Noni Juice sebagai Herbal Kesehatan Anak

182
Noni Juice Sebagai Herbal Kesehatan Anak
Sumber Gambar - flickr

Diedit:

Informasi-informasi seputar khasiat Noni Juice yang menakjubkan tak jarang membuat Anda tertarik menjadikannya sebagai suplemen keluarga. Bukan hanya baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan membantu memperbaiki kualitas kesehatan, Noni Juice juga efektif sebagai herbal untuk kesehatan anak. Menjaga kesehatan anak dengan herbal, mungkinkah?

Namun yang sekarang Anda pikirkan adalah bagaimana bila Noni Juice dikonsumsi oleh anak Anda. Apakah Noni Juice aman untuk anak? Akankah komponen nutrisi dan fitonutrien di dalamnya sanggup dicerna oleh anak-anak? Atau jangan-jangan itu berbahaya bagi anak Anda? Herbal tidak sama seperti obat untuk menjaga kesehatan anak Anda. Noni Juice bukanlah obat untuk kesehatan anak, ini merupakan herbal yang kaya akan manfaat alami.

Noni Juice Sebagai Herbal Kesehatan Anak Terbaik, Benarkah?

Komponen utama dari buah Noni sebenarnya adalah sejumlah vitamin, mineral, dengan beberapa kandungan anti oksidan dan asam amino. Berasumsi dari komponen yang ada, tampaknya kandungan dari Noni umumnya adalah jenis nutrisi yang lazim dikonsumsi, bukan jenis yang berisiko. Jadi seharusnya Noni, baik dalam bentuk alami maupun setelah diolah sebagai juice, cukup aman untuk dikonsumsi anak-anak.

Dalam sebuah riset yang melibatkan produk Noni Juice oleh The British Industrial Biological Research Association (BIBRA), diteliti bagaimana Noni Juice akan bekerja pada sejumlah pasien. Beberapa pasien yang terlibat dalam riset merupakan anak berusia di atas 6 tahun dan di bawah 15 tahun. Dari riset ini dibuktikan bahwa Noni Juice aman untuk anak bila diberikan dalam dosis yang sesuai.

Menurut Livescience, secara umum nutrisi dan kandungan fitonutrien Noni relatif aman. Hanya beberapa yang memiliki kadar sedikit tinggi sehingga perlu diperhatikan dosis konsumsinya, terutama bila Anda memberikannya kepada anak-anak.

Jenis asam dalam Noni cukup beragam, dan beberapa berada dalam kadar yang cukup tinggi. Pada anak yang memiliki masalah pencernaan memang kandungan asam ini sedikit berisiko, jadi sebaiknya Noni Juice dikonsumi setelah makan. Itulah cara penggunaan Noni Juice sebagai herbal untuk kesehatan anak. Menjaga kesehatan anak dengan herbal adalah hal yang bisa dipertimbangkan.

Adakah Kandungan Noni Juice yang Berbahaya Bagi Anak?

Beberapa jenis anti oksidan dalam Noni seperti anthraquinon, terpenoid, dan sejumlah jenis turunan flavonoid di dalamnya sebenarnya bukan jenis yang berbahaya. Malah sangat baik memberikannya sejak dini karena sifatnya yang membantu menjaga struktur DNA serta membantu mengatasi dampak radikal bebas. Hal ini tentu cocok bagi para orangtua yang ingin menjaga kesehatan anak dengan herbal.

Baca juga:  3 Langkah Melakukan CPR Pada Bayi

Anak-anak di zaman modern seperti sekarang terpaksa hidup dalam kondisi yang dipenuhi unsur-unsur karsinogen (pemicu kanker). Unsur karsinogen bertebaran di udara yang mereka hirup, di dalam makanan mereka, pada benda yang mereka genggam, bahkan pada sabun dan sampo yang setiap hari mereka gunakan. Itu sebabnya memberikan asupan anti oksidan sejak dini sama sekali bukan langkah buruk.

Namun pemberiannya dalam dosis berlebihan tentu tidak disarankan, terutama bila untuk dikonsumsi anak-anak. Bagaimana pun tubuh anak-anak masih belum sanggup menerima senyawa-senyawa biokimia yang dipunyai Noni Juice dalam jumlah besar. Itulah alasan mengapa konsumsi Noni Juice sebagai herbal untuk kesehatan anak perlu mendapat perhatian khusus.

Itu sebabnya beberapa sumber menyarankan agar Anda membatasi pemberian Noni Juice pada anak-anak yang berusia di atas 6 tahun. Alasan mendasarnya karena pada usia ini pencernaan dan fungsi liver anak sudah lebih siap mengolah komponen-komponen biokimia yang tergolong berat. Pemberian kepada anak di bawah usia 6 tahun sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter.

Pilihlah Noni Juice Berkualitas Untuk Anak Anda!

Hal penting lain yang perlu Anda ingat ialah memilih jenis produk Noni Juice yang berkualitas baik. Untuk menjaga kesehatan anak dengan herbal. Hindari jenis produk yang tidak jelas komposisi serta kandungan di dalamnya. Beberapa produk di pasaran mengalami proses pengolahan dan pencampuran yang membuatnya kehilangan kemurnian. Pada anak-anak komposisi yang tidak jelas ini bisa membahayakan.

Hanya saja, ada masalah yang terungkap mengenai risiko Noni Juice sebagai herbal untuk kesehatan anak yang juga perlu kita periksa. Masalah ini adalah peringatan dari FDA soal risiko gangguan liver serta ginjal akibat konsumsi Noni. Risiko inilah yang paling banyak dikhawatirkan para ahli kesehatan akan pemberian Noni Juice pada anak-anak.

Sebenarnya Noni menyimpan kandungan sejumlah asam amino, quercetin, dan komponen iridoid yang baik untuk fungsi hepaprotektif (mencegah kerusakan liver). Sebagaimana dijelaskan dalam jurnal Plant Foods and Human Nutrition tahun 2008 berjudul Liver Protective Effects of Morinda citrifolia (Noni).

Namun, dalam Noni juga terdapat komponen anthraquinon yang dikatakan bisa menjadi hepatotoksik (merusak liver). Akan tetapi hal ini dibantah dalam penjelasan World Journal of Gastroenterology tahun 2006 berjudul ‘Noni Juice is Not Hepatotoxic.’ Dikatakan bahwa dalam dosis yang aman, anthraquinon pada buah Noni sebenarnya tidak berbahaya bagi liver.

Baca juga:  Noni Juice sebagai Herbal Peningkat Stabilitas

Meski demikian, perlu diingat bahwa Noni memiliki kandungan potasium yang tinggi. Sehingga tetap saja ada kemungkinan Noni Juice mampu menyebabkan masalah pada liver serta ginjal. Beberapa temuan kasus mengenai pasien yang bermasalah pada liver dan ginjal, dicurigai mereka mengalami kelebihan dosis Noni Juice. Patut diperhatikan bahwa mereka terbukti mengonsumsi Noni Juice dalam dosis berlebihan dan jangka panjang.

Berapa Dosis Aman Noni Juice Untuk Anak-Anak?

Anak-anak hanya diizinkan mengonsumsi maksimal 1/2 dari dosis orang dewasa. Khusus untuk anak usia 6 – 8 tahun sebaiknya hanya 1/4 sampai 1/3 dari dosis dewasa. Beberapa sumber menyarankan untuk memberikan Noni Juice hanya 1/2 dari dosis dewasa setiap 2 hari sekali jika dikonsumsi sebagai pencegahan atau perawatan kesehatan saja.

Sedangkan sumber lain menyarankan Anda memberikan Noni Juice secara selang-seling. Sebagai contoh: Selama 1 minggu diberikan rutin setiap hari, tetapi 1 minggu berikutnya dikosongkan. Jadwal selang-seling ini bisa terus dilakukan sampai usianya menginjak 10 tahun dimana tubuhnya sudah jauh lebih siap menerima komponen-komponen biokimia Noni yang dianggap berisiko.

Jika konsumsi Noni Juice ditujukan untuk membantu pengobatan masalah kesehatan/penyakit pada anak, maka dosis bisa ditambahkan tanpa melebihi aturan 1/2 dari dosis dewasa dalam sehari. Ini karena Noni Juice memiliki komponen penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas) dan mempercepat proses perbaikan sel-sel tubuh yang rusak.

Noni Juice juga membantu memperbaiki nutrisi dalam tubuh anak yang sakit—manfaat ini bagus karena biasanya anak yang sakit akan kehilangan selera makan mereka. Sehingga cocok jika Noni Juice digunakan untuk menjaga kesehatan anak. Hal ini memperlihatkan bahwa menjaga kesehatan anak dengan herbal merupakan hal yang mungkin terjadi.

Sekarang mari kita jawab tiga pertanyaan di awal artikel; Apakah Noni Juice aman untuk kesehatan anak? Ya, Noni Juice aman untuk anak selama diberikan daam dosis yang sesuai usianya. Akankah komponen nutrisi dan fitonutrien di dalamnya sanggup dicerna oleh anak-anak? Ya, anak sanggup mencernanya jika dosisnya tidak berlebihan. Atau jangan-jangan itu berbahaya bagi anak Anda? Noni Juice tidak berbahaya asalkan Anda mengikuti anjuran dosis yang tepat bagi anak Anda.


Mian-Ying Wang, Diane Nowicki, Gary Anderson, Jarakae Jensen, and Brett West. 2008-03-04. Liver Protective Effects of Morinda citrifolia (Noni). Plant Foods Hum Nutr. 2008 Jun; 63(2): 59–63. Published online 2008 Mar 4. doi: 10.1007/s11130-008-0070-3. URL: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2413119/. Diakses 2018-12-27.