8 Manfaat Buah Bit: Stabilkan Tekanan Darah, Anti Kanker, Penguat Otak, dsb

525
Shutterstock

Diedit:

Kebanyakan orang menyebut bit dan mengkategorikannya sebagai buah, padahal sebenarnya bit adalah kelompok umbi-umbian (akar). Tapi karena sudah terkenal sebagai buah, maka artikel ini akan menyebutnya sebagai buah bit. Buah bit memiliki warna ungu yang khas ini dikenal sebagai salah satu bahan pewarna makanan alami.

Sebenarnya buah bit ini juga mengandung segudang nutrisi dan memiliki sederet manfaat yang penting untuk kesehatan. Dan pada kesempatan kali ini mari kita mengulas informasi seputar kandungan nutrisi serta manfaat buah bit yang tidak main-main.

Kandungan Nutrisi Buah Bit

Warna ungu khasnya memang menjadi salah satu keunggulan dari bit. Warnanya sangat dominan sehingga sangat kerap dimanfaatkan sebagai pewarna merah dan ungu alami. Dan tentu saja sebagaimana kebanyakan tanaman dengan warna mencolok, bit juga mengandung banyak komponen anti oksidan yang penting bagi tubuh.

Buah bit memiliki kadar kalori yang rendah, hanya sekitar 44 kal untuk setiap 100 gramnya. Dan juga mengandung protein dalam kadar terbatas sekitar 1,7 gram dengan kandungan serat mencapai 2 gram.

Sejumlah vitamin dan mineral dalam akar bit menjadikannya asupan tambahan yang cocok untuk segala usia. Bit mengandung vitamin C, vitamin B9 dan B6, juga beberapa jenis mineral seperti zat besi, magnesium, kalium, fosfor dan mangaan.

Kandungan air dari bit relatif tinggi, sehingga buah ini memberi manfaat pula pada sistem hidrasi tubuh. Membantu menjaga volum darah normal dan elektrolit tubuh. Meski demikian ternyata kadar nutrisi dari akar bit ini tak berkurang. Bahkan dikatakan bit bisa menjadi alternatif sumber asupan vitamin C dan vitamin B yang dapat Anda andalkan.

Komponen antosianin dalam bit juga menjadi salah keunggulan dari tanaman akar yang memiliki rasa lembut ini. Selain antosianin sejumlah komponen flavonoid juga ditemukan dalam jumlah cukup tinggi dalam akar bit. Bit juga dikenal memiliki kadar inorganik nitrat yang sangat tinggi.

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Dari sederet kandungan nutrisi yang dimilikinya, dihasilkanlah sejumlah manfaat buah bit bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa khasiat buah bit yang dapat Anda peroleh menurut AUTHORITY NUTRITION.

  • Menjaga kestabilan tekanan darah

    Bit mengandung sejumlah komponen mineral yang membantu menjaga tingkat tekanan darah berada pada kondisi normal.  Dikatakan dalam The Journal of Nutrition tahun 2013 bahwa terapi dengan jus buah bit akan menurunkan tekanan darah 4 – 10 mmHg hanya dalam beberapa jam.

    Kabar baiknya, bit tidak memberi efek signifikan pada mereka dengan kondisi tekanan darah normal dan memiliki efek temporer pada tekanan darah. Ini karena kandungan nitrat dalam bit yang dengan cepat berubah menjadi nitrit oksida yang memiliki peran cepat menurunkan tekanan darah.

    Menjaga stabilitas tekanan darah dalam jangka panjang sangat penting untuk kesehatan secara general karena membantu melindungi tubuh dari kerusakan arteri atau arterosklerosis, masalah jantung hingga serangan stroke.

  • Meningkatkan performa fisik

    Komponen nitrat dalam akar bit tergolong tinggi dan rupanya memberinya peran cukup besar terhadap ketahanan tubuh pada latihan fisik yang berat. Ini membantu atlet bisa menunjukan performa fisik yang lebih baik.

    Menurut Journal of Cell Metabolism tahun 2011, Nitrat dalam akar bit meningkatkan efisiensi dari mitokondria. Bagian dari otak yang bekerja dalam fungsi reproduksi energi dalam sel. Organ kecil ini sangat memengaruhi efisiensi produksi energi dan ketahanan sel otot pada tekanan.

    Studi menunjukan mereka yang mengonsumsi 500 ml jus bit selama 6 hari menunjukan kemampuan untuk lebih baik dalam bertahan pada tekanan latihan fisik dan tidak cepat lelah. Peningkatan kemampuan fisik bisa mencapai 20%.

    Studi lain menunjukan bahwa konsumsi bit juga membantu meningkatkan daya serap sel terhadap oksigen sehingga sel semakin efektif melakukan pembakaran. Ini juga yang meningkatkan daya tahan otot terhadap tekanan latihan fisik.

  • Membantu melawan peradangan (inflamasi)

    Dalam pigmen merah tua dari akar bit tersimpan komponen flavonoid khas bernama betalain. Senyawa kimia ini ternyata bekerja efektif dalam membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap inflamasi. Ini dijelaskan dalam Journal of Mediators Inflammation tahun 2014.

    Komponen senyawa fitokimia antosianin dalam bit juga berperan sama terutama juga dalam mengendalikan resistensi insulin yang dapat meningkatkan resiko pembentukan inflamasi.

    Terbukti, mengonsumsi bit baik untuk mengatasi inflamasi di dalam tubuh seperti pada ginjal, pencernaan dan pada area persendian. Terapi dengan jus bit juga membantu mengatasi infeksi pada mulut dan mengurangi intensitas jerawat.

  • Memperbaiki fungsi pencernaan

    Mengonsumsi jus bit atau makanan dengan pewarna bit alami memiliki manfaat baik untuk fungsi pencernaan. Komponen utama dalam bit yang berpengaruh besar pada fungsi pencernaan adalah serat. Kadar serat dalam 1 cup bit bisa mencapai 3,4 gram.

    Kandungan serat yang tinggi pada bit terdiri dari serat larut dan serat tidak larut. Serat larut membantu memperlambat proses pencernaan sekaligus membantu meningkatkan massa air pada usus. Ini membantu feses menjadi lebih lunak dan mudah dibuang.

    Sedang serat tak larut membantu meningkatkan volume feses sehingga lebih mudah dikeluarkan. Serat tidak larut dari bit juga memberi manfaat detoksifikasi dengan menyerap kelebihan lemak dan toksin dalam usus menuju feses.

  • Menguatkan fungsi otak

    Bit dengan kandungan nitrat di dalamnya ternyata juga bekerja pada fungsi saraf pusat dan saraf tepi. Ini karena ada manfaat buah bit dalam meningkatkan kadar oksigen dan membantu sel menyerap oksigen dengan lebih optimal.

    Oksigen memberi manfaat besar pada fungsi otak, karena oksigen bekerja dalam sistem neurotransmitter  dan membantu kinerja sejumlah jaringan dalam otak. Ini bahkan bisa membantu mengurangi resiko demensia dalam jangka panjang.

    Bit menunjukan kemampuan meningkatkan sirkulasi darah menuju otak dan meningkatkan suplai oksigen pada sel-sel otak. Ada peran bit dalam meningkatkan kemampuan cognitif dan daya pikir, sebagaimana dijelaskan dalam Journal of Biology and Chemistry tahun 2011.

  • Memiliki unsur anti kanker

    Elemen pigmen warna merah tua ungu pada bit memiliki pengaruh kuat pada kadar anti oksidan dalam akar ini. Elemen pigmen memang biasanya memiliki kandungan anti oksidan yang kuat dan karenanya memberi manfaat untuk perlindungan dari radikal bebas dan perubahan genetik sel.

    Dalam riset terhadap binatang ditemukan adanya peran cukup kuat dari ekstraksi bit dalam menghambat pertumbuhan sel tumor, sebagaimana diungkap dalam Journal of Medicinal Foods tahun 2010.

    Sedang dalam test laboratorium ditemukan adanya pengaruh pemberian ekstraksi bit terhadap pertumbuhan sel kanker pada payudara dan prostat. Peran kuat dari betalain dan antosianin dalam bit menjadi perpaduan kuat sebagai anti kanker. Hal tersebut dijelaskan dalam Anti-cancer Agent in Medicinal Chemistry tahun 2011.

    Namun sebenarnya pembuktikan lebih mendalam mengenai pemanfaatan bit sebagai terapi anti kanker masih perlu dikembangkan. Karena riset masih dijalankan dalam skala laboratorium dan dipaparkan pada binatang.

  • Menurunkan berat badan

    Ada beberapa aspek utama dari bit sehingga bisa Anda jadikan salah satu pilihan menu dalam program diet Anda. Bit memiliki kadar kalori rendah, juga kaya akan serat dan memiliki komponen air yang tinggi. Jangan lupa ada kandungan nitrat dalam bit yang memberi pengaruh pada metabolisme.

    Aspek-aspek ini sangat membantu proses melancarkan pencernaan, pembuangan toksin dan lemak berlebih, memberi efek kenyang, peningkatan kinerja liver, serta menurunkan kadar lemak tubuh. Termasuk pula membantu meningkatkan pembakaran.

    Semua kondisi yang digambarkan tersebut akan bermuara pada khasiat buah bit untuk menurunkan berat badan dan membantu menjaga berat badan ideal dalam jangka lebih panjang.

Ada banyak manfaat buah bit untuk kesehatan dan membantu tubuh memiliki ketahanan fisik yang lebih baik. Dan menariknya, bit bisa Anda gunakan sebagai pewarna makanan, minuman, bahan salad, sajian pendamping, makanan gorengan, bahkan juga sebagai makanan penutup.

Banyaknya variasi hidangan bit memberi Anda kemudahan untuk bisa mendapatkan khasiat buah bit untuk tubuh Anda. Bahkan bit dinyatakan aman untuk dikonsumsi anak-anak dan bayi dibawah usia 1 tahun sehingga juga tepat menjadi pilihan MPASI.

Menurut beberapa sumber daun dari buah bit juga memiliki sejumlah manfaat dan kandungan nutrisi sebagaimana pada bayam merah. Ini memberi Anda pilihan sayuran baru yang tak kalah memikat di piring Anda.

Advertisement
Alinesia