Kiat Sehat dan Aman Menjaga Kesehatan Jantung

502

Diedit:

Sebelum membahas kesehatan jantung, mari kita simak lebih dulu apa itu jantung. Apa yang pertama kali terlintas di benak Anda ketika mendengar kata “jantung”?

Jantung adalah organ yang tetap aktif bahkan selama kita tidur. Oleh karena itu, kita tidak boleh menyepelekan kesehatan jantung jika ingin berumur panjang dan selalu sehat.

Kita bisa membiasakan diri berolahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan sehat. Kesehatan jantung sangat erat kaitannya dengan apa yang biasa kita makan.

Serangan jantung dapat terjadi jika pembuluh darah tersumbat oleh lapisan lemak sehingga aliran darah menjadi terhambat. Lemak dibutuhkan sebab lemak juga merupakan sumber energi.

Namun, jika kadarnya berlebihan dalam tubuh, lemak dapat menjadi sumber masalah kesehatan yang serius termasuk bagi jantung.  Oleh karena itu, sungguh bijak jika kita mengurangi asupan makanan berlemak.

Pepatah mengatakan “an apple a day keeps the doctor away.” Maksudnya, buah-buahan sangat penting kita konsumsi sehari-hari, khususnya jika ingin menjaga kesehatan jantung.

Sayuran juga sangat dianjurkan bagi kesehatan jantung. Buah dan sayur mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral untuk mempertahankan kesehatan jantung. Jadi, atur ulang menu harian Anda agar mencukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

Gandum utuh merupakan menu wajib bagi Anda yang menjalani diet rendah karbohidrat. Namun, mengonsumsi gandum utuh juga bermanfaat bagi kesehatan jantung karena dapat membantu tubuh mengontrol kolesterol serta tekanan darah.

Makanan yang mengandung gandum utuh itu rendah lemak dan kaya akan vitamin. Sebuah penelitian mengungkapkan, makan gandum utuh tiga kali sehari dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung.

Jika susah mendapatkannya atau harganya relatif mahal, maka bisa diganti dengan ketela pohon. Bawang putih dan minyak zaitun juga berkhasiat untuk kesehatan jantung.

Baca juga:  Noni Juice sebagai Herbal Penyakit Jantung

Terpenuhinya kebutuhan tubuh akan air putih juga wajib dilakukan bagi Anda yang ingin memelihara kesehatan jantung. Banyak sekali artikel dan pariwara yang menyerukan pentingnya minum delapan gelas air putih per hari.

Dengan adanya cairan yang cukup, maka aliran darah dan pencernaan menjadi lancar. Sekali lagi, hal ini sangat baik bagi kesehatan jantung. Selain menjaga pola makan, olahraga teratur juga sangat esensial bagi kesehatan jantung.

Memang, bagi sebagian masyarakat urban yang hampir seluruh waktunya dihabiskan di tempat duduk kantor dan depan layar komputer, hal ini cukup sulit. Namun, tidak ada salahnya mencoba.

Bangun lebih pagi agar bisa jogging di sekitar tempat tinggal selama 30 menit sudah cukup bagi kesehatan jantung. Jika waktu Anda masih tidak memungkinkan, pergunakanlah sepeda untuk ke tempat kerja. Masih tidak bisa? Anda bisa memanfaatkan tangga untuk menjangkau ruang kerja.

Saat libur, manfaatkan untuk aerobic atau fitness. Jika ingin berolahraga berat seperti sepak bola atau bela diri, harus dilakukan setelah pemanasan dengan bimbingan instruktur atau teman.

Olahraga lain seperti berenang juga bagus bagi kesehatan jantung. Intinya, apapun aktivitas kita, usahakan untuk sering bergerak dan sediakan waktu untuk berolahraga demi kesehatan jantung.

Anda perokok? Hentikan kebiasaan tersebut. Apabila tidak bisa sekaligus, maka hentikan secara bertahap demi kesehatan jantung anda. Merokok memang merilekskan namun, sangat membahayakan.

Selain itu, rokok mahal. Daripada untuk rokok, lebih baik uang kita simpan untuk membeli buah-buahan. Jangan lupa tidur efektif. Ini penting bagi kesehatan jantung agar dapat bekerja secara optimal.

Mengonsumsi herbal juga sangat membantu dalam perawatan jantung Anda. Herbal seperti Noni Juice atau Sarang Semut patut Anda pertimbangakan sebagai solusi pencegahan dan pengobatan yang efektif dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Sekali lagi, mencegah lebih baik daripada mengobati. Sayangi jantung Anda demi kehidupan Anda!

Baca juga:  10 Makanan Sehat Yang Berbahaya Bagi Jantung: Bagian 2
Advertisement
Alinesia