan berat badan yang signifikan, sekaligus perbaikan kadar kolesterol “baik” HDL.

Penelitian lain yang dilakukan pada manusia mendapati bahwa mengonsumsi teh jahe mampu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pengeluaran kalori.

Suatu penelitian pada 10 pria kegemukan menunjukkan bahwa minum 2 g bubuk jahe yang diseduh dalam air panas saat sarapan dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar.

Selain itu juga didapati bahwa teh jahe meningkatkan efek termal makanan (jumlah kalori yang dibutuhkan untuk mencerna dan menyerap makanan) sebesar 43 kalori.

Minuman Herbal Penurun Berat Badan 5: Teh Oolong

Teh oolong adalah minuman tradisional dari Cina yang telah dioksidasi sebagian, sehingga warnanya kombinasi antara teh hijau dan teh hitam.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa teh oolong dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan dengan cara meningkatkan pembakaran lemak dan mempercepat laju metabolisme.

Dalam suatu penelitian, 102 orang kegemukan atau obesitas minum teh oolong setiap hari selama enam minggu, dan dapat membantu mengurangi berat badan serta lemak tubuh mereka. Para peneliti berpendapat bahwa manfaatnya itu karena teh oolong meningkatkan metabolisme lemak dalam tubuh.

Penelitian kecil lain dilakukan dengan pemberian teh oolong selama tiga hari. Didapati bahwa teh oolong meningkatkan pengeluaran energi sebesar 2,9%, setara dengan membakar tambahan rata-rata 281 kalori setiap hari.

Minuman Lain yang Membantu Menurunkan Berat Badan

Di samping kelima minuman herbal penurun berat badan tersebut, kita juga akan lebih efektif dalam berdiet bila mengonsumsi jenis minuman sehat berikut ini.

Kopi

Kopi sudah biasa dikonsumsi sebagai peningkat energy level dan mood. Ini karena kandungan kafein di dalamnya yang berfungsi untuk menstimulasi tubuh.

Kafein ini juga bagus untuk menurunkan berat badan karena mampu mengurangi asupan energi serta meningkatkan laju metabolisme.

Sebuah penelitian pada 33 orang dewasa mendapati bahwa mereka yang minum kopi mengandung 6 mg kafein per kilogram berat badan secara keseluruhan mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Dalam beberapa penelitian lain asupan kafein juga telah terbukti meningkatkan pembakaran lemak.

Peminum kopi juga mungkin lebih mudah untuk mempertahankan berat badan ideal mereka dari waktu ke waktu.

Air Putih

Meningkatkan asupan air adalah satu cara paling sederhana untuk menyehatkan kita.

Bahkan minum lebih banyak air juga berguna untuk lingkar pinggang kita karena dapat membantu kita tetap merasa kenyang di luar jam makan.

Penelitian menunjukkan bahwa minum air sebelum makan besar dapat membantu untuk tidak makan berlebihan.

Penelitian pada 48 orang dewasa mendapati bahwa mereka yang minum 500 ml air sebelum jam makan, diikuti menu makanan rendah kalori, mampu menurunkan berat badan sebesar 44% selama 12 minggu daripada mereka yang tidak minum air.

Minuman Tinggi Protein

Minuman yang mengandung tinggi protein dapat menahan rasa lapar, mengurangi nafsu makan, dan meningkatkan rasa kenyang. Manfaatnya ini serupa dengan manfaat sejumlah minuman herbal penurun berat badan yang sudah disebutkan di artikel ini.

Ada banyak sekali bubuk protein yang bisa dibeli untuk dengan mudah dijadikan minuman sehat.

Protein meningkatkan kadar hormon pengurang rasa lapar seperti GLP-1, sekaligus menurunkan ghrelin, hormon yang merangsang nafsu makan.

Sebuah penelitian pada 90 orang dewasa yang kelebihan berat badan mendapati bahwa mereka yang mengonsumsi 56 g protein whey setiap hari selama 23 minggu dapat mengurangi 2,3 kg lebih banyak lemak daripada mereka yang tidak mengonsumsi protein whey tetapi dengan jumlah asupan kalori yang sama.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang 5 minuman herbal penurun berat badan serta minuman sehat lain yang bagus untuk program diet. Semoga informasi ini berguna bagi Anda dan keluarga. Temukan juga ulasan menarik lain seputar kesehatan dan pemanfaatan herbal hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Healthline. The 8 Best Weight Loss Drinks. URL: https://www.healthline.com/nutrition/weight-loss-drinks

Healthline. The 6 Best Teas to Lose Weight and Belly Fat. URL: https://www.healthline.com/nutrition/weight-loss-tea

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>