Konsumsilah Minuman-Minuman Penurun Tekanan Darah!

655
Shutterstock

Diedit:

Tekanan darah tinggi tentu menjadi penyakit yang ditakuti banyak orang. Faktor resiko yang menyebabkan seseorang terserang darah tinggi yang tak bisa dikendalikan ialah riwayat penyakit dan juga faktor usia. Secara genetik atau keturunan memang sulit untuk mengendalikan darah tinggi sehingga yang masuk akal dilakukan ialah dengan meminimalisir hal-hal yang dapat membuat darah tinggi semakin parah.

Seiring dengan pertambahan usia, seseorang semakin beresiko untuk terkena penyakit darah tinggi. Namun, seseorang masih bisa melakukan intervensi terhadap faktor resiko yang menyebabkan darah tinggi.

Banyak jalan yang bisa dilakukan untuk mengurangi tekanan darah seperti dengan memperbanyak kegiatan fisik, mengonsumsi menu makanan sehat (empat sehat lima sempurna), meminimalisir asupan natrium dan juga—yang menjadi pembahasan utama tulisan ini—meminum minuman penurun tekanan darah.

Memangnya ada? Tentu saja ada. Berikut merupakan minuman-minuman tersebut yang dianggap besar manfaatnya untuk menurunkan kadar darah tinggi.

Teh Rosella

Mungkin ada sebagian diantara pembaca yang sudah secara teratur mengonsumsi teh Rosella yang rasanya menyegarkan. Jika sudah menjadi rutinitas, maka Anda harus tetap melakukannya.

Teh bunga Rosella mengandung phytochemical bioaktif yang merupakan inhibitor ACE alami. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa teh Rosella ini sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah seperti halnya kaptopril atau obat yang biasanya digunakan untuk hipertensi.

Direkomendasikan agar Anda meminum 3 cangkir teh Rosella setiap hari karena menurut sebuah penelitian menyebutkan bahwa tiga porsi seduhan teh ini dapat menurunkan kadar tekanan darah secara signifikan.

Jus Delima

Sama halnya dengan teh Rosella, jus buah Delima juga memiliki khasiat untuk menurunkan kadar tekanan darah. Jus buah Delima berfungsi sebagai inhibitor ACE yang mirip dengan obat-obatan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan sakit jantung.

Baca juga:  Tomat, Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

Dalam beberapa penelitian yang dilakukan belakangan ini, juga ditemukan bahwa jus buah Delima ini sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Jadi, mulailah untuk mengonsumsi jus buah Delima ini secara konsisten.

Susu Rendah Lemak

Tekanan darah tinggi juga dikaitkan dengan kekurangan kalsium. Anda harus mencukupi kebutuhan kalsium harian dengan cara mengonsumsi susu yang rendah lemak.

Ingat, susu yang rendah lemak, namun kaya kalsium tinggi. Nah, jumlah lemak itu dapat membantu menekan darah tinggi. Banyak ahli kesehatan yang merekomendasikan untuk minum 3 porsi susu rendah lemak setiap harinya.

Jus Buah Bit

Anda tahu buah Bit? Nah, buah ini mengandung apa yang disebut dengan folat dan potasium yang sangat penting untuk mengatur tekanan darah dalam tubuh.

Di dalam buah ini juga terkandung senyawa nitrat yang bisa diubah menjadi nitrit dan sangat berperan dalam membentuk serta membuat otot menjadi rileks. Selain itu, Bit juga dapat menenangkan pikiran sehingga berdampak pada turunnya tekanan darah.

Minum Air Putih

Yang harus Anda ketahui bahwa kekurangan air (dehidrasi) dapat menjadi penyebab pembuluh darah menjadi mengkerut sehingga akan membuat kerja jantung menjadi lebih keras dan menyebabkan terjadinya kenaikan tekanan darah.

Nah, dengan minum air sebanyak-banyaknya, tubuh tidak akan terdehidrasi dan tekanan jantung pun akan menjadi normal. Anjuran kesehatan yang menyatakan bahwa sebaiknya minum air sebanyak 8 gelas per hari bisa Anda praktikkan dalam keseharian Anda.

Itulah beberapa minuman yang sangat bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Kalau Anda lihat minuman-minuman tersebut, selain memiliki rasa yang enak juga sangat berkhasiat dan murah.

Untuk mengonsumsinya secara konsisten tidak diperlukan biaya yang mahal seperti berobat ke dokter. Makanya, lebih baik mencegah daripada mengobati dengan rutin mengonsumsi salah satu minuman serba murah dan nikmat di atas.

Baca juga:  Cara Menurunkan Darah Tinggi pada Ibu Hamil secara Alami