Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

PROMO 12-12, DISKON 10% UNTUK SEMUA PAKET PRODUK, BERLAKU 12-15 DES 2017. HUBUNGI CS KAMI SEKARANG!
Manfaat Membaca Manfaat Membaca Shutterstock

Manfaat Membaca Setiap Hari: Menjadi Pintar, Cerdas, Sehat, dan Bahagia

Membaca memberikan otak jenis latihan yang berbeda daripada ketika Anda menonton TV atau mendengarkan radio. Dengan membiasakan diri membaca, Anda menciptakan kebiasaan yang memacu otak Anda untuk berpikir dan berkonsentrasi. Maka tak heran bila ada beragam manfaat membaca.

Entah Anda membaca suatu kisah yang seru atau hanya membaca buku petunjuk untuk memasak suatu makanan, “ada bagian-bagian otak yang bekerja untuk berbagai fungsi—melihat, mengenali bahasa, dan mempelajari sesuatu—terhubung dalam rangkaian saraf khusus untuk membaca,” ungkap Ken Pugh, PhD, presiden dan direktur penelitian Haskins Laboratories. Berikut adalah sejumlah manfaat membaca:

Memperlambat Penuaan Otak

Mendalami buku-buku yang bagus akan memperlambat proses penuaan otak, berdasarkan penelitian baru-baru ini dari Rush University Medical Center sebagaimana dilaporkan oleh Prevention. Orang dewasa yang menghabiskan waktu mereka untuk melakukan aktivitas kreatif dan intelektual (seperti membaca) memiliki tingkat penurunan kognitif 32 persen lebih lambat di kemudian hari, dibandingkan dengan mereka yang tidak.

“Aktivitas-aktivitas yang mengasah otak membuat otak menjadi lebih efisien dengan cara mengubah strukturnya untuk melanjutkan fungsi secara benar meskipun ada banyak penyakit terkait dengan usia,” ujar Robert S. Wilson, PhD, profesor neuropsikologi di Rush University Medical Cente.

Penelitian lain juga mendapati bahwa orang dewasa yang lebih tua yang secara teratur membaca atau bermain permainan asah otak seperti catur atau puzzle memiliki kemungkinan 2 ½ kali lebih kecil untuk mengalami Alzheimer, sebagaimana dilaporkan ABC News.

Menyingkirkan Stres

Menyendiri untuk membaca adalah cara bagus untuk menurunkan kadar hormon stres yang tidak sehat seperti kortisol. Dalam suatu penelitian di Inggris, para partisipan dilibatkan melakukan aktivitas yang memicu kecemasan dan kemudian mereka diminta membaca selama beberapa menit, mendengarkan musik, atau bermain video game. Tingkat stres dari mereka yang membaca menurun 67 persen, yang jauh lebih signifikan daripada mereka yang mendengarkan musik atau main video game.

Memperluas Kosakata

Walaupun sudah tidak perlu khawatir tentang ujian bahasa Indonesia, Anda masih bisa menggunakan buku untuk memperluas kamus dalam pikiran Anda. Sebenarnya, para periset memperkirakan bahwa kita mempelajari sampai 15 persen dari semua kata yang kita tahu melalui membaca, berdasarkan laporan Scholastic. Hal ini menunjukkan pentingnya membaca bagi anak-anak, yang kosakatanya sangat dipengaruhi oleh buku-buku yang mereka baca.

Mempertajam Empati

Kisah-kisah yang bermakna akan memberi Anda sudut pandang baru dalam kehidupan. Mendalami kehidupan karakter-karakter dari kisah tersebut memperkuat kemampuan Anda untuk memahami perasaan orang lain. Melihat dunia melalui sudut pandang dari suatu karakter akan mempermudah Anda untuk berempati terhadap sudut pandang dari orang-orang lain di dunia nyata.

Membantu Meraih Tujuan-Tujuan Hidup

Manfaat membaca selanjutnya berkaitan dengan membaca kisah mengenai seseorang yang berjuang menghadapi berbagai tantangan. Kisah tersebut bisa memotivasi Anda untuk meraih tujuan-tujuan hidup Anda sendiri. Semakin Anda mengenali karakter tersebut dan membaca kejadian-kejadian yang dialaminya seolah-olah Anda sendiri yang mengalaminya, maka semakin mungkin Anda termotivasi untuk melakukan hal yang sama. Itulah pentingnya membaca untuk menambah motivasi dalam hidup.

Memuat Anda Merasa Terhubung

Ketika Anda mengenali suatu karakter dalam buku, Anda mengalami semacam hubungan dengannya mirip dengan hubungan di dunia nyata yang mampu meningkatkan kemampuan Anda untuk merasa terhubung dengan orang lain, kata para psikolog di University of Buffalo. Sebagai contoh, membaca kisah yang menceritakan tentang seorang pemilik anjing akan meningkatkan rasa terhubung Anda dengan para pemilik anjing di dunia nyata.

Mencerahkan Hari Anda

Akhir cerita yang bahagia bisa mengangkat semangat Anda, tetapi berbagai drama yang ada dalam novel juga bisa membangkitkan perasaan positif. Bahkan kejadian-kejadian kecil yang diceritakan mungkin bisa meningatkan Anda akan ingatan-ingatan yang menentramkan. Apakah karakter utama dari cerita itu sedang berlibur di pantai? Anda mungkin akan mengingat kembali saat-saat dimana Anda sedang menikmati hangatnya pasir di pantai.

Menghemat Uang

Rata-rata buku novel harganya sekitar Rp 50.000 – 100.000,- dan Anda butuh waktu kurang-lebih 6 sampai 10 jam untuk membacanya sampai habis, itu pun tidak mungkin langsung sampai habis bacanya. Bandingkan dengan jika Anda pergi menonton film, menghabiskan hari di taman hiburan, atau makan di luar—membaca buku adalah hiburan yang jauh lebih murah dan menghemat banyak uang. Bahkan Anda bisa membaca secara cuma-cuma di situs-situs yang menyediakan buku online gratis.

Menambah Pengetahuan

Inilah manfaat membaca yang paling banyak diketahui. Apa pun yang Anda baca akan memenuhi isi otak Anda dengan informasi-informasi baru, dan Anda tidak pernah tahu kapan informasi tersebut akan berguna. Semakin banyak pengetahuan yang Anda punya, semakin baik perbekalan Anda untuk menghadapi beragam tantangan dalam hidup. Ingatlah bahwa meskipun Anda bisa saja kehilangan banyak hal—pekerjaan, harta benda, uang, dan bahkan kesehatan—tapi pengetahuan tidak dapat diambil dari Anda.

Memperkuat Daya Ingat

Sewaktu membaca buku, Anda harus ingat bermacam karakter, latar belakang, ambisi, riwayat, dan berbagai unsur lain yang terjalin dalam setiap cerita. Setiap detil tersebut memang cukup rumit, tapi otak kita sangatlah cemerlang dan sanggup mengingat detil-detil tersebut dengan mudah. Yang menakjubkan, setiap ingatan baru yang Anda buat akan menciptakan sinapsis baru (jalur otak) dan memperkuat sinapsis yang sudah ada, sehingga membatu daya ingat jangka pendek serta menstabilkan suasana hati.

Banyak dari kita lebih senang membeli buku sendiri agar bisa disimpan dan dibaca lagi lain waktu, tapi sayangnya harga buku tidak murah dan semakin mahal. Bagi yang ingin berhemat, Anda bisa mengunjungi perpustakaan lokal di daerah Anda dan membaca beraneka ragam jenis buku yang tersedia di sana tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Tapi kalau Anda tidak tinggal di daerah yang punya perpustakaan lokal, atau Anda tidak bisa mengunjungi perpustakaan, ingatlah bahwa saat ini banyak buku sudah tersedia secara online dalam bentuk PDF atau ePub. Ada cukup banyak situs web yang menyediakan buku-buku online gratis, jadi tidak ada lagi alasan untuk mengabaikan pentingnya membaca.

BACA JUGA ARTIKEL REKOMENDASI HERBAL BERIKUT:

Noni Juice Teruji Untuk Darah Tinggi, Diabetes, Asam Urat, Gangguan Jantung

noni fruit 10
Noni juice telah membantu banyak orang untuk bebas dari darah tinggi, diabetes tipe 1 & 2, asam urat, gangguan jantung. Noni juga efektif untuk penderita kolesterol, stroke, sulit tidur, stress […] Baca Selengkapnya »

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »
FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram