Penderita GERD Masih Bisa Ngopi? Ini Kopi yang Aman untuk Asam Lambung

DITULIS OLEH:
Cindy Wijaya 

Mei 14, 2024


Dokter sering menyarankan agar penderita GERD menghindari minum kopi. Namun ternyata bukti ilmiah menunjukkan bahwa adakalanya penderita GERD masih bisa mengonsumsi kafein. Ini mungkin terdengar kabar gembira bagi Anda pencinta kopi yang punya masalah asam lambung.

Dalam artikel ini akan dijelaskan apakah orang yang punya asam lambung boleh minum kopi, pilihan kopi yang aman untuk asam lambung, dan bagaimana cara minum kopi agar asam lambung tidak naik.

Apakah Orang yang Punya Asam Lambung Boleh Minum Kopi?

Sebagian orang merasakan bahwa gejala-gejala GERD mereka kambuh atau memburuk setelah mengonsumsi beberapa makanan dan minuman, seperti kopi dan teh. Dokter dan para ahli kesehatan juga umumnya merekomendasikan agar penderita GERD membatasi atau menghindari konsumsi kafein.

Namun, dari bukti penelitian ilmiah, masih belum jelas apakah semua penderita GERD harus menghindari minuman berkafein seperti kopi dan teh.

Misalnya suatu studi yang dipublikasikan Food Science and Technology Research Vol. 19 No. 1 menjelaskan pengaruh kopi pada GERD, “Konsumsi kopi sering tidak dianjurkan pada pasien GERD, meskipun hanya sedikit bukti yang menghubungkan konsumsi kopi dan kejadian GERD.”

Beberapa penderita GERD memang mengakui bahwa minuman berkafein memperburuk gejala-gejala mereka, tapi penderita GERD lainnya mengatakan bahwa minuman itu tidak berpengaruh pada gejala-gejala mereka.

Dalam sebuah wawancara untuk jurnal Gastroenterology & Hepatology, seorang profesor dari Universitas Stanford, Lauren B. Gerson, membahas pengaruh perubahan gaya hidup pada GERD dan menyatakan bahwa belum ada penelitian yang menentukan pengaruh menghindari kafein pada penyakit tersebut.

Gerson juga menyarankan agar penderita GERD mencoba mengenali lalu menghindari makanan dan minuman yang diketahui memicu gejala. Itu bisa dilakukan dengan mencatat makanan yang dikonsumsi dan gejala yang dialami dalam buku harian.

Jadi, apakah orang yang punya asam lambung boleh minum kopi? Jawabannya tergantung pada kondisi dari tubuh Anda sendiri.

Jika Anda tidak mengalami gejala-gejala sakit asam lambung setelah minum kopi, itu berarti kemungkinan Anda masih bisa minum kopi. Tapi jika setelah minum kopi Anda mengalami gejala-gejala asam lambung, ada baiknya untuk membatasi atau menghindari konsumsi kopi.

Apa Saja Kopi yang Aman untuk Asam Lambung?

Beberapa orang mendapati bahwa konsumsi kafein bisa memicu atau memperburuk gejala-gejala sakit asam lambung mereka. Jika itu yang Anda alami, mungkin Anda perlu membatasi konsumsi kafein.

Jika Anda masih ingin minum kopi, ada baiknya memilih jenis kopi yang kandungan kafeinnya tidak banyak. Selain karena kafein, gejala asam lambung yang dipicu kopi juga mungkin disebabkan oleh kandungan lain dalam kopi itu.

Contohnya, beberapa orang mendapati bahwa jenis kopi yang mengandung lebih banyak asam bisa membuat sakit asam lambung mereka kambuh.

Karena itu, pilihan kopi yang aman untuk asam lambung biasanya adalah jenis kopi yang mengandung lebih sedikit kafein dan lebih sedikit asam. Berikut adalah beberapa pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. (Sumber: Cleveland Clinic)

Dark Roast

Kopi dark roast cenderung memiliki lebih sedikit kafein dan lebih sedikit asam, sehingga mereka kemungkinan lebih aman bagi penderita GERD atau penyakit asam lambung.

Espresso Bean

Karena proses penyeduhan espresso atau minuman hot espresso yang lebih singkat, hal ini mengurangi kandungan asam yang tersaring ke dalam cangkir Anda.

Cold Brew

Cold brew dibuat jika kopi bubuk direndam selama 12 hingga 24 jam dalam air dingin atau air bersuhu ruangan. Proses perendaman yang lama dikombinasikan dengan suhu minuman yang lebih dingin menghasilkan lebih sedikit rasa pahit dan juga lebih sedikit asam.

Produk Kopi Low-Acid

Zaman sekarang ini banyak produsen kopi mengeluarkan produk kopi menggunakan biji atau bubuk kopi yang mengandung lebih sedikit asam (low-acid).

Bagaimana Cara Minum Kopi Agar Asam Lambung Tidak Naik?

Selain memilih jenis kopi yang aman, Anda juga perlu memperhatikan bagaimana cara minum kopi agar asam lambung tidak naik.

Berikut adalah beberapa tips minum kopi yang membantu Anda menghindari asam lambung kambuh sehingga tetap bisa menikmati kopi dan mendapat manfaatnya bagi kesehatan.

  • Jangan minum kopi dalam kondisi perut kosong.
  • Batasi jumlah kopi yang diminum tidak lebih dari 3-4 cangkir dalam sehari.
  • Jika suka menambahkan krimer, cobalah ganti krimer dengan susu rendah lemak. Atau gunakan susu almond, kedelai, atau susu oat (yang rendah gula) sebagai pengganti krimer.
  • Gunakan saringan kertas (paper filter) daripada saringan logam (metal filter), karena kertas bisa menghalangi lebih banyak asam yang mengalir ke dalam cangkir Anda.

Jika Anda sudah mencoba mengganti jenis kopi dan mencoba tips-tips di atas tapi gejala asam lambung tetap kambuh, ada baiknya untuk konsultasi dengan dokter. Dan kemungkinan Anda memang perlu menghindari minum kopi.

Kesimpulan

Apakah orang yang punya asam lambung boleh minum kopi? Jika gejala-gejala sakit asam lambung Anda tidak kambuh setelah minum kopi, itu berarti Anda kemungkinan masih bisa minum kopi. Tapi jika kambuh atau memburuk, sebaiknya batasi atau hindari konsumsi kopi.

Apa saja kopi yang aman untuk asam lambung? Anda bisa memilih jenis kopi yang lebih rendah kafein dan kandungan asamnya. Misalnya kopi dark roast, espresso, cold brew, dan jenis kopi low-acid.

Bagaimana cara minum kopi agar asam lambung tidak naik? Ini beberapa tipsnya: Jangan minum kopi saat perut kosong; batasi jumlah kopi tidak lebih dari 3-4 cangkir dalam sehari; ganti krimer dengan susu rendah lemak atau susu almond, kedelai, oat rendah gula; gunakan saringan kertas yang menghalangi lebih banyak asam.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang kopi yang aman untuk asam lambung. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}