Kenalilah Beragam Penyakit Menular


By Cindy Wijaya

Penyakit memang sesuatu yang paling ditakuti, baik oleh orang usia muda hingga usia renta. Dan jika usia renta, maka harus lebih waspada lagi, karena pada usia renta biasanya antibodi tubuh turun. Sekarang ini cukup banyak penyakit menular, kesemuanya harus Anda waspadai. Apalagi jika suhu lingkungan tidak mendukung, di mana antibodi tubuh menjadi turun karenanya, Anda akan semakin mudah terserang penyakit menular.

Penyakit menular bisa disebabkan karena infeksi bakteri maupun karena infeksi virus. Kerugian yang ditimbulkan karena terkena penyakit sangat banyak, mulai dari terganggunya aktivitas keseharian dan berbagi kerugian yang lain. Mari baca selengkapnya.

Ragam Penyakit Menular serta Bagaimana Cara Mencegahnya

AIDS/HIV

Penyakit pertama ini bisa menular dari cairan tubuh dengan kandungan HIV, contohnya ASI, air mani, cairan vagina, dan juga darah. Cara mencegah supaya tak tertular penyakit AIDS/HIV yaitu dengan menggunakan jarum suntik baru setiap kali hendak disuntik, hati-hati ketika transfusi darah, serta menggunakan pengaman ketika berhubungan badan.

Hepatitis

Penyakit hepatitis bisa menular apabila terjadi kontak langsung ke penderita. Bisa juga menular dari minuman dan makanan yang cara memasaknya kurang sempurna. Cara mencegah agar tidak tertular penyakit hepatitis adalah menghindari kontak langsung dengan penderita, teliti ketika transfusi darah (Jangan sembarangan), juga menjaga higienitas makanan serta lingkungan. Biasanya orang yang sering konsumsi atau jajan di luar rumah lebih riskan terkena penyakit ini.

Tetanus

Penyakit tetanus juga termasuk kategori penyakit menular. Penularan tetanus terjadi dari luka yang terbuka. Cara mencegah agar tak terkena penyakit tetanus atau agar tak tertular adalah penderita tetanus wajib merawat serta membersihkan luka dengan rutin.

Penyakit Menular Seksual

Penyakit berikutnya yaitu penyakit menular seksual. Jika Anda sudah berbicara tentang topik ini, maka penyakit PMS sedikit memiliki kaitan dengan penularan penyakit HIV/AIDS, di mana penularannya sama-sama karena adanya hubungan badan dengan orang yang terinfeksi. Penularan PMS dapat meningkat apabila Anda sering berganti pasangan dan berhubungan badan dengan pasangan tak sah tersebut. Contoh-contoh penyakit PMS yakni Gonorrhea, Sifilis, Chlamydia dan banyak contoh lainnya. Cara mencegah agar tak tertular penyakit PMS yakni dengan setia ke satu pasangan saja, ketika berhubungan juga lebih baik menggunakan pengaman.

Baca Juga:  Anda Mudah Lelah? Bisa Jadi 10 Gaya Hidup Ini Penyebabnya (2)
Gondok

Mungkin Anda sering melihat orang terserang gondok, khususnya orang-orang yang tinggal di daerah agak pedalaman. Gondok merupakan pembengkakan kelenjar tiroid dan disebabkan karena virus, oleh karena itu penyakit gondok ini bersifat menular. Cara penularan dari gondok yaitu karena kontak langsung ke penderita. Cara mencegah agar tak tertular penyakit gondok yakni dengan vaksin serta rutin konsumsi garam dapur dengan kandungan Yodium.

Obat Herbal untuk Penyakit Menular

Penyakit menular akan semakin mudah menjangkiti Anda jika Anda memiliki daya tahan tubuh atau sistem imun yang kurang. Namun memang akan berbeda ceritanya jika Anda terserang HIV/AIDS, karena virusnya merusak sistem imun tubuh. Kembali kepada sistem imun tubuh, ada obat herbal yang mampu meningkatkan sistem imun Anda, apakah nama bahan herbal tersebut?

Ya, ada. Nama herbal tersebut adalah Noni Juice. Dengan mengonsumsi Noni Juice, maka daya tahan atau sistem imun tubuh Anda akan meningkat. Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu khawatir tertular penyakit, khususnya ketika musim pancaroba. Selain itu Noni Juice juga memiliki berbagai manfaat lainnya untuk kesehatan. Sekian artikel tentang beragam penyakit menular, semoga bermanfaat.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}