Khasiat buah bit, bagian umbi dari tanaman bit, telah menjadi populer dan mendapat predikat ‘super food’ setelah dilakukan berbagai penelitian terhadapnya. Karena itulah semakin banyak orang mencari tahu cara mengolah buah bit yang benar. Dan penelitian tentang efek samping buah bit juga terus diupayakan untuk meminimalkan risikonya.

Apa saja khasiat buah bit untuk kesehatan? Bagaimana cara mengolah buah bit yang tepat? Adakah efek samping buah bit yang harus diwaspadai? Mari kita perhatikan penjelasannya di artikel ini.

Khasiat Buah Bit

Buah bit mengandung beragam nutrisi bermanfaat, antara lain vitamin, mineral, dan senyawa organik seperti karotenoid, lutein, glisin, betain, serat, vitamin C, magnesium, zat besi, tembaga, dan fosfor, serta mengandung flavonoid bernama antosianin. Tak heran bila buah bit menghasilkan beragam manfaat kesehatan.

Bagus untuk Ibu Hamil & Janin

Manfaat buah bit untuk ibu hamil dihasilkan oleh kandungan vitamin B folat yang mendukung perkembangan tulang belakang janin. Kekurangan folat bisa memicu berbagai masalah pada janin yang disebut cacat tabung saraf.

Selain bermanfaat untuk janin, buah bit juga menyehatkan sang ibu. Buah bit memiliki antioksidan yang menguatkan kekebalan tubuh sehingga lebih tahan terhadap penyakit. Juga ada kandungan betain yang berfungsi sebagai anti-inflamasi kuat sehingga mencegah nyeri sendi dan bengkak pada ibu yang sedang hamil.

Bagus untuk Tumbuh-Kembang Bayi

Buah bit mengandung beragam kalsium, kalium, dan vitamin A. Baik vitamin A maupun kalsium berperan penting dalam tumbuh-kembang bayi. Tetapi ingatlah untuk menunggu sampai bayi berusia 8 – 10 bulan sebelum memberi bit, seperti saran yang disebutkan situs Wholesome BabyFood.

Bagus untuk Kecantikan

Manfaat buah bit untuk kecantikan dimungkinkan oleh kandungan nutrisinya yang bagus untuk kulit. Mereka sangat baik untuk jenis kulit berminyak dan rentan berjerawat. Meminum jus bit secara teratur akan mencegah jerawat dan bisul di wajah karena kemampuan anti-inflamasinya.

Buah bit juga kaya akan zat besi, vitamin, dan mineral yang membuat kulit terlihat sehat. Minum jus bit juga membantu menyingkirkan toksin-toksin dari tubuh dan membersihkan darah. Bila tubuh sehat dari dalam, maka penampilan luarnya pun akan segar.

Menjaga Kesehatan Mata

Khasiat buah bit untuk mata dihasilkan oleh kandungan lutein atau zeaxanthin yang menjaga kesehatan makula & retina pada mata. Buah bit juga mengandung vitamin C yang dapat menjaga kelembapan serta mencerahkan penglihatan.

Buah bit juga berguna untuk mencegah katarak karena mengandung beta karoten yang merupakan salah satu bentuk vitamin A. Vitamin A dianggap sebagai salah satu antioksidan kuat yang dibutuhkan dalam berbagai fungsi vital tubuh, termasuk pada fungsi mata.

Mengatasi Anemia

Karena mengandung fosfor, kalium, kalsium, sulfur, iodin, zat besi, tembaga, protein, vitamin B, dan vitamin C, buah bit sangat bagus untuk mengatasi anemia. Vitamin C dianggap sangat penting untuk penyerapan zat besi dan vitamin ini sendiri dapat meningkatkan kemampuan tubuh menyimpan zat besi. Jadi bila dikonsumsi secara teratur, tubuh dikuatkan untuk memulihkan diri dan menghasilkan sel-sel darah merah juga memperolah suplai oksigen bersih.

Pengobatan Kanker Payudara, Prostat, dan Pankreas

Khasiat buah bit untuk kanker payudara, prostat, dan pankreas dijelaskan dalam jurnal “Synergistic cytotoxicity of red beetroot (Beta vulgaris L.) extract with doxorubicin in human pancreatic, breast and prostate cancer cell lines”. Dijelaskan bahwa ekstrak buah bit dapat bekerja secara sinergis bersama dengan obat kemoterapi untuk membunuh sel-sel kanker dalam tubuh. Jurnal tersebut juga menyebutkan bahwa penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengungkap potensi buah bit pada pengobatan kanker.

Menurunkan Darah Tinggi

Kandungan tinggi nitrat dalam bit berperan dalam manfaatnya ini. Nitrat akan diubah menjadi oksida nitrat di dalam tubuh. Oksida nitrat kemudian melenturkan pembuluh darah dan melebarkannya, yang membantu darah lebih mudah mengalir serta menurunkan tekanan darah.

Menguatkan Kesehatan Jantung

Kandungan serat dalam bit mampu menurunkan kolesterol dan trigliserida dengan cara menaikkan kadar kolesterol ‘baik’ HDL. Bila kolesterol dan trigliserida turun, maka kesehatan jantung akan terjaga.

Selain itu ada juga kandungan betain yang turut menjaga kesehatan pembuluh darah. Jadi bila dikonsumsi rutin akan membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan jantung & pembuluh darah, seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Meningkatkan Daya Seksual

Buah bit juga punya kemampuan sebagai afrodisiak atau penguat daya seksual. Ini karena kandungan mineral boron di dalamnya yang diperlihatkan sanggup meningkatkan produksi hormon-hormon seksual. Dengan begitu libido akan meningkat, kesuburan membaik, dan pergerakan sperma meningkat.

Buah bit sangat baik bagi kesehatan kita karena memiliki antioksidan, vitamin, dan mineral bermanfaat. Khasiat buah bit telah ditunjukkan baik untuk kesehatan mata, kecantikan, mengatasi anemia, menyehatkan jantung, menjaga kesehatan ibu hamil & janin, bahkan untuk pengobatan kanker.

Herbal Lain untuk Kecantikan, Darah Tinggi, Jantung, dan Kanker

noni juice - khasiat buah bit - cara mengolah buah bit - efek samping buah bit

Credit: iStock

Kadang kala beberapa orang memutuskan untuk menggabungkan beberapa jenis buah atau herbal demi mendapatkan manfaat lebih maksimal untuk mengatasi suatu masalah kesehatan. Buah bit cukup sering dikonsumsi bersama dengan buah, sayur, atau herbal lain, misalnya untuk dijadikan jus atau salad.

Agar mendapatkan manfaat lebih, biasanya yang akan digabungkan adalah yang sama-sama berguna untuk mengatasi masalah yang sama. Dan salah satu herbal yang punya khasiat untuk kecantikan, darah tinggi, jantung, kanker, dsb, seperti buah bit yaitu Noni juice.

Untuk Kecantikan

Herbal ini mengandung berlimpah nutrisi, vitamin, dan mineral yang akan memulihkan kerusakan apa pun pada kulit. Kandungan-kandungan dalam Noni akan membuat kulit menjadi lebih cerah, mengatasi jerawat, meningkatkan energy level, menormalkan berat badan, mencegah stres berlebih, dan memudahkan tidur—semua itu dibutuhkan guna meningkatkan kecantikan Anda.

Untuk Darah Tinggi & Jantung

Noni juice membantu menurunkan darah tinggi dengan cara melebarkan dan melenturkan saluran pembuluh darah yang menyempit atau tersumbat sehingga tekanan darah normal kembali. Dengan pembuluh darah yang bersih dan lentur, juga akan membantu meringankan kerja jantung dalam memompa darah. Dengan begitu kesehatan jantung akan lebih terawat.

Untuk Kanker

Dr. Judah Folkman dari Harvard University mengungkapkan bahwa Noni secara sinergis bekerja bersama mikronutrisi lain dalam menghambat aliran darah menuju sel-sel kanker. Dengan begitu sel-sel kanker tidak bisa mendapat asupan makanan yang mencukupi dan lebih cepat mati. Kandungan damnachantal di dalamnya juga sanggup menghambat reproduksi sel-sel kanker di dalam tubuh.

Bila dikonsumsi secara rutin, Noni juice akan memaksimalkan manfaat kesehatan yang dimungkinkan oleh buah bit. Keduanya bisa dikombinasikan dengan ketentuan memberi jarak waktu konsumsi antara 1 – 2 jam.

Cara Mengolah Buah Bit

cara mengolah buah bit - efek samping buah bit - khasiat buah bit

Credit: Shutterstock / Dani Vincek

Buah bit bisa dimakan dengan banyak cara. Tapi sebelum mengonsumsinya kita harus selalu mengupas kulit tipisnya. Bit bisa dimakan mentah-mentah, tetapi rasa buah bit bisa jadi kurang bersahabat bagi lidah beberapa orang. Untuk mendapatkan manfaatnya sekaligus membuat rasanya lebih berterima, berikut adalah beberapa cara mengolah buah bit yang bisa dicoba.

Cara Mengolah Buah Bit untuk Ibu Hamil

Buah bit bisa diiris-iris dan dicampurkan dengan sayur-sayuran lain lalu dijadikan salad. Juga bisa dipanggang dan disajikan dengan sayuran lain yang dipanggang. Cara lainnya adalah dengan merebusnya untuk dijadikan camilan sehat.

Cara Mengolah Buah Bit untuk Bayi

Buah bit bisa dipanggang atau dikukus. Mengukus adalah metode terbaik untuk memasak dan menyiapkan makanan bayi. Bit akan menjadi sedikit lebih lembek dan lebih mudah dihaluskan bila dikukus. Mengukus bit juga membuat vitamin A beta-karoten menjadi lebih siap digunakan oleh tubuh.

Cara Mengolah Buah Bit untuk Anemia

Buah bit dapat dicampur bersama sayur-sayuran lain seperti wortel, tomat, dsb untuk dijadikan salad. Konsumsilah salad berbahan buah bit untuk meningkatkan HB dan mengatasi anemia. Cara lainnya adalah dengan membuat jus buah bit dan meminumnya setiap pagi bersamaan dengan sarapan.

Cara Membuat Jus Buah Bit untuk Kanker

Jus buah bit untuk kanker biasanya dicampur dengan bahan-bahan anti-kanker lain. Salah satu resep jus buah bit yang terkenal adalah mencampurnya dengan apel, wortel, dan brokoli, lalu meminumnya setiap hari. Perpaduan kandungan berkhasiat yang dimiliki bahan-bahan tersebut akan memperkuat manfaat anti-kankernya.

Cara Mengukus Buah Bit

Untuk mengukus bit, isi dasar panci pengukus dengan 5 cm air lalu didihkan. Letakkan bit dalam pengukus dan tutup pancinya. Masak selama 45 menit atau sampai empuk. Lalu angkat dan masukkan bit ke dalam air dingin kemudian kupas kulitnya (jika belum) dengan handuk basah atau tisu dapur.

Itulah beberapa cara konsumsi buah bit untuk kesehatan kita. Pada umumnya takaran makan buah bit adalah 1 buah bit setiap hari, dan aturan minum jus buat bit yaitu 1 gelas setiap hari. Tetapi ada beberapa orang yang takut dengan reaksi atau efek minum jus buah bit setiap hari. Adakah efek samping buah bit yang harus diwaspadai?

Efek Samping Buah Bit

Walaupun ada banyak manfaat buah bit bagi kesehatan, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum rutin mengonsumsinya. Berikut dijelaskan sejumlah bahaya buah bit dan efek samping buah bit yang dapat muncul dalam situasi-situasi tertentu.

Batu Ginjal

Penderita gangguan ginjal atau yang rentan mengalami batu ginjal sebaiknya tidak mengonsumsi buah bit. Buah bit termasuk dalam daftar makanan yang harus dihindari karena kandungan oksalatnya. Oksalat merupakan salah satu bahan pembentuk batu ginjal.

Urin dan Tinja Berwarna

Kondisi ini juga disebut bituria, dimana tubuh menghasilkan urin berwarna kemerahan. Beberapa orang juga melihat tinjanya berubah menjadi kemerahan. Meskipun kadang-kadang keliru dianggap sebagai warna darah, tetapi sebenarnya efek samping buah bit ini tidaklah berbahaya. Kondisi ini akan menghilang setelah 48 jam atau kurang, dan warna urin & tinja akan kembali normal.

Tekanan Darah Rendah

Khasiat buah bit memang bagus untuk menurunkan tekanan darah. Akan tetapi bila dikonsumsi secara rutin dan bersamaan dengan obat-obat lain yang menurunkan tekanan darah, maka bisa saja tekanan darah menjadi terlalu rendah.

Sakit Perut

Terlalu banyak mengonsumsinya juga dapat menimbulkan sakit perut. Efek samping buah bit ini bisa dihindari dengan cara mengonsumsi bit secara bertahap, dalam jumlah sedikit dulu baru kemudian ditambahkan sedikit demi sedikit.

Efek samping dan bahaya buah bit seperti di atas kemungkinan bisa muncul bila dikonsumsi secara berlebihan. Memang biasanya tidak masalah jika buah bit dikonsumsi setiap hari, tetapi ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter atau ahli kesehatan lain sebelum mulai rutin mengonsumsinya.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang khasiat buah bit, cara mengolah buah bit, dan efek samping buah bit. Semoga dengan membacanya kita jadi punya pengetahuan lebih luas mengenai pemanfaatan buah bit untuk kepentingan kesehatan kita. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar info kesehatan, tips kesehatan, dan pengobatan herbal hanya di Deherba.com.