Inilah Penyakit-Penyakit yang Disebabkan oleh Virus!

569

Diedit:

Penyakit yang disebabkan oleh virus itu sering terjadi pada manusia. Penyakit-penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus cukup sering terjadi. Tetapi mungkin Anda tidak mengetahui penyakit yang disebabkan oleh virus itu apa saja, karena itulah kami menghadirkan informasi tersebut pada artikel kesehatan kali ini.

Tempat lingkungan hidup manusia itu berada dalam dunia patogen, jadi walaupun Anda sudah benar-benar menjaga kebersihan tempat tinggal maupun lingkungan sekitar, serangan dari patogen tetap mungkin terjadi dan kemungkinan terinfeksi virus masih ada. Anda tak dapat menghindari patogen namun Anda dapat melawan patogen tersebut. Mari baca selengkapnya mengenai penyakit yang disebabkan oleh virus ini.

Pengertian Patogen

Berbicara tentang penyakit yang disebabkan oleh virus, Anda harus mengerti tentang istilah patogen. Patogen merupakan agen biologis yang menyebabkan penyakit di inangnya, patogen juga memiliki nama lain mikroorganisme penyakit, mungkin istilah ini lebih mudah untuk dicerna. Patogen sendiri dibedakan dalam 5 macam, yakni virus, fungi, bakteri, cacing dan protozoa. Tetapi yang berukuran mikroskopik adalah virus, dan virus juga termasuk organisme biologis yang dapat menginfeksi sel.

Penyakit yang disebabkan oleh virus itu karena virus juga bersifat parasit. Apabila virus sudah masuk ke dalam tubuh manusia ataupun makhluk hidup yang lainnya, virus dapat berkembang biak, namun virus tak bisa berkembang biak apabila di luar tubuh makhluk hidup. Itu semua karena virus bersifat parasit, sehingga untuk berkembang biak pun virus membutuhkan inang.

Namun tentunya ini akan merugikan inangnya, jadi di sini bukan sebuah kondisi simbiosis mutualisme, karena hanya virus yang diuntungkan sementara inangnya jatuh sakit. Itulah sekilas tentang virus, yang bersifat patogen. Sekarang setelah Anda mengerti sekilas tentang virus, mari berlanjut ke topik jenis-jenis penyakit yang disebabkan oleh virus ini pada manusia.

Penyakit Karena Infeksi Virus

Berikut penyakit yang disebabkan oleh virus dan pencegahannya, untuk Anda ketahui lebih jauh:

Baca juga:  18 Kondisi pada Kaki Anda Ini Bisa Jadi Tanda Bahaya Lho! (3)

Penyakit Ebola

Penyakit Ebola adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang tergolong penyakit yang mengerikan, sebab akan menyebabkan penderita penyakit ini mengalami pendarahan pada sekujur tubuhnya. Hingga sekarang ini masih belum ada vaksin untuk penyakit Ebola.

Penyakit yang disebabkan oleh virus ini umumnya akan mengakibatkan penderitanya meninggal dunia. Rata-rata dalam waktu 6 hingga 20 hari sesudah infeksi virus Ebola terjadi. Penyakit yang disebabkan oleh virus Ebola ini juga termasuk kategori penyakit menular, cara penularannya adalah melalui kontak langsung antara kulit penderita dengan kulit orang lain.

Tifus

Tifus merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus juga. Penyakit ini cukup sering menyerang masyarakat Indonesia, khususnya bagi yang kurang menjaga kebersihan. Memang tak semua orang sering terinfeksi oleh virus penyebab tifus. Tifus, penyakit yang disebabkan virus Salmonella menyerang bagian saluran pencernaan manusia.

Adapun gejala yang timbul karenanya yaitu kram perut, diare, sakit kepala, demam, muntah dan mual. Jika sudah terserang tifus, badan akan merasa benar-benar tak nyaman. Biasanya untuk mencegah seseorang terjangkit penyakit yang disebabkan oleh virus Salmonella ini yakni dengan melakukan vaksin tifus, di mana vaksin tifus biasanya diberikan ketika usia balita serta diulang lagi ketika seseorang sudah beranjak dewasa.

Enchepalis

Penyakit yang disebabkan oleh virus berikutnya yakni penyakit Enchepalis. Mungkin Anda jarang mendengar nama penyakit yang satu ini, tetapi ini benar-benar ada. Penyakit Enchepalis sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Semliki Forest, virus tersebut masuk dalam tubuh melalui saluran darah, akan menyerang otak penderitanya.

Terkadang Enchepalis bisa juga diakibatkan karena infeksi bakteri Meningitis, bisa juga karena komplikasi penyakit yang lain, contohnya penyakit rabies yang juga diakibatkan karena virus. Efek negatif karena penyakit yang disebabkan oleh virus Semliki Forest tersebut adalah otak mengalami pembengkakan dan akan terisi cairan.

Baca juga:  Kenali Penyebab Lidah Terasa Pahit Untuk Mengatasinya

HIV AIDS

Berikutnya, penyakit yang disebabkan oleh virus yang akan menyerang antibodi penderitanya. Penyakit tersebut adalah penyakit HIV AIDS. AIDS sendiri adalah singkatan dari “Acquired Immunodeficiency Syndrom”, penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus bernama Human Immuno Deficiency Virus (HIV). Seperti yang disebutkan sebelumnya, sesuai nama virusnya juga, bahwa penyakit ini akan mengganggu sistem kekebalan tubuh manusia. Penyebaran dari virus HIV adalah melalui kontak cairan, hubungan badan, jarum suntik dari penderita HIV yang lain yang digunakan pada orang yang sehat, serta janin yang dikandung oleh wanita yang terinfeksi HIV. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini termasuk penyakit yang penularannya sangat cepat.

Untuk pencegahan terserang penyakit yang disebabkan oleh virus sekarang sudah tersedia aneka macam vaksin untuk berbagai penyakit karena virus. Anda dapat melakukan vaksin supaya ke depannya bisa bebas dari serangan virus tersebut.

Namun memang beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus hingga sekarang masih ada yang belum ditemukan vaksinnya. Selain itu, Anda juga harus menjaga agar antibodi tubuh senantiasa dalam kondisi prima. Caranya yaitu dengan rajin olahraga, cukup istirahat dan konsumsi buah serta sayur mayur segar, kebutuhan nutrisi juga harus senantiasa tercukupi. Sekian artikel tentang penyakit yang disebabkan oleh virus, semoga bermanfaat.

Advertisement
Alinesia