Penyakit Infeksi Ginjal: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati


By Cindy Wijaya

Siapa pun punya risiko untuk mengalami penyakit infeksi ginjal. Namun ada cara untuk mencegahnya jika kita tahu penyebabnya. Bagi yang sudah terlanjur punya gejala infeksi ginjal, perlu tahu cara mengobatinya dengan baik agar kondisinya tidak semakin buruk.

Apa itu infeksi ginjal? Bagaimana ciri-ciri infeksi ginjal? Apa penyebab infeksi ginjal? Dan bagaimana cara mengobati infeksi ginjal? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini sampai habis.

Apa Itu Penyakit Infeksi Ginjal?

Penyakit infeksi ginjal sering kali adalah akibat dari infeksi saluran kemih yang kemudian menyebar ke salah satu atau kedua ginjal. Istilah kedokteran untuk penyakit ini ialah pielonefritis.

Infeksi ginjal merupakan kondisi yang harus segera ditangani secara medis. Jika tidak diobati dengan benar, infeksi dapat merusak ginjal secara permanen atau bakteri dapat menyebar ke aliran darah dan menyebabkan infeksi yang fatal.

Bagaimana Gejala Infeksi Ginjal?

Apabila seseorang memiliki infeksi pada ginjalnya, kemungkinan ia akan menyadari adanya satu atau beberapa ciri-ciri infeksi ginjal berikut:

  • Demam
  • Mual dan muntah
  • Sakit di punggung, sisi samping, atau di selangkangan (kunci paha)
  • Menggigil
  • Sering buang air kecil (beser)
  • Sering merasa ingin buang air kecil, meski baru saja melakukannya
  • Rasa sakit atau perih saat buang air kecil
  • Nanah (cairan kental putih atau kuning) atau darah di urin
  • Urin keruh atau berbau tak sedap

Jika Anda menyadari keberadaan ciri-ciri infeksi ginjal, segera lah kunjungi dokter. Bila saat ini Anda mengonsumsi obat untuk infeksi saluran kemih, tetapi masih mengalami gejala infeksi ginjal, beritahukanlah pada dokter yang menangani Anda.

Jika dokter curiga bahwa Anda terkena penyakit pielonefritis ini, ia mungkin akan mengambil sampel urin Anda untuk memeriksa apakah ada bakteri atau tanda-tanda infeksi lain padanya. Anda juga mungkin diminta menjalani tes darah atau tes pencitraan, seperti X-ray, USG, atau CT scan.

Apa Penyebab Infeksi Ginjal?

Bakteri yang memasuki saluran kemih melalui saluran yang membawa urin dari tubuh (uretra) dapat berkembang biak dan menyebar ke ginjal. Ini merupakan penyebab infeksi ginjal yang paling umum.

Selain itu penyebab infeksi ginjal bisa juga berasal dari infeksi di tempat lain di tubuh yang menyebar ke ginjal melalui peredaran darah. Meskipun jarang menjadi penyebab infeksi ginjal, itu bisa saja terjadi—misalnya pada sendi atau katup jantung buatan yang mengalami infeksi.

Pada kasus yang sangat jarang terjadi, penyebab infeksi ginjal juga dapat berasal dari operasi ginjal.

Mereka yang Lebih Rentan Terkena

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang lebih rentan mengalami infeksi ginjal, antara lain:

  • Memiliki sumbatan di saluran kemih: Ini termasuk segala sesuatu yang memperlambat aliran urin atau mengurangi kemampuan untuk mengosongkan kandung kemih saat buang air kecil—salah satunya batu ginjal, ketidaknormalan struktur saluran kemih, atau pembesaran prostat.
  • Memiliki sistem imun yang melemah: Ini termasuk kondisi kesehatan yang mengganggu sistem imun, misalnya diabetes dan HIV. Obat tertentu juga punya efek serupa, misalnya obat untuk mencegah reaksi penolakan transplantasi organ.
  • Memiliki kerusakan pada saraf sekitar kandung kemih: Kerusakan saraf atau sumsum tulang belakang dapat menghalangi dirasakannya gejala infeksi kandung kemih, sehingga seseorang tidak menyadari saat itu berkembang menjadi infeksi ginjal.
  • Menggunakan kateter urin untuk suatu waktu: Kateter urin adalah tabung yang digunakan untuk mengalirkan urin dari kandung kemih. Seseorang mungkin memasang kateter selama dan setelah prosedur operasi dan pemeriksaan medis. Atau bisa juga digunakan terus-menerus jika seseorang hanya bisa berbaring di tempat tidur.
  • Memiliki masalah yang membuat urin salah mengalir: Misalnya pada refluks vesikoureteral, sejumlah kecil urin mengalir dari kandung kemih kembali ke ureter dan ginjal. Penderitanya berisiko lebih besar terkena penyakit infeksi ginjal selama masa kanak-kanak dan dewasa.

Bagaimana Cara Mengobati Infeksi Ginjal?

Cara mengobati infeksi ginjal umumnya menggunakan antibiotik. Dokter mungkin akan meminta pasiennya untuk minum obat antibiotik yang umum digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi, sampai urin pasien dapat diperiksa untuk mengetahui jenis infeksi yang dialaminya.

Setelah pasien menjalani pemeriksaan urin dan setelah hasil tesnya tersedia, dokter mungkin akan memberikan jenis obat antibiotik yang berbeda, tergantung pada jenis infeksi yang dialami pasiennya.

Apabila pasien memiliki infeksi yang sangat serius, dokter mungkin meminta pasien untuk menjalani rawat inap di rumah sakit.

Apabila penyebab infeksi ginjal adalah masalah pada bentuk dari saluran urin, cara mengobati infeksi ginjal itu mungkin harus dengan operasi untuk memperbaiki bentuknya serta untuk mencegah infeksi berulang.

Bisakah Mencegah Infeksi Ginjal?

Ada beberapa tips yang bisa diupayakan untuk mencegah infeksi ginjal, antara lain:

  • Minum air secukupnya.
  • Segera buang air kecil begitu muncul keinginan itu.
  • Buang air kecil setelah melakukan hubungan seks.
  • Bagi wanita, disarankan untuk menyeka dari depan ke belakang setelah buang air kecil atau buang air besar. Ini untuk mencegah bakteri dari vagina atau anus masuk ke uretra.
  • Hindari penggunaan deodoran pada area genital.

Kesimpulan tentang Penyakit Infeksi Ginjal

Apa itu infeksi ginjal? Infeksi ginjal sering kali adalah akibat dari infeksi di saluran kemih yang menyebar ke satu atau kedua ginjal. Istilah kedokteran untuk infeksi ginjal adalah pielonefritis.

Bagaimana gejala infeksi ginjal? Ciri-ciri infeksi ginjal antara lain: Demam, mual, muntah, sakit di punggung atau di sisi samping atau di selangkangan (kunci paha), beser, sakit saat buang air kecil, cairan kental atau darah di urin, dan urin keruh atau berbau tak sedap.

Apa penyebab infeksi ginjal? Bakteri yang masuk ke saluran kemih melalui uretra dapat berkembang biak dan menyebar ke ginjal. Kadang bakteri dari infeksi di lokasi tubuh lain juga bisa menyebar melalui aliran darah ke ginjal.

Bagaimana cara mengobati infeksi ginjal? Seperti kebanyakan infeksi bakteri lainnya, pengobatan infeksi ginjal adalah dengan obat antibiotik. Namun pengobatan harus dilakukan oleh dokter, karena dokter dapat memeriksa jenis antibiotik apa yang tepat sesuai kondisi pasiennya

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang penyakit infeksi ginjal. Semoga informasi ini dapat membuat Anda lebih peduli terhadap kesehatan pribadi maupun keluarga. Temukan juga ulasan informatif lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Kidney infection. Mayo Clinic. URL: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/kidney-infection/symptoms-causes/syc-20353387

American Kidney Fund. Kidney infection – Symptoms, treatment and prevention. URL: https://www.kidneyfund.org/kidney-disease/kidney-problems/kidney-infection.html

Healthline. Everything You Should Know About Kidney Infection. URL: https://www.healthline.com/health/kidney-infection

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>