Ketahui Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala!


By Cindy Wijaya

Kebiasaan orang tidur masing-masing orang sendiri-sendiri. Ada yang suka tidur dengan lampu menyala. Ada yang suka tidur dalam keadaan gelap. Ada yang suka tidur dengan tengkurap dan lain sebagainya. Masing-masing kebiasaan tidur tersebut ada resiko dan bahayanya. Artikel ini akan mengurarikan mengenai bahaya tidur dengan lampu menyala.

Pasti banyak diantara Anda belum tahu tidur dengan lampu terang menyala bisa membahayakan. Apa sajakah bahaya dari tidur dengan lampu menyala?

Ada beberapa alasan seseorang memilih tidur dengan lampu menyala. Beberapa alasan itu antara lain takut sesuatu misalnya takut hantu jika berada pada kondisi gelap. Alasan lain adalah tidak bisa tidur bila kondisi gelap. Karena alasan inilah maka lampu selalu dibiarkan terang ketika tidur.

Padahal menurut beberapa penelitian ada bahaya tidur dengan lampu menyala. Dampaknya misalnya lampu menyala bisa mengakibatkan menurunnya kadar hormon melatonin. Selain mengurangnya zat melatonin juga bisa menimbulkan penyakit kanker. Oleh karenanya sebaiknya dihindari tidur dengan lampu menyala.

Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala

Apakah Anda termasuk orang yang terbiasa tidur dengan lampu menyala? Memang rasanya nyaman bila tidur dengan lampu menyala. Namun lampu yang menyala ketika tidur akan berdampak buruk bagi kesehatan. Memang bahaya tidur dengan lampu menyala ini tidak dirasakan secara langsung, namun efeknya akan dirasakan nanti.

Apa efek dari lampu dibiarkan menyala ketika tidur? Lampu yang dibiarkan menyala akan mengurangi hormon melatonin di tubuh Anda. Ini berdasarkan penelitian seorang ilmuwan di Amerika.

Jika kadar hormon melatonin dalam tubuh berkurang maka akan membuat kekebalan tubuh menjadi berkurang. Jika kekebalan tubuh berkurang berarti Anda menjadi lemah. Hal ini dapat membuat segala jenis penyakit akan gampang menyerang, termasuk penyakit kanker. Ada kemungkinan kecil bahwa penyakit kanker yang menyerang banyak orang saat ini salah satunya diakibatkan pola tidur yang membiarkan lampu menyala.

Berbagi penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker usus besar pada wanita juga akan mudah menyerang pada seseorang yang membiasakan diri tidur dengan lampu menyala. Selain itu juga akan berakibat pada peningkatan risiko terjadinya gangguan metabolisme dan penyakit diabetes.

Inilah bahaya dari tidur dengan lampu menyala. Oleh karenanya bagi Anda yang suka terbiasa tidur dengan lampu menyala sebaiknya mulai sekarang ubah kebiasaan dengan mematikannya lampu saat tidur. Sebelum Anda mendapatkan risiko besar sebagaimana yang disampaikan di atas, Anda sebaiknya mencegahnya dengan mengubah kebiasaan tidurnya.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}