Kenapa Mimpi Susah Diingat?

547

Diedit:

Sering penasaran apa yang Anda mimpikan semalam? Atau mungkin Anda merasa bermimpi sangat indah tapi tidak sanggup mengingat apa yang dimimpikan. Senang rasanya apabila kita bisa selalu mengingat mimpi-mimpi, terutama mimpi yang menggembirakan. Sayangnya justru mengingat mimpi itu sulit. Kenapa mimpi susah diingat?

Alasan dibalik pertanyaan itu belum dapat dipecahkan bahkan oleh para peneliti sekalipun. Mungkin kita memang dirancang untuk melupakan mimpi. Karena jika bisa mengingat semua mimpi, mungkin Anda kesulitan membedakannya dengan ingatan sungguhan.

Kemungkinan lainnya bisa disebabkan selama fase tidur REM tubuh mematikan sistem di otak yang bertanggungjawab untuk menciptakan ingatan. Anda kemungkinan hanya mengingat segelintir mimpi yang terjadi mendekati waktu bangun, ketika sejumlah sistem otak tertentu telah diaktifkan kembali.

Ada juga yang berpendapat bahwa sebenarnya otak tidak melupakan mimpi, tetapi hanya tidak bisa mengakses ingatan tentang mimpi. Mimpi mungkin disimpan di dalam ingatan dan menunggu waktunya untuk diingat kembali. Gagasan ini bisa menjelaskan kenapa Anda bisa tiba-tiba teringat suatu mimpi di kemudian hari akibat ada peristiwa yang memicu ingatan tersebut.

Tips untuk Mengingat Mimpi

Setelah membahas alasan kenapa mimpi susah diingat, tak adil rasanya bila tidak membahas tips untuk mengingat mimpi. Ya, Anda bisa berupaya mengingat mimpi. Dari pengalaman didapati bahwa seseorang yang tidur pulas sampai pagi cenderung lupa dengan mimpi daripada mereka yang terbangun beberapa kali di malam hari. Anda tidak perlu bangung beberapa kali di tengah malam, cukup ikuti tips-tips ini supaya bisa lebih ingat mimpi.

Bangun Tanpa Alarm. Anda lebih mungkin mengingat mimpi jika bangun tidur secara natural. Karena jika bangun gara-gara bunyi alarm, otak jadi fokus pada suara mengganggu itu, bukan pada mimpi yang barusan terjadi.

Baca juga:  Penyebab Berkeringat saat Tidur Malam, Cari Tahu di Sini!

Ingatkan Diri Anda untuk Mengingat. Seperti latihan menghapal, Anda bisa lebih ingat dengan mimpi jika terus berupaya mengingatnya. Malam hari sebelum tidur, tanamkan dalam pikiran bahwa Anda ingin ingat mimpi.

Terus Pikirkan Mimpi. Jika Anda terus menerus berpikir tentang mimpi setelah bangun tidur, kemungkinan ingatan tentang mimpi jadi lebih kuat.

Jika Anda tetap tidak bisa mengingat mimpi padahal sudah melakukan tips-tips diatas, jangan berkecil hati. Sebagian besar orang memang akan kesulitan mengingat mimpi, meskipun sangat ingin untuk mengingatnya.

Jika berhasil mengingat mimpi, bisa jadi Anda jadi tertarik untuk mengulik makna dibalik mimpi-mimpi yang aneh. Mimpi merupakan jendela untuk melihat apa yang dipikirkan alam bawah sadar kita. Mimpi bisa menyingkapkan keinginan, pikiran, dan motivasi terpendam seseorang. Bahkan seorang ahli neurologi, Sigmund Freud, meyakini bahwa mimpi-mimpi adalah cara seseorang untuk memuaskan dorongan dan keinginan yang tidak bisa diwujudkan di kehidupan nyata.

Inilah sekilas tentang alasan dibalik kenapa mimpi susah diingat. Apakah Anda tertarik untuk mencoba tips-tips mengingat mimpi diatas? Siapa tau Anda bermimpi bertemu dengan seorang yang dikasihi yang tidak mungkin terjadi di kehidupan nyata dan sangat ingin mengingat momen tersebut meski hanya mimpi.

Advertisement
Alinesia