• Home
  • Blog
  • Asam Lambung
  • Keringat Dingin Karena Asam Lambung—Apa Penyebabnya & Bagaimana Cara Mengatasinya?

Keringat Dingin Karena Asam Lambung—Apa Penyebabnya & Bagaimana Cara Mengatasinya?


By Cindy Wijaya

Keringat dingin karena asam lambung sering membuat penderitanya tidak nyaman dan khawatir. Beda dengan keringat biasa, keringat dingin tidak muncul karena cuaca panas dan justru bisa menimbulkan rasa dingin di kulit.

Apakah penyakit asam lambung menyebabkan keringat dingin? Bagaimana cara mengatasi keringat dingin karena asam lambung? Simaklah penjelasannya di sini.

Poin Penting

  • Apakah penyakit asam lambung menyebabkan keringat dingin?
  • Bagaimana cara mengatasi keringat dingin karena asam lambung?
  • Kapan keringat dingin karena asam lambung harus diperiksa ke dokter?

Apakah Penyakit Asam Lambung Menyebabkan Keringat Dingin?

Penyakit asam lambung (bahasa medisnya “refluks asam lambung”) disebabkan oleh aliran balik asam dari lambung naik ke kerongkongan (esofagus), sehingga menyebabkan rasa panas di area dada atau tenggorokan, rasa perih di perut, mual, muntah, dan ketidaknyamanan lain.

Apakah penyakit asam lambung menyebabkan keringat dingin juga? Ya, beberapa orang mengatakan bahwa mereka mengalami keringat dingin saat mengalami gejala-gejala asam lambung naik.

Apa yang membuat seseorang mengalami keringat dingin saat asam lambugnya naik? Hingga saat ini masih belum jelas diketahui kaitan antara keringat dingin dengan masalah asam lambung.

Namun ada dugaan bahwa keringat dingin tersebut muncul sebagai respons tubuh terhadap rasa sakit atau ketidaknyamanan saat mengalami kenaikan asam lambung, sebagaimana dijelaskan dalam jurnal Canadian Family Physician Vol. 66 No. 12.

Respons tubuh tersebut mengeluarkan keringat sebagai hasil pengaktifan sistem saraf simpatik. Sistem saraf simpatik bertugas mengendalikan reaksi tubuh terhadap berbagai ancaman, termasuk terhadap rasa sakit.

Verywell Health menjelaskan bahwa respons tubuh serupa juga bisa terjadi jika Anda mengalami kondisi gula darah rendah (hipoglikemia) yang dideteksi sebagai ancaman oleh tubuh.

Ada juga faktor-faktor lain yang memicu keringat dingin karena asam lambung. Medical News Today menjelaskan bahwa konsumsi makanan pedas, konsumsi alkohol berlebihan, merokok, dan efek samping obat juga bisa sebabkan berkeringat, terutama di malam hari.

Bagaimana Cara Mengatasi Keringat Dingin Karena Asam Lambung?

Keringat dingin karena asam lambung bukan hanya bikin tidak nyaman, kadang juga membuat Anda susah tidur. Supaya masalahnya tidak berkepanjangan, cobalah upayakan cara mengatasi keringat dingin karena asam lambung berikut ini.

Konsumsi Obat

Healthline menjelaskan dokter mungkin meresepkan obat seperti antasida atau histamin H2 blocker. Antasida bekerja dengan menetralkan asam lambung, sehingga gejala yang dipicunya juga akan mereda. Obat H2 blocker bekerja dengan mengurangi produksi asam lambung, sehingga dapat meredakan gejala asam lambung juga.

Kenakan Pakaian yang Nyaman

Keringat membuat tubuh jadi lengket dan tidak nyaman, dan saat keringatnya menguap bisa membuat badan kedinginan. Anda bisa mengurangi tidak nyaman itu dengan memakai pakaian yang cepat menyerap keringat, misalnya yang berbahan katun. Dan jangan pakai pakaian yang tebal karena bisa membuat Anda semakin berkeringat.

Minum Air yang Cukup

Sering berkeringat dingin membuat Anda berisiko kekurangan cairan, bahkan dehidrasi. Cara mengatasi keringat dingin karena asam lambung ini mungkin sulit, karena Anda merasa mual meski hanya untuk minum air putih. Cobalah minum air putih hangat sedikit demi sedikit tetapi lebih sering untuk mencegah kekurangan cairan.

Mencegah Asam Lambung Kambuh

Ilustrasi Cara Mengatasi Keringat Dingin Karena Asam Lambung
Hindari Makanan Pemicu (Photo by doucefleur from doucefleur’s Images via Canva)

Mungkin cara mengatasi keringat dingin karena asam lambung yang terbaik adalah dengan mencegah asam lambung kambuh. Mayo Clinic memberikan beberapa tips: menjaga berat badan sehat, berhenti merokok, hindari makanan/minuman pemicu, tinggikan posisi kepala saat tidur, tidur berbaring ke kiri, jangan langsung berbaring setelah makan, serta makan dan kunyah makanan pelan-pelan.

Kapan Keringat Dingin Karena Asam Lambung Harus Diperiksa ke Dokter?

Adakalanya gejala asam lambung mirip dengan gejala serangan jantung. Bahkan, keringat dingin adalah gejala umum dari serangan jantung.

Bedakan keringat dingin karena asam lambung dan keringat dingin karena serangan jantung dengan perhatikan gejala-gejala lain saat serangan jantung berikut. (Sumber: Everyday Health)

  • Nyeri atau tekanan di dada
  • Nyerinya menjalar ke leher, tangan, rahang, atau punggung
  • Mual
  • Sesak napas
  • Kepala pening/kliyengan
  • Kelelahan

Jika keringat dingin disertai gejala-gejala di atas, sebaiknya segera cari pertolongan medis ke dokter atau rumah sakit. Bisa jadi itu tanda-tanda serangan jantung yang akibatnya bisa fatal jika dibiarkan lama.

Apakah Penyakit Asam Lambung Menyebabkan Keringat Dingin?
Jangan Abaikan Gejala Serangan Jantung! (Photo by pixelshot via Canva)

Selain itu, keringat dingin juga bisa menjadi tanda-tanda dari penyakit/masalah kesehatan lain yang membutuhkan penanganan dokter. Anda sebaiknya konsultasi ke dokter jika mengalami gejala-gejala berikut:

  • Kesulitan menelan
  • Muntah terus-menerus
  • Hilang selera makan
  • BAB berdarah
  • Muntah berdarah atau mirip seperti bubuk kopi
  • Berat badan turun tanpa sebab

Keringat dingin bisa disebabkan banyak hal selain asam lambung. Termasuk karena stres, infeksi, gula darah rendah, ketidakseimbangan hormon, hingga kanker.

Kesimpulan tentang Keringat Dingin Karena Asam Lambung

Apakah penyakit asam lambung menyebabkan keringat dingin? Beberapa orang mengalami keringat dingin saat asam lambung mereka naik. Diduga ini karena respons tubuh terhadap rasa sakit atau tidak nyaman saat mengalami kenaikan asam lambung.

Bagaimana cara mengatasi keringat dingin karena asam lambung? Beberapa tipsnya yaitu: memakai pakaian yang nyaman, mengonsumsi obat yang cocok, minum air yang cukup, dan mengubah gaya hidup untuk mencegah asam lambung kambuh.

Kapan keringat dingin karena asam lambung harus diperiksa ke dokter? Perhatikan gejala-gejala yang menyertainya. Segera periksa ke dokter jika disertai: nyeri atau tidak nyaman di dada, sesak napas, mual, muntah terus-menerus, kesulitan menelan, hilang selera makan, BAB berdarah, muntah berdarah atau mirip seperti bubuk kopi, dan berat badan turun tanpa sebab.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang apakah penyakit asam lambung menyebabkan keringat dingin. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}