Kenali Pemicu Gagal Ginjal Kronis!

479

Diedit:

Seseorang yang mengalami gagal ginjal kronis akan kehilangan fungsi normal ginjalnya secara bertahap. Normalnya ginjal menyaring kotoran dan cairan berlebih dari dalam darah yang kemudian dibuang bersamaan dengan urin (air kencing).

Ketika gagal ginjal kronis sudah mencapai tahap lanjut, maka cairan elektrolit serta kotoran dalam jumlah banyak akan bercampur dengan darah. Pada tahap awal gagal ginjal kronis, gejala dan tanda yang ditimbulkan mungkin hanya sedikit. Bahkan gejalanya bisa saja terlihat setelah fungsi ginjal menurun drastis.

Apa yang Menyebabkan Gagal Ginjal Kronis?

Gagal ginjal kronis diakibatkan oleh suatu penyakit, sehingga ginjal perlahan-lahan rusak dalam waktu beberapa bulan atau tahun. Beberapa penyakit dan kondisi kesehatan yang umumnya memengaruhi fungsi ginjal ialah:

  • Volume urin yang semakin berkurang.
  • Tekanan darah tinggi
  • Glomerulonefritis—peradangan pada filter kecil ginjal (glomeruli)
  • Penyakit ginjal polikistik
  • Pembengkakan prostat atau batu ginjal—mengakibatkan sumbatan berkepanjangan di saluran urin.
  • Vesicoureteral reflux—suatu kelainan yang membuat urin mengalir kembali ke ginjal.
  • Infeksi ginjal berulang, seperti pielonefritis.

Selain kondisi di atas, ada juga faktor kesehatan yang berpotensi meningkatkan resiko terkena gagal ginjal kronis, di antaranya diabetes, penyakit jantung, merokok, obesitas, dan kolestrol tinggi.

Bahkan faktor etnik seperti: orang afrika, suku indian serta orang asia juga berpengaruh terhadap kesehatan ginjal. Jika seseorang memiliki riwayat penyakit ginjal dalam keluarga dan berusia 65 tahun atau lebih turut meningkatkan resiko penyakit ini.

Bagaimana Caranya Mencegah Gagal Ginjal Kronis?

Jika Anda menerapkan gaya hidup yang sehat, dampak buruk gagal ginjal kronis bisa dicegah atau dikurangi, misalnya dengan menyesuaikan pola makan.

1Banyak dokter menyarankan agar membatasi konsumsi garam, ini termasuk produk makanan dengan tambahan garam seperti makanan beku, makanan kaleng serta junk food. Konsumsi alkohol juga harus dibatasi, sekitar satu gelas per hari untuk wanita dan tidak lebih dari dua gelas sehari jika Anda pria.

Baca juga:  Penyakit Gagal Ginjal: 3 Hal Utama yang Perlu Anda Ketahui

2Selain memerhatikan apa yang Anda konsumsi, ada beberapa hal lain yang juga tidak boleh diabaikan, seperti sering menggunakan obat warung yang tidak sesuai dosis. Karena dosis yang berlebihan dapat merusak ginjal dan mengarah ke gagal ginjal kronis.

3Penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, dengan begitu akan meringankan kerja ginjal. Kalau Anda kegemukan atau obesitas, ada baiknya untuk mulai rutin berolahraga dan membatasi asupan kalori baik dari makanan maupun minuman.

4Bagi Anda yang merokok, mungkin sudah saatnya untuk berhenti. Kebiasaan merokok dapat mengakibatkan tersumbatnya pembuluh darah, sehingga ginjal tidak mendapat aliran darah yang cukup.

Walau sudah mengikuti saran-saran di atas, kemungkinan gagal ginjal kronis masih bisa terjadi. Jika Anda memiliki penyakit atau kondisi tertentu yang memicu gagal ginjal. Bila ini terjadi, dianjurkan agar Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui pengobatan dan perawatan apa yang diperlukan.

Advertisement
Alinesia