Manfaat Noni Juice untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

516

Diedit:

Kolesterol tinggi dalam darah sebenarnya tidak bisa dikatakan sebagai sebuah penyakit. Namun keberadaan kolesterol dalam jumlah besar yang terlarut dalam darah menjadi penyebab sejumlah penyakit, mulai dari darah tinggi, stroke, hingga serangan jantung. Dan rupanya sejumlah riset membuktikan bagaimana manfaat Noni juice dalam membantu mengatasi kelebihan kolesterol dalam darah tersebut.

Riset pertama terkait dengan manfaat Noni juice dalam mengatasi kolesterol tinggi adalah riset yang dijurnalkan dalam medscape.com dengan judul “Noni, a traditional Polynesian remedy, lowers total cholesterol and triglyceride levels”.

Riset tersebut dijalankan oleh tim Dr. Mian-Ying Wang dari University of Illinois College of Medicine, Rockford. Mereka berhasil membuktikan bahwa pemberian terapi Noni juice akan membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah secara efektif. Riset ini melibatkan lebih dari 130 penderita kolesterol tinggi hingga kadar 190 mg /dL. Dan memberikan 106 pasien terapi Noni juice sebanyak 100 gram setiap harinya selama 30 hari, sedangkan sisanya dengan terapi Placebo.

Dari hasil uji tersebut, dihasilkan penurunan kadar kolesterol yang bervariasi untuk setiap pasien dengan kisaran antara 18 sampai 30 persen penurunan. Menurut Dr. Wang, setelahnya pasien akan disarankan tetap menjalankan terapi Noni juice sebanyak 30 gram setiap hari.

Hal senada juga diungkap dalam sebuah riset yang dijurnalkan dalam Scientific World Journal tahun 2012, Noni Juice Improves Serum Lipid Profiles and Other Risk Markers in Cigarette Smokers. Dalam jurnal diungkap riset mengenai manfaat Noni juice dengan pemberian larutan Noni juice sebanyak 29.5 mL hingga 188 mL selama 1 bulan untuk 100 perokok berat terbukti menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh hingga lebih dari 20 persen.

Baca juga:  Telur Ayam, Apa Pengaruhnya pada Tingkat Kolesterol?

Selain itu, pemberian asupan Noni juice secara rutin sebagaimana di atas juga terbukti mencegah displipidemia sebuah kondisi inflamasi yang berkaitan dengan pengendapan lapisan lilin pada aliran darah dan sistem sirkulasi.

Temuan lain juga diungkap oleh salah seorang pakar biochemistry ternama dari Amerika dan Kanada, Dr. Ralph Heinicke. Beliau mengungkap kemampuan salah satu komponen fitokimia khas dari Noni juice yang rupanya juga memiliki peran besar dalam mengatasi masalah kolesterol tinggi dan segala risikonya.

Dalam Noni juice terkandung senyawa penting bernama proxeronine dan proxeronase. Keduanya menjadi komponen pembentuk xeronine secara alami dalam tubuh. Peran xeronine sangat besar untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama dalam proses pembentukan dan regenerasi sel. Membantu mencegah oksidasi sel dan mempertahankan kemurnian DNA.

Namun diluar aspek manfaat utamanya, Xeronine menurut Dr. Ralph juga menstimulasi daya serap sel terhadap nutrisi dan membantu sel menyerap kolesterol terlarut dalam darah dengan lebih aktif, tanpa sepenuhnya tergantung pada kandungan lipoprotein dalam kolesterol. Sebagaimana sudah pernah kami sampaikan, sel membutuhkan bantuan lipoprotein untuk membantunya lebih efektif menyerap kolesterol dalam darah membentuknya menjadi formula energi.

Masih menurut Dr. Ralph, risetnya juga menunjukan adanya kandungan sterol dalam Noni juice. Yang unik dari sterol, fitonutrien ini bekerja menghambat sel-sel dinding usus untuk menyerap kolesterol dari sari makanan. Karena sel usus menyerap lebih sedikit kolesterol, maka secara bertahap tubuh mendapatkan manfaat Noni juice untuk menurunrkan kadar kolesterol dalam darah.

Selain itu, manfaat Noni juice dalam mengatasi kolesterol tinggi juga berasal dari kandungan senyawa campesterol yang secara unik bekerja mengendapkan senyawa lemak dan kolesterol dalam usus dan mendorongnya keluar melalui sistem mekanisme usus besar. Sehingga semakin mempersulitnya terserap oleh dinding usus.

Baca juga:  Apa Manfaat Olahraga?

Kandungan limonen salah satu bentuk senyawa fitonutrien lain dalam Noni juice secara empiris juga bekerja memecah endapan kolesterol pada dinding pembuluh darah dan mendorongnya larut menuju pembuangan dengan lebih efektif. Dan tentu saja jangan lupakan peran kandungan niacin dalam Noni juice yang juga dikenal sangat penting perannya dalam memerangi kolesterol dan lemak jahat dalam tubuh.

Kolesterol tinggi memang bukan penyakit, namun kondisi ini bisa memicu banyak jenis penyakit. Membiarkan kadarnya tinggi dalam jangka lama akan menjadi penyebab sejumlah penyakit yang mematikan.

Dan seperti yang bisa Anda simpulkan dari penjelasan di atas, kondisi ini bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi Noni juice sesuai dosis yang dianjurkan. Karena manfaat Noni juice akan menjadi metode pemeliharaan terbaik dalam melawan kolesterol.

Advertisement
Alinesia