Jenis Makanan yang Dapat Mencerdaskan Otak Anak


By Cindy Wijaya

Memiliki kesehatan dan kecerdasan yang baik tentunya tidak lepas dari asupan makan yang masuk ketubuh kita. Tahukah Anda ada jenis-jenis makanan yang dapat mencerdaskan otak anak?

Untuk itu sebagai orang tua sebaiknya selalu memperhatikan jenis makanan yang biasa dikonsumsi anaknya karena ketika anak berusia dibawah 10 tahun merupakan masa-masa yang paling penting untuk pertumbuhan baik dari segi kesehatan maupun kinerja otak. Makanan yang memiliki gizi tinggi pastinya akan membantu meningkatkan kinerja otak sehingga anak dapat tumbuh sehat dan cerdas.

Beberapa kandungan yang dinilai dapat mencerdaskan otak anak yaitu seperti Omega 3, AHA, DHA, EPA dan beberapa kandungan lain seperti protein, zat besi dan mineral. Kandungan tersebut bukan hanya dapat mencerdaskan otak anak tetapi juga dapat meningkatkan daya ingat otak sehingga anak tidak mudah lupa ketika mendapat pelajaran di sekolahnya. Untuk itu konsumsilah jenis makanan yang banyak mengandung nutrisi seperti yang telah kami sebutkan tadi.

Mungkin sudah banyak yang mengetahui makanan seperti apa yang dapat mencerdaskan otak, tetapi bagi yang belum mengetahuinya, dibawah ini akan disebutkan dan jelaskan apa saja jenis makanan yang dapat mencerdaskan otak anak.

Makanan yang Dapat Mencerdaskan Otak Anak

  • Ikan Salmon

    Ikan salmon merupakan sumber omega 3, DHA dan EPA yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 10 orang anak dengan cara mengkonsumsi ikan salmon setiap hari dengan yang tidak mendapatkan hasil 7 diantaranya memiliki nilai yang lebih besar pada saat ujian di sekolah.

  • Kacang-kacangan

    Kacang-kacangan merupakan sumber energi yang berasal dari protein dan karbohidrat kompleks. Selain itu ada juga beberapa kandungan lain seperti serat, vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan daya ingat anak. Ada berbagai jenis kacang-kacangan yang dapat anda konsumsi setiap hari sebagai sarapan pagi atau makan siang.

  • Telur

    Telur merupakan sumber protein yang baik bagi kesehatan. Telur ini terbilang makanan yang murah tetapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Pada bagian kuning telur terdapat kandungan kolin yang sangat tinggi dan kandungan tersebut dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak anak agar memiliki daya ingat yang tinggi.

  • Berry

    Ada berbagai jenis buah yang menggunakan kata berry dan buah tersebut diantaranya seperti strowberry, blueberry, dan cherry. Buah ini memiliki kandungan antioksidan dengan kadar tinggi khususnya vitamin C. Berdasarkan riset yang dilakukan menyebutkan bahwa ekstrak bluberi dan strowberry dapat memperbaiki fungsi daya ingat dan pada biji buah ini ternyata terdapat kandungan asam lemak omega tiga yang dapat mencerdaskan otak anak.

  • Sayuran Berwarna

    Mengkonsumsi sayuran sangat dianjurkan kepada siapa saja dari usia muda hingga tua. Selain menyehatkan dan dapat mencegah berbagai penyakit, sayuran berwarna seperti tomat, ubi jalar merah, wortel, labu, bayam dan berbagai sayuran lainnya memiliki gizi dan sumber antioksidan yang tinggi yang dapat membuat sel otak anak kuat dan sehat sehingga akan mempengaruhi kecerdasannya.

  • Gandum Murni

    Otak membutuhkan suplai makanan yang banyak mengandung glukosa yang sifatnya konstan dan gandum memiliki kemampuan untuk mendukung hal tersebut. Gandum juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga akan membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Makanan yang berasal dari gandum seperti roti, untuk itu konsumsilah roti agar dapat memiliki otak yang cerdas.

  • Kedelai

    Kedelai merupakan bahan dasar pembuatan tempe dan ternyata makanan yang berbahan dasar dari kedelai seperti tempe dan tahu ini memiliki manfaat yang bagus terutama untuk mencerdaskan otak anak. Makanan yang terbilang kampungan ini memiliki kandungan protein yang tinggi yang dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Memiliki kemampuan berpikir yang bagus tentunya sangat diinginkan oleh setiap orang dan semoga dengan artikel mengenai jenis makanan yang dapat mencerdaskan otak anak ini, Anda bisa membuat pilihan makanan yang lebih baik lagi.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}