Kenali Penyebab Lidah Terasa Pahit Untuk Mengatasinya

952

Diedit:

Satu waktu Anda bangun di pagi hari dan merasakan lidah Anda terasa getir bahkan mungkin cukup pahit hingga Anda merasa kehilangan selera makan sama sekali. Mungkin di saat seperti ini Anda bertanya-tanya kenapa lidah Anda bisa terasa pahit? Apa penyebab lidah terasa pahit?

Ternyata, lidah pahit tidak selamanya menjadi tanda tubuh Anda mengalami demam dan infeksi. Bisa jadi Anda juga merasakan lidah pahit bahkan saat tubuh Anda terasa baik-baik saja. Apa saja sebenarnya penyebab lidah terasa pahit? Kami akan mencoba menguak apa saja penyebab lidah pahit serta apa saja langkah yang bisa Anda lakukan untuk bisa menetralkan kembali indera perasa Anda.

Penyebab Lidah Terasa Pahit

Ada begitu banyak penyebab lidah terasa pahit dan berikut di antaranya berdasar sumber Newhealthadvisor.com.

1. Demam dan infeksi

Demam pada umumnya disebabkan oleh infeksi. Dan secara alami, tubuh akan memproduksi sejenis senyawa bernama sitokinase yang bekerja sebagai bentuk perlawanan terhadap serangan bakteri dan virus sekaligus melindungi sel-sel tubuh dari infeksi yang lebih berat.

Salah satu komponen dari senyawa sitokinase bernama tumor necrosis factor α (TNF-α) yang memiliki rasa getir. Ditambah dengan situasi ketika seseorang mengalami infeksi sehingga terjadi disfungsi sejumlah saraf otak dalam menangkap sinyal dari jonjot dalam lidah, maka lidah akan menangkap setiap makanan seperti hambar. Sehingga seakan rasa pahit menjadi dominan karena hanya rasa pahit dari senyawa sitokinase ini saja yang bisa tertangkap lidah.

2. Kebersihan mulut yang buruk

Kadang masalah lidah yang pahit bisa jadi hanya disebabkan oleh lidah Anda yang tidak bersih. Lidah dilapisi oleh plak akibat tidak pernah dibersihkan dengan optimal. Lapisan plak menutupi sisi jonjot lidah yang menjadi titik pusat perasa pada lidah. Ini kadang memberi efek lidah terasa getir.

3. Infeksi pada mulut

Selain karena efek dari sitokinase, ketika infeksi terjadi pada mulut, mulut juga memiliki sejumlah senyawa asam akibat dari sekresi senyawa yang diproduksi oleh bakteri dalam mulut. Rasa asam yang kuat biasanya akan menimbulkan efek getir yang cukup terasa. Semakin buruk kondisi infeksi semakin buruk pula rasa getir yang muncul. Biasanya infeksi yang terjadi bisa berupa gingivitis, sariawan sampai periodontitis.

4. Masalah lambung

Rasa getir yang Anda rasakan pada lidah bisa jadi sebenarnya efek dari asam yang terlalu tinggi. Dan ternyata beberapa kasus lidah pahit justru disebabkan oleh efek naiknya kadar asam lambung.

Asam lambung yang terlalu tinggi dalam lambung akan naik menuju diafragma dan esofagus. Ini membuat gas asam naik hingga kemulut. Efek rasa asam inilah yang kemudian oleh lidah diidentifikasi sebagai rasa getir.

Baca juga:  Bongkar 20 Info Kesehatan yang Cuman Mitos Belaka: Bagian 2

5. Pengaruh pengobatan

Sejumlah obat ternyata juga bisa menyisakan rasa getir pada mulut. Contoh obat yang memberi efek pahit saat dikonsumsi adalah sejumlah jenis antibiotik, allopurinol, lithium, tetracycline dan masih banyak lagi. Beberapa jenis obat untuk sistem saraf dan kanker juga bisa menyebabkan keluhan pahit pada lidah.

Efek pahit bisa disebabkan oleh munculnya sebagian senyawa dari obat dalam ludah pasca obat terserap tubuh. Atau karena obat mempengaruhi sistem saraf pada lidah sehingga tidak mampu menerjemahkan rasa dengan tepat.

6. Mengonsumsi suplemen

Selain pengaruh obat, beberapa jenis suplemen juga bisa menyebabkan lidah terasa getir. Ini karena beberapa suplemen mengandung zat mineral logam dalam kadar tinggi. Sejumlah jenis senyawa logam memang memiliki rasa sedikit getir.

Beberapa jenis mineral yang biasanya memberi efek getir antara lain zink, tembaga, fosfor, kalsium, zat besi, kromium, magnesium dan masih banyak lagi. Biasanya seiring dengan waktu, rasa getir seharusnya akan memudar, kecuali Anda memang sedang mengalami overdosis terhadap jenis mineral tertentu.

7. Akibat kehamilan

Seorang yang hamil akan mengalami sejumlah perubahan pada tubuh yang biasanya bermuara dari terjadinya perubahan hormonal. Dan salah satu efeknya muncul pada sistem pencernaan di mana asam lambung rentan untuk naik disertai dengan efek mual yang cukup mengganggu. Biasanya disaat seperti ini lidah juga akan terasa getir.

8. Efek rokok

Pada mereka perokok kuat yang merokok dalam jumlah besar dalam tiap harinya, rasa pahit pada lidah juga bisa menjadi masalah. Penyebabnya adalah rusaknya jonjot lidah akibat efek paparan asap dan toksin akibat merokok dalam jangka panjang. Rusaknya fungsi indera perasa ini membuat lidah jadi sulit mengidentifikasi rasa.

9. Masalah dengan hidung

Karena terjadi masalah dengan hidung seperti masalah alergi, hidung tersumbat atau infeksi, maka lidah mengalami gangguan dalam mengidentifikasi rasa. Ini karena kinerja lidah sangat berkaitan dengan hidung dan sistem saraf dari keduanya juga bekerja bersinergi, sehingga ketika satu sistem disfungsi maka yang lain juga ikut tidak berfungsi.

10. Masalah dengan organ dalam

Beberapa penyakit dalam seperti masalah dengan hati atau ginjal bisa memicu munculnya rasa tidak nyaman dengan lidah Anda. Muncul rasa metalik yang sedikit getir pada mulut Anda hingga membuat Anda tidak berselera makan.

Ini karena kedua organ ini berfungsi untuk membuang toksin sedang dengan munculnya masalah pada kedua organ ini besar kemungkinan toksin yang seharusnya keluar dari dalam tubuh malah mengendap dan menyisakan gas yang naik ke area mulut.

11. Sejumlah cedera

Beberapa kondisi cedera yang berkaitan dengan beberapa organ dengan fungsi saraf, pernafasan, pencernaan dan kelenjar baik kelenjar hormonal atau kelenjar enzim akan mempengaruhi indera perasa Anda.

Baca juga:  7 Manfaat Pelukan bagi Kesehatan Anda!

Cara Mengatasi Lidah Terasa Pahit

Bila Anda mulai mengeluhkan lidah yang terasa pahit, sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda coba untuk menghilangkan atau setidaknya mengurangi keluhan seperti beberapa solusi berikut ini.

  • Minum air lebih banyak

    Optimalkan pilihan pada air putih karena sifatnya yang lebih kuat menetralkan rasa, aroma dan membantu mengangkat kotoran serta toksin residu dengan lebih efektif. Bila masalah mulut pahit berasal dari keluhan ginjal dan hati, maka air putih jelas sangat membantu masalah Anda.

  • Coba berkumur dengan obat kumur rasa mint

    Ini akan membantu membersihkan plak dan bakteri pada mulut Anda yang diharapkan bisa meredakan rasa getir pada mulut. Rasa mint juga memberi efek stimulan pada lidah mengaktifkan sistem saraf tepinya.

  • Coba pula berkumur dengan baking soda

    Baking soda dikenal menetralkan kondisi asam pada mulut. Selain itu, baking soda juga bekerja mengatasi bakteri berlebihan yang berdiam pada mulut Anda. Anda bisa larutkan ½ gelas air dengan 1 sendok makan peres baking soda untuk berkumur setiap hari sekali sampai rasa getir hilang.

  • Konsumsi antasida

    Bila masalah yang menjadi penyebab lidah terasa pahit adalah masalah asam lambung, jelas cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan terapi lambung. Bila masalah pada lambung Anda mereda, maka rasa getir pada mulut Anda juga akan hilang.

    Anda bisa pula rutin mengonsumsi perasan 1 ruas kunyit dengan madu setidaknya 3 kali sehari. Lakukan terapi ini selama setidaknya 5 hari. Terapi ini sangat efektif mengatasi keluhan lambung dan asam lambung yang pada akhirnya memberi manfaat untuk keluhan mulut yang pahit.

  • Kunyah kayu manis atau cengkeh

    Keduanya mengandung senyawa atsiri yang terbukti mengembalikan ph normal rongga mulut dan membantu mengatasi masalah bakteri tidak sehat pada mulut. Dengan terapi rutin rasa getir pada mulut bisa dihilangkan. Mengonsumsi minuman hangat yang mengandung kayu manis atau cengkeh juga bisa sangat membantu.

  • Minum atau kunyah makanan mengandung asam sitrat

    Asam sitrat biasanya dengan mudah Anda temukan dalam sejumlah jenis buah dengan kadar vitamin C tinggi seperti jeruk, mangga, buah naga, kiwi, strawberry dan jenis berry lain. Kadar asam yang tinggi dari senyawa ini ternyata malah mengenyahkan bakteri yang mengendap pada rongga mulut, efek asam juga memudahkan Anda mengangkat plak dan kotoran pada mulut.

Itulah beberapa cara sederhana untuk bisa mengatasi keluhan lidah yang terasa pahit. Berdasar daftar penyebab lidah terasa pahit di atas, coba untuk pahami dulu apa penyebab lidah terasa pahit untuk membantu Anda menemukan solusi paling tepat untuk menghilangkan keluhan ini.