Manfaat Jatuh Cinta bagi Kesehatan


By Cindy Wijaya

Salah satu keindahan dalam hidup adalah cinta. Kita patut beruntung dikaruniai rasa cinta yang dapat membuat hati menjadi berbunga-bunga. Rasa cinta itu bukan hanya untuk seorang kekasih saja tetapi pada orang-orang terdekat kita patut untuk kita cintai karena mereka adalah salah satu hal terpenting dalam hidup Anda. Namun kali ini kami tidak akan membahas tentang cinta tetapi yang akan dibahas disini adalah manfaat jatuh cinta untuk kesehatan.

Apa benar cinta itu bermanfaat bagi kesehatan? Lalu apa manfaat yang dapat kita peroleh? Banyak hal aneh yang diluar nalar kita tetapi hal tersebut memang benar adanya. Cinta memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh kita.

Jika hati kita tengah berbunga-bunga karena cinta, tentunya pikiran kita pun akan menjadi lebih sehat dan jauh dari kesedihan. Ketika kita mengalami kesedihan maka akan berpengaruh pada kesehatan seperti hilangnya napsu makan yang dapat membuat kita menjadi sakit dan sama halnya juga dengan cinta.

Cinta yang kita rasakan memiliki dampak positif yang mungkin tidak kita ketahui. Kami telah melakukan beberapa riset untuk membuktikan hal tersebut dan dari hasil penelitian yang dilakukan memperoleh beberapa hasil positif yang tentunya baik bagi kesehatan. Berikut ini akan kami jelaskan tentang manfaat jatuh cinta bagi kesehatan yang patut untuk anda ketahui.

Mengurangi Depresi dan Stres Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Health and Human Services menyebutkan bahwa rasa cinta dan sayang yang tumbuh pada diri seseorang akan mengurangi depresi dan stres. Hal ini dapat terjadi pada siapa saja baik pria maupun wanita karena semua manusia di bumi ini dibekali rasa cinta yang sewaktu-waktu dapat tumbuh dengan sendirinya tanpa pandang bulu.

Menurunkan Tekanan Darah – Jika biasanya untuk menurunkan tekanan darah dilakukan dengan mengkonsumsi makanan seperti buah dan sayur, kali ini Anda dapat menurunkan tekanan darah dengan rasa cinta yang tumbuh pada diri Anda. Hal tersebut dikemukakan oleh seorang peneliti ilmiah dari Annalys of Behavioral Medicine. Rasa nyaman yang muncul akan mampu mengontrol tekanan darah.

Menyembuhkan Rasa Sakit dan Luka – Dari hasil penelitian yang dilakukan pada studi ilmiah di Amerika Serikat menyebutkan bahwa rasa cinta yang timbul pada diri seseorang dapat mengobati dan mengatasi rasa sakit secara alami. Ketika seseorang jatuh cinta, maka secara otomatis akan mengaktifkan bagian otak untuk mengontrol rasa sakit. Semakin besar cinta yang Anda rasakan, maka semakin besar pula efek yang Anda rasakan.

Mencegah Penuaan Dini – Jatuh cinta kerap membuat kita sering tertawa dan senyum bahagia. Hal tersebut tentunya memiliki dampak yang positif yaitu dapat mencegah Anda dari penuaan dini. Senyum dan tawa yang Anda keluarkan akan mengurangi kerutan pada wajah yang dapat menyebabkan penuaan dini. Dan pada saat Anda mengalami jatuh cinta, maka tubuh akan menghasilkan oxytonic yang mampu melepaskan DHEA atau hormon yang bertugas sebagai anti-penuaan dini.

Meningkatkan Sistem Imun – Berdasarkan hasil penelitian dari Carnegie Mellon University menyebutkan bahwa rasa cinta akan menghasilkan emosi yang positif dan hal tersebut akan mendorong sistem kekebalan menjadi lebih sehat sehingga orang yang mengalami hal tersebut akan jarang sakit.

Mengurangi Berat Badan – Efek lain yang ditimbulkan oleh jatuh cinta yaitu dapat menurunkan berat badan karena dengan jatuh cinta maka tubuh akan memproduksi norepinephrine secara terus-menerus sehingga nafsu makan berkurang dan berat badan anda menjadi berkurang.

Berbagai hal positif yang dapat kita peroleh dari cinta. Untuk itu jangan Anda tahan cinta yang ada pada diri anda. Jika anda memiliki perasaan dengan orang lain, luapkanlah hal tersebut agar bisa merasa lega dan bahagia.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}